Jajanan Tradisional yang Jadi Primadona Angkatan 90-an

0 778

Guys nostalgia yuk. Buat kamu yang lahir tahun 90an berarti kita seumuran,eh maksudnya berati kamu pasti akan kangen banget setelah liat aneka jajanan yang ada di zaman kita kecil dulu nih guys. Jajanan yang sudah sangat sulit ditemui sekarang ini dan kalaupun kamu menemukannya dan membeli pasti langsung bilang “ih, jajanan zaman gue kecil dulu nih”. Sebenarnya jajanan zaman dulu kalau dibilang sehat ya tidak juga, tapi yang jelas pasti lebih sehat dari jajanan yang ada sekarang. Mau inget-inget lagi ga jajanan yang sempem melegendaris di zaman kita kecil dulu guys, ini dia..

1. Es kue gabus

es_kue_gabus

Sumber Gambar: flickr.com

Inget es ini? Es yang berbahan dasar dari tepung hankwe ini jelas lebih sehat di banding es-es yang ada di toko-toko zaman sekarang ya guys. Rasanya manis-manis gimana gitu. Ditambah warnanya yang kaya pelangi bikin menarik hati dan ditambah lagi dimakan dalam keadaan beku atau dingin.

2. Lidih pedas atau lidih-lidihan

lidi-pedas

Sumber Gambar: iniceritadanti.blogspot.com

Tau kan jajanan ini? Paling enak buat nyemil dalem kelas pas waktu sd ya guys. Ada rasa pedas dan keju. Ini ga tau sih bikinnya dari apa. Tapi yang jelas waktu gue sd makan beginian rasanya nikmat banget ya guys, sambil rumpi wara wiri bareng temen kelas, atau sambil nulis catatan yang dikasih guru dipapan tulis yang bikin tangan sampe keriting.

3. Telor dadar bulet

telur-dadar-bulat

Sumber Gambar: masfikr.com

Telor dadar bulet, ini juga ga kalah ngangeninnya ya guys sama jajanan yang lainnya. Walaupun sekarang bisa bikin sendiri tapi tetep kangen beli telor ini di zaman sd yang kalo beli selalu bikin sendiri atau balik telornya sendiri buat dibikin jadi banyak. Ada juga yang campurin adonan telornya pake terigu biar hasilnya lebih banyak. Makannya pake saus atau kecap deh. Duhh..maknyus.

4. Ager-ager cetakan

jajanan_agar_agar

Sumber Gambar : alifsukmamuclisin.wordpress.com

Pernah makan ini juga? Berarti masa kecil lo tukang jajan, Hehehe. Yup, ager-ager yang dibikin dalam cetakan bentuk kotak ini ngangenin banget, bikin pingin balik lagi ke masa kecil ya guys. Padahal ager-agernya ya encer banget alias kebanyakan air tuh, tapi tetep aja kalo dulu jajan ini rasanya enak banget ya guys, ditambah makannya pake susu coklat kental manis diatasnya.

5. Arumanis

arumanis

Sumber Gambar: citizenimages.kompas.com

Kalo gue dulu sih bilangnya rambut nenek-nenek. Engga tau ini nama dari mana, tapi yang jelas temen-temen juga bilangnya kaya gitu.hehehe, kalo udah makan ini rempong banget deh, itu rambut-rambut permennya jatoh terus lengket nempel dimana-mana. Kalo zaman sekarang mungkin banyak dikenal dengan sebutan permen kapas ya guys. Walaupun rasanya sama tapi bentuknya beda sama yang dulu suka kita beli itu guys.

6. Gulali

gulali

Sumber Gambar: www.hersays.com

Jajanan favorit waktu sd ni guys. Terkesima sama tangan kreatif abangnya yang bisa bikin berbagai macam bentun kaya ayam jago, bunga terompet atau balon dalam waktu secepat kilat. Dalemnya diisi pake susu coklat kental manis. Sekali sedot langsung abis, sering ngerasa kurang gitu sama susunya sampe dijilat-jilat. Padahal kalo minta sama ortu dirumah dikasih deh tuh susu seabrek sampe bisa berenang tanpa harus jilat-jilat kekurangan.hehehe,

Tapi tetep aja ya rasanya beda padahal susunya sama gitu. Heran… Masih menjadi sebuah misteri ya guys.

7. Es serut

es-serut-pelangi

Sumber Gambar: www.hariandepok.com

Es batu yang diserut ditaro diatas cetkan. Terus di tekan sampe padat. Ada yang bentuknya bulet, ada yang boneka. Disiram sirup aneka warna dan rasa. Sim salabim.. jadi es cream paling nikmat waktu kecil.

8. Permen peluit

permen_peluit

Sumber Gambar: candiesbuffet.blogspot.com

Pernah makan permen ini waktu sd? Lo udah emut-emut terus lo tiup sampe nyaring kaya peluit dibibir, sampe iler mengalir kemana-mana. Iyuuuuh… jijay kan kalo dibayangin, tapi ke naifan itu pernah dilakuin waktu sd.

9. Es orson

es_orson_segar

Sumber Gambar: kaskus.co.id

Suka ketawa sendiri kalo inget es ini. Gue ga tau kenapa ya namanya es orson. Yang jelas ini es sirup sebenernya menurut gue. Entah karena merek sirupnya orson atau ada legenda lain dari nama es ini, yang jelas walau masih bertanya-tanya asal muasal nama es ini, dulu deneng banget jajan ini. Apa lagi kalo abis main lari-larian atau kehausan.

10. Es potong

es-potong1

Sumber Gambar: sikupu.wordpress.com

Es potong ini sekarang masih ada ga yaa guys. Rasanya macem-macem. Ada coklat, kacang ijo dan lainnya. Makannya ditusuk pake bamboo mirip tusuk sate. Jilat sana jilat sini, netes-netes ke baju, lalu pulang di omelin nyokap.hiihiihi..

11.  Es kemong

es_kemong

Sumber Gambar: www.instagram24.com

Ini mungkin es cream w*lls tradisional kali ya guys. Hihihi.. sama kaya es potong es ini juga punya banyak rasa bedanya es ini ada tempat/ wadahnya yang bisa dimakan juga. Cara makannya juga sama kaya es potong. Jilat sana jilat sini, netes-netes ke baju dan hasil kisah cerita yang sama. Diomelin nyokap gara-gara baju dekil.

Loading...