[Info Penting] Catat Arti Kode-Kode di Label Buah, Berguna Untuk Kesehatan Anda!

0 231

Bagi siapapun anda yang senang dan rutin membeli buah-buahan di pasar, supermarket, gerai-gerai pinggir jalan, tentu sering melihat label kecil yang tertempel di buah-buahan tersebut bukan? Nah, kode-kode tersebut bukannya tidak memiliki arti lho. Justru, tiap kode memiliki maksud dan tujuan tertentu, kenapa kode tersebut dilabelkan pada buah tersebut. Pastinya, kode tersebut bukan hanya sekedar angka tak ada artinya. Anda harus mengetahui apa saja arti kodenya karena berpengaruh terhadap kesehatan anda setelah mengkonsumsi buah-buahan tersebut.

Kenapa label di buah terdapat kode-kode angka? Hal ini ditujukan bagi pembeli untuk mendapatkan informasi berharga tentang bagaimana proses buah tersebut ditanam, apakah secara organik atau tidak organik. Bagi anda yang mementingkan tentang kesehatan anda dan keluarga, tentu saja anda pasti menginginkan semua hasil buah-buahan tersebut organik. Karena dengan proses budidaya secara organik, tanpa zat-zat kimia berbahaya bagi tubuh. Jika zat-zat tersebut terakumulasi bertahun-tahun di tubuh, maka akan menimbulkan berbagai ragam penyakit berbahaya dan kronis, seperti jantung, tumor, kanker, dan lain sebagainya.

Nah, kode-kode tersebut bukan sekedar angka biasa bukan? Untuk dapat mengetahui arti dari angka yang tertera di label, berikut ini akan diberikan beberapa contoh kode label yang menempel di buah.

  • 4454 memiliki arti jeruk yang ditanam secara konvensional dan tidak organik
  • 3017 memiliki arti pears yang ditanam secara konvensional dan tidak organik
  • 84011 memiliki arti pisang yang ditanam secara konvensional, tidak organik, dan telah mengalami modifikasi genetis.
  • 84032 memiliki arti melon / semangka, yang ditanam secara konvensional, tidak organik dan telah termodifikasi secara genetis.
  • 94011 memiliki arti yaitu pisang yang ditanam secara organik
  • 93308 memiliki arti yaitu melon / semangka yang ditanam secara organik

Apa yang bisa dilihat dari kode-kode pada label buah di atas? Pada dasarnya, kode label buah terdiri dari 4 atau 5 angka. Hal terpenting yang harus anda catat tentang kode-kode label buah-buahan ini yaitu:

  1. Kode terdiri dari 4 angka = tidak organik dan konvensional
  2. Kode terdiri dari 5 angka dan dimulai angka 8 = tidak organik, konvensional, dan telah termodifikasi secara genetis
  3. Kode terdiri dari 5 angka dan dimulai angka 9 = buah-buahan organik

Lalu, apa yang dimaksud dengan konvensional itu sendiri? Konvensional berarti buah tersebut ditanam dan mendapatkan pupuk yang terbuat dari petroleum dan pestisida. Sedangkan yang dimaksud dengan modifikasi genetis, artinya buah tersebut telah mengalami rekayasa genetika, tidak alami lagi, seperti buah frankeinstein.

Arti kode angka yang tertera pada label buah-buahan.
Arti kode angka yang tertera pada label buah-buahan.

Tentu saja, tidak semua label tertera di buah-buahan. Produsen yang bertanggungjawab, tentu memberikan informasi ini. Label buah biasanya tertera di buah-buahan impor, tetapi tidak semuanya, termasuk juga buah lokal.

Dapat disimpulkan bahwa, jika anda ingin mengkonsumsi buah-buahan yang sehat untuk diri anda dan keluarga, maka pilihlah buah-buahan yang tertera label dengan berjumlah 5 angka dan dimulai dari angka 9. Ini adalah pilihan buah-buahan yang paling sehat. Sedangkan, untuk pilihan buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah buah-buahan yang terdiri dari 5 angka dengan angka 8 di awal. Dan yang paling harus anda hindari adalah buah-buahan yang tertera label terdiri dari 4 angka karena buah-buahan jenis ini banyak mengandung racun.

Referensi: Indonesiabertanam.com

Loading...