Cara Menanam Buah Naga di Pot Agar Cepat Berbuah

0 2.464

Kamu pasti sudah pernah mendengar buah naga, bukan? Manfaat buah naga ini pun tak kalah dengan buah-buah yang lainnya. Jika kamu hobi berkebun, tak ada salahnya mencoba menanam buah naga. Bagaimana jika tak punya lahan luas? Solusinya menggunakan pot. Ini cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah.

Buah yang satu ini ternyata di pasaran harganya masih relatif mahal. Karena memang, tak banyak petani yang menanam buah ini.

Ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus, kalaupun tidak hanya untuk dikonsumsi keluarga. Buah naga dapat ditanam di halaman rumah yang juga sebagai hiasan berupa taman. Atau bisa juga ditanam di halaman belakang.

Bagi yang memang bertujuan untuk komersial, biasanya menanam buah naga di lahan yang khusus agar hasilnya melimpah.

Nah, buat kamu yang memang tak ada lahan yang luas. Gak perlu khawatir. Kamu masih bisa mengembangkan buah naga ini lahan rumah yang tak begitu luas kok. Caranya, dengan menggunakan pot. Tetapi, tidak banyak yang mengetahui cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah.

Kamu bisa mempelajarinya tekniknya disini jika ingin menikmati buah naga secara gratis tanpa harus membeli. Dan tanaman ini pun bisa menjadi daya tarik sebagai hiasan rumah kamu.

Penasaran tentang bagaimana cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama. Kamu siapkan dulu pot untuk menanam buah naga. Ada ragam jenis pot yang bisa digunakan yang dijual di pasaran. Ada yang dari plastik, pot semen, drum bekas, atau tanah liat.

Terkhusus untuk menanam buah naga agar cepat berbuah, maka kita akan menggunakan pot dari bahan tanah liat. Ini karena buah naga butuh perubahan suhu yang signifikan dari siang ke malam untuk proses pembungaannya. Untuk ukuran potnya, semakin besar lebih baik, sebaiknya gunakan pot yang berdiameter minimal 40 cm.

cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah
Tips dan cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah

Langkah kedua. Cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah selanjutnya dengan menyiapkan tiang panjat. Ini dilakukan karena buah naga butuh tiang penyangga untuk menahan cabang-cabangnya agar tak roboh.

Tiang ini nanti akan dililit oleh beberapa pohon buah naga saat pertama menanam. Carilah besi atau kayu untuk membuat tiang panjatan.

Langkah ketiga. Menyiapkan media tanam untuk buah naga. Yaitu dengan menggunakan pupuk kandang, tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingannya 3:1:2:1. Jika semua media ini siap, kamu bisa mulai menyiramnya dengan air hingga jenuh. Diamkan selama semalaman sebelum mulai menanam buah naga keesokan harinya.

Langkah keempat. Memilih dan menanam bibit. Kamu bisa memilih bibit buah naga dengan batang yang besar dan sudah tua. Selalu pastikan bahwa bibit tersebut bebas penyakit. Oh ya, kamu bisa membeli bibit buah naga ini di pasar khusus jual beli tanaman.

Untuk bibit yang ideal, biasanya berukuran 30 cm. Bibit ini ditanam ke dalam pot dengan kedalam ± 10 cm. Jika sudah menanam bibit buah naga tersebut, tekan-tekan tanah di sekitar bibit agar tidak roboh.

Untuk selanjutnya, siram tanaman ini dengan rutin sehari sekali, dan letakkan pot tanaman buah naga di tempat terbuka agar terkena sinar matahari langsung.

Itulah keempat langkah cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah. Ada beberapa tips tambahan agar tumbuh kembang buah naga ini bagus dan menghasilkan buah yang memuaskan.

Tips agar Tunas Buah Naga Bisa Cepat Tumbuh dan Panjang

Agar tunas buah naga bisa tumbuh lebih cepat, maka dilakukan pemupukan. Sebaiknya menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik. Untuk itu, pupuk dari kotoran ayam bisa jadi pilihan tepat.

Jika ingin menggunakan pupuk kemasan, gunakan pupuk dengan kandungan unsur N yang lebih tinggi dari P dan K.

Untuk melakukan pemupukan agar cepat berbuah, dilakukan saat tanaman buah naga sudah dewasa. Jika menggunakan pupuk kandang, gunakan kotoran kambing. Jika pupuk kemasan, gunakan pupuk yang terkandung unsur P lebih tinggi dari unsur N.

Solusi Mengatasi Tanaman Buah Naga yang Gagal untuk Berbuah

Terkadang, ada beberapa kondisi yang menyebabkan tanaman buah naga yang ditanam tidak berbuah. Bisa jadi, ini disebabkan tidak adanya penyerbukan bunga yang biasanya dilakukan oleh lebah.

Jika itu terjadi, maka lakukan penyerbukan secara manual dengan mengkawinkan bunga buah naga tersebut. Agar bunga tidak berguguran atau busuk, bisa memberikan KNO3 ketika bakal bunga sudah mulai muncul.

Nah, kini kamu sudah mengetahui cara menanam buah naga di pot agar cepat berbuah. Kamu sudah bisa mulai mempraktekkan tips dan cara di atas. Yang terpenting adalah ketekunan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman tersebut. Selamat mencoba!

Loading...