Ini lho 10 Aturan Ketika Harus Berhadapan dengan Polisi!

0 186

Kamu pernah berhadapan dengan polisi? Terlibat kasus hukum atau sekedar menjadi saksi. Seringkali, ketika kita menghadapi polisi, kita akan melakukan tindakan-tindakan yang berlebihan, tindakan yang tidak perlu, bahkan tindakan melawan polisi. Ada juga batasan hak dan kewajiban kamu atau polisi. Sebagai salah satu referensi, ada film dokumenter yang dibuat oleh Neill Franklin, Mantan Komandan Pelatihan di Amerika Serikat.

Neill Franklin, sebagai veteran 33 tahun penegakan hukum dan mantan komandan pelatihan di Departemen Kepolisian Baltimore dan Maryland, mengetahui bahwa sangat mudah bagi polisi untuk mengintimidasi warga negara. Oleh karena itu, dia berbagi 10 aturan dasar bagaimana harus bersikap ketika berhadapan dengan polisi, bahkan yang paling menakutkan, dalam film dokumenter selama 40 menit ditayangkan tentang 10 Aturan Ketika Berhadapan dengan Polisi (10 Rules for Dealing with Police)

Video 10 Rules for Dealing with Police

Menurut Neil, pesan yang paling penting adalah bahwa tidak peduli apa yang polisi katakan (karena mereka dilatih untuk mengguncang mental dirimu), kamu harus tetap tenang dan melindungi hak kamu. Gagasan bahwa “polisi dapat melakukan apapun yang mereka inginkan” akan tetap menjadi gagasan (bukan tindakan) jika masyarakat dididik tentang apa saja hak-hak konstitusional mereka. Polisi dapat bertanggung jawab, baik di jalan dan di pengadilan, dan penyalahgunaan wewenang polisi dan kesalahan dapat diperiksa jika publik tahu bagaimana melindungi hak-hak individu dan mengakui ketidakadilan terhadap orang lain.

10 Aturan Ketika Berhadapan dengan Polisi bertujuan mengurangi ketegangan antara polisi dan masyarakat yang mereka layani. Ingatlah untuk mengingat ini dan menggunakannya tanpa rasa takut sebelum keluar dari rumah kamu!

ATURAN # 1. Selalu bersikap tenang: sikap buruk akan berujung pada hasil yang buruk.

sikap_tenang_berhadapan_polisi

ATURAN # 2. Tetap diam: apa yang tidak kamu katakan, tidak dapat menyakitimu.

ATURAN # 3. Kamu memiliki hak untuk menolak penggeledahan: mengatakan tidak untuk penggeledahan yang tidak bertanggung untuk melawanmu

menolak_penggeledahan

ATURAN # 4. Jangan terjebak: ingat, polisi diperbolehkan untuk berbohong kepadamu.

terjebak_polisi

ATURAN # 5. Tentukan apakah kamu bebas untuk pergi: Polisi perlu bukti untuk menahanmu.

ATURAN # 6. Jangan biarkan dirimu melakukan hal-hal bodoh di depan umum, membuat kamu jadi sasaran empuk.

hal_bodoh_polisi

ATURAN # 7. Jangan lari: mereka akan menangkapmu dan membuatmu menyesal.

lari_dari_polisi

ATURAN # 8. Jangan pernah menyentuh polisi: tindakan agresif hanya akan mendapatkan respon yang lebih agresif.

jangan_agresif_di_depan_polisi

ATURAN # 9. Laporkan kesalahan: menjadi saksi yang baik.

saksi_polisi

ATURAN # 10. Kamu tidak harus membiarkan mereka: Polisi perlu surat perintah untuk memasuki rumah kamu.

Beberapa aturan di atas, sebagian besar terjadi di negara Amerika Serikat. Bagaimana halnya yang terjadi di Indonesia? Yuk saling berbagi.

Referensi: http://truthseekerdaily.com/2015/01/10-rules-for-dealing-with-cops-by-a-cop-2/

Loading...