Jatik.com
to Inspire. be Social.

Gak Perlu Jauh-jauh ke Luar Negeri, Kalau Indonesia Punya 7 Taman Kota Cantik ini

0 198

Memiliki taman kota yang indah nan cantik seperti di luar negeri?

Siapa bilang sama cantiknya. Justru ketujuh taman kota berikut ini jauh lebih cantik dan indah dibandingkan dengan taman-taman yang ada di negara lain. Kita harus berbangga dong punya taman-taman kota seindah ini. Taman kota yang membuat kita betah untuk berlama-lama disana.

Selain cantik nan indah, beberapa taman kota ini juga terlihat asri, rapi, dan bersih. Ini karena peran serta masyarakat dan pemerintah yang bertekad untuk memiliki taman kota kelas dunia. Mimpi memiliki taman kota berkelas dunia pun terwujud menjadi kenyataan, dengan diakuinya beberapa taman oleh dunia. Pengakuan tersebut berupa penghargaan yang diperoleh sebagai salah satu taman kota terindah di dunia. Apa saja taman-taman kota yang menjadi kebanggaan kita?

1. TAMAN BUNGKUL, SURABAYA

Taman Bungkul, Peraih Penghargaan Taman Kota Terbaik se-Asia oleh PBB
Taman Bungkul, Peraih Penghargaan Taman Kota Terbaik se-Asia oleh PBB

Taman kota yang satu ini pasti sudah sangat dikenal oleh arek-arek Suroboyo dan tentu saja mereka pun berbangga memiliki taman kota ini, bahkan membuat bangga bangsa Indonesia. Kenapa? Karena keindahan Taman Bungkul telah diakui oleh dunia internasional sebagai salah satu taman terbaik di Asia. Pada tahun 2013, Taman Bungkul meraih gelar “The 2013 Asian Townscape Sector Award” yakni taman terbaik se-Asia oleh PBB. Wow,,,keren bukan?

Penghargaan yang didapat oleh Taman Bungkul memang layak. Bagaimana tidak, taman ini ditata dengan sangat apik dengan dengan variasi bunga-bunga yang cantik, pohon yang rindang, berbagai fasilitas olahraga dan sarana penunjang lainnya. Taman yang berlokasi di Jalan Raya Darmo ini dibuat oleh Pemkot Surabaya, melalui sentuhan cantik Bu Risma, walikota Surabaya saat itu. Kebersihan taman kota ini jangan ditanyakan lagi, karena pemkot dan masyarakat sangat merawat dan menjaga dengan baik taman ini.

Sampah sangat jarang ditemukan di taman ini. Dan jangan coba-coba membuang sampah sembarangan atau merusak keindahan taman ini, kalau tidak ingin berurusan langsung dengan pihak satpol PP yang menjaga, bahkan bisa jadi berurusan langsung dengan sang walikota. Kamu bisa piknik, jalan santai, olahraga, dll bersama keluarga, teman, pacar, atau sendirian. Di taman kota ini pun telah tersedia WiFi gratis, jadi kamu bisa berselancar di dunia maya tanpa batas. So, Taman Bungkul memang layak dan pantas mendapatkan penghargaan dari dunia.

2. TAMAN JUANDA, BANDUNG

Nikmati suasana hutan sejuk di taman kota Juanda
Nikmati suasana hutan sejuk di taman kota Juanda

Jika kamu penat, stress, pusing dengan berbagai aktivitas, maka tak ada salahnya kamu jalan-jalan ke taman kota Juanda ini. Nuansa hutan dengan kesejukan udara, kicau burung, gemericik aliran sungai akan menyambutmu di taman kota ini. Taman ini memiliki nama resmi Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda. Taman yang sekaligus sebagai kawasan konservasi terpadu antara hutan tanaman dan alam sekunder. Lokasi taman ini berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyen, Bandung.

Luas taman hutan raya ini hampir sekitar 600 hektar. Kamu putar-putar di taman hutan raya ini selama seminggu lebih juga gak akan bosan. Selain luas, di taman ini juga terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman, sedangkan mayoritas tumbuhannya adalah pohon pinus. Lebatnya pohon di taman Juanda ini membuat kesejukan udara yang pastinya akan membersihkan paru-parumu. Selain kesejukan udara, aneka fauna liar juga banyak ditemukan di taman ini seperti musang, tupai, burung jalak. Untuk bisa menikmati keindahan taman hutan raya ini, kamu harus merogoh kocek 11 ribu rupiah sebagai tiket masuk untuk 1 orang. Harga yang pantas untuk sebuah taman hutan raya yang indah.

3. TAMAN ALAM LUMBINI, BRASTAGI

Panorama Taman Alam Lumbini dari atas Pagoda
Panorama Taman Alam Lumbini dari atas Pagoda

Taman yang satu ini tidak hanya salah satu favorit bagi wisatawan lokal, tetapi juga para bule-bule. Keasrian taman alam Lumbini yang terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumut, telah di dengar oleh turis asing. Kerennya lagi, di taman kota ini, selain menikmati taman kota yang indah, kamu juga bisa melihat dari dekat replika Pagoda Shwedagon yang aslinya ada di Yangoon, Myanmar. Kamu gak perlu jauh-jauh ke Myanmar jika hanya ingin melihat pagoda.

Meskipun hanya replika, pagoda ini merupakan pagoda tertinggi dan termegah di Indonesia. Pagoda ini dikelilingi oleh keindahan taman yang sangat cantik dihias oleh bunga-bunga bermekaran yang tertata rapi. Kamu juga bisa menuju ke jembatan Titi Lumbini. Melalui jembatan ini, kamu bisa melihat secara keseluruhan keindahan panorama taman alam Lumbini. Tertarik? Langsung datang saja ke Taman Alam Lumbini di kabupaten Karo.

4. TAMAN KOTA GIRI MENANG, LOMBOK BARAT

Cantiknya taman kota Giri Menang ketika malam hari
Cantiknya taman kota Giri Menang ketika malam hari

Salah satu taman kota yang berada di wilayah timur Indonesia, yakni Lombok Barat, NTB. Lombok memang menjadi primadona wisata akhir-akhir ini bagi para traveller, alternatif pengganti Bali yang sudah ramai. Selain memiliki spot pantai yang aduhai indahnya, Lombok juga memiliki banyak spot wisata eksotis yang tak kalah keren. Spot tersebut salah satunya adalah taman kota Giri Menang yang terletak di Kecamatan Gerung, Lombok Barat. Luas taman kota ini mencapai 1,5 hektar, cukup memanjakan diri kita dengan berjalan-jalan keliling di taman kota tersebut.

Taman Kota Giri Menang memang salah satu kebanggaan warga Lombok Barat. Kecantikan taman kota ini semakin terlihat mempesona saat malam tiba, ketika lampu hias warna-warni membuat taman terlihat hidup. Selain lampu hias, di taman ini juga terdapat Tugu Giri Menang yang merupakan landmark kota Lombok Barat.

Jangan khawatir tentang fasilitas. Di taman ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti lapangan voli dan basket, tempat bermain anak, lapak untuk wisata kuliner juga tersedia. Dijamin ketika kamu datang ke taman ini pasti puas dan betah berlama-lama.

5. TAMAN KOTA BATU, BATU

Suasana meriah di taman kota Batu
Suasana meriah di taman kota Batu

Jalan-jalan kita selanjutnya menuju ke kota sejuk, Batu. Sejak kota Batu menjadi wilayah administratif yang terpisah dari kota Malang, kota ini banyak berbenah diri. Pembenahan yang dilakukan juga dengan merias taman kota. Salah satu spot wisata cantik di kota ini yakni Taman Kota Batu yang juga merupakan alun-alun kota. Taman kota Batu telah mengalami renovasi besar-besaran dan kini terlihat makin anggun dan cantik.

Taman kota Batu ini memang bisa dibilang salah satu taman yang unik. Dengan tidak hanya mengusung konsep sebuah taman, tetapi juga konsep entertainment terpadu. Jadi jangan heran jika di taman kota ini ada Bianglala yang bisa kamu mainkan. Selain itu, disediakan juga ruang informasi yang berbentuk buah stroberi dan toilet berbentuk apel. Semakin lengkap fasilitas yang ada dengan kehadiran playground untuk tempat bermain anak-anak. Tunggu apa lagi, buat kamu yang ingin menikmati rekreasi gratis atau sekedar bersantai, datang aja ke taman kota Batu.

6. TAMAN BUKIT BOUGENVILLE, SINGKAWANG

Keindahan Taman Kota Bougenville dengan variasi bunga bougenville, anggrek, agnolema
Keindahan Taman Kota Bougenville dengan variasi bunga bougenville, anggrek, aglonema, dan antorium

Kamu suka dengan keindahan bunga-bunga bermekaran? Tak ada salahnya kamu datang ke Taman Bukit Bougenville di Kota Singkawang. Di taman ini, kamu bisa menikmati keindahan berbagai variasi bunga bougenville. Jika kamu sedang jalan-jalan di wilayah Kalimantan, kamu bisa mampir ke Kota Singkawang untuk menikmati keindahan taman kota ini.

Di kawasan taman kota ini, diselimuti dengan udara yang sangat sejuk sehingga kamu pasti betah berlama-lama. Taman Bukit Bougenville juga menyajikan keindahan 46 spesies bunga bougenville yang berwarna-warni. Selain bunga bougenville, di taman ini juga hidup bunga lainnya seperti anggrek, antorium, dan aglonema. Keindahan bunga-bunga tersebut dibalut dengan rindangnya pohon gaharu yang merupakan kawasan hutan homogen.

7. TAMAN KOTA PECANGAKAN, BALI

Patung Dewa Ruci di tengah kolam berdiri megah.
Patung Dewa Ruci di tengah kolam berdiri megah.

Taman kota indah nan cantik yang terakhir yakni taman yang berada di wilayah Bali. Kalau kamu sedang travelling dan menikmati hamparan pasir pantai Bali, jangan lupa mampir ke salah satu taman kota terindah, Taman Kota Pecangakan. Taman ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Negara, Jembrana, Bali. Keunikan taman ini adanya kolam air mancur dengan patung-patung tokoh Mahabarata di sekitar taman.

Sebagai tempat alternatif rekreasi keluarga, di tengah-tengah kolam, terdapat patung Dewa Ruci. Selain Dewa Ruci, terdapat juga patung tokoh Mahabharata lainnya seperti Drupadi, Arjuna, Srikandi, dan lain-lain. Di taman ini juga terdapat area bermain untuk anak-anak, area outbond, lapak wisata kuliner, pokoknya lengkap deh. Kamu gak akan menyesal kalau datang ke taman kota ini.

Nah, sekarang percaya kan jika Indonesia juga memiliki taman kota yang sangat indah bahkan keindahannya tak kalah sama taman-taman kota di luar negeri. Sudah selayaknya dong kita berbangga memiliki taman-taman kota yang indah tersebut. Ngapain harus jauh-jauh ke luar negeri, kalau di Indonesia juga bisa menikmati keindahan.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.