Menginap di Salah Satu Hotel Gili Trawangan, Traveler ini Kehilangan Uang Jutaan!

1 278

Buat kamu yang hobi travelling, hati-hati dengan segala barang bawaan kamu ketika melakukan travelling. Mungkin kejadian yang dialami salah satu traveller bersama dengan teman-temannya ini bisa menjadi pelajaran berharga. Keamanan barang bawaan adalah tanggung jawab kita pribadi yang menjaganya. Jangan percaya 100% kepada pihak keamanan hotel/resort tempat kamu dan teman-temanmu menginap. Bisa jadi, karena kita terlalu percaya / tidak peduli / lengah, maka barang berharga pun bisa raib seketika.

Kejadian ini menimpa beberapa traveller yang sedang melakukan perjalanan di pesona wisata Gili Trawangan. Ketika sedang menginap di salah satu resort di Gili Trawangan, kejadian tak menyenangkan menimpa traveller ini. Mereka harus rela kehilangan uang jutaan rupiah hanya dalam waktu semalam. Naasnya lagi, pihak keamanan hotel malah menuduh mereka yang mencuri uang mereka sendiri. Setali tiga uang, pihak berwajib pun mengaku tidak bisa berbuat apa-apa, walaupun kejadian ini telah sering terjadi di tempat yang sama. Berikut kronologis kejadian kehilangan uang yang menimpa rombongan traveller.

“Tindak kejahatan semakin banyak karena orang baik memilih untuk tidak peduli.”

Ini hal yang disampaikan sama suami ketika gw cerita tentang “incident” yang gw alamin tadi pagi.

Oke, disini gw gak mengatakan bahwa gw ini orang yang baik dan tidak bercela. Cuma mau share aja. Hal yang ingin gw sampaikan disini adalah PURE dari pengalaman pribadi. Semoga bisa jadi pembelajaran dan sungguh berharap gak ada lagi korban dari kejadian ini.

Jadi, gw bersepuluh, temen-temen gereja dari dulu pas stay di Singapore, decide untuk pergi liburan bareng ke Gili Trawangan, Lombok. We all depart from different city, Jakarta, Palembang, Bali, Binjai, Surabaya, and Singapore.

Setelah cari-cari villa dan doing research. Pilihan jatuh ke SUNSET PALM RESORT Gili Trawangan. Dapet review yang super bagus dan oke dari tripadvisor, dan di facebook fan page-nya pun oke banget loh.

Kita stayed disana dari 26-28Nov. Tempatnya agak masuk-masuk ke dalam, the villa is nice.. so quiet and private. Kita booked 2 villa dengan 2 kamar di each villa. Ada private pool juga di each villa. Villanya bersih dan pegawainya juga ramah-ramah.

It’s a nice experience to stay there, until today. So, 3 orang temenku pergi untuk breakfast diluar hotel. Dan salah satu dari mereka telpon kalau duit dia HILANG 1,7 juta.

Super shock dengernya! Terus gw langsung cek ke villa gw dan tanya temen gw yang tinggal bareng. Kita bertiga di satu kamar. Dan ternyata salah satu temen gw juga kehilangan uang dengan perkiraan 1,3 juta, sampe recehan seribu-duaribu diambil juga. Dompet ludes kosong.

Kronologi kejadian kita perkiraan tengah malam gitu pas semua lagi tidur. Dan yang jadi korban adalah teman-temanku yang taruh dompet di ruang tidur, di rak bawah tv. Gw taro dompet di koper bukan di tas, jadi gw luput deh. Serem banget gak si guys? Kalo gw bangun tengah malem terus ada si pencuri lagi beraksi gimana coba? Padahal pintu kita sudah dikunci semua loh. Dan fyi, safe deposit box mereka rusak di setiap kamar.

Jadi denah kamarnya adalah — pintu gerbang utama kayu, ada private pool dan teras — lalu pintu kamar, isi bedroom dan tv — pintu geser menuju ke tempat ganti baju — pintu geser lagi menuju open concept toilet.

So cut the story short. Kita lapor ke pihak hotel Sunset Palms Resort Gili Trawangan, dan respon yang didapat SANGAT MENGECEWAKAN.

1. Kita dihalangi untuk melihat cctv, dengan alasan cctv punya code private untuk diputar ulang. Dan yang mengetahui kode tersebut hanya teknisi yang sedang pergi liburan dan tidak bisa dihubungi. Tetapi, ternyata sudah dihapus di jam yang ingin kita lihat.

2. Pihak Sunset Palms Resort Gili Trawangan, MENUDUH kami yang mengambil uang tersebut. Mereka bahkan tidak meminta maaf atas kejadian yang tidak nyaman ini.

3. Kami minta diproses tindak lanjut ke pihak berwenang, katanya tidak ada polisi disana. Yang ada hanya security island. Ketika security island Gili Trawangan datang, mereka pun tidak banyak membantu dan sorry to say, TIDAK BERFUNGSI. Hanya duduk-duduk saja.

Dan puncak dari semua itu adalah ketika kartu kredit teman saya di-deduct tanpa authorisation sebelumnya. Sejumlah 3 juta.

Kita booking villa ini via online booking.com dengan kartu kredit. Dan memang pihak hotel Sunset Palms Resort Gili Trawangan bisa melihat nomor kartu kreditnya. TAPI jelas tertulis di surat policy hotel bahwa hanya pre-authorize. Dan akan di deduct ketika kita akan check out. Namun ternyata mereka telah deduct SEBELUM kita check out.

Well, saya pribadi sangat kecewa dengan serentetan kejadian ini. Terlebih lagi ketika tidak adanya pertanggung jawaban dari pihak hotel, tidak ada solusi. Dan kita yang dibalik dituduh mengambil uang teman kami. Permintaan maaf pun tidak pernah terlontar dari pihak hotel. Mereka klaim bahwa selama 2 tahun mereka tidak pernah kecolongan seperti ini.

Kami telah membawa kasus ini ke pihak berwajib di Lombok. Dan ternyata pihak berwajib pun mengatakan kasus ini SUDAH SERING TERJADI di Sunset Palms Resort Gili Trawangan ini.

Thats all guys, please and please be careful and share this! For those who know me and my friends, you guys will know that money is not really the main matter. If we need the money, we wont staying at the villa that claim as a “luxury villa.” Each villa cost 2.2million(IDR)/ night.

I am the typical girl who doesn’t likes to share something and prefer to stay quiet. But this case really makes me upset and I don’t want anybody to experience this things as well. PLEASE SHARE!

Sumber Tulisan:

Pengalaman pribadi dari Viryani Kho. Kebenaran kejadian langsung bisa dikonfirmasi ke pihak yang bersangkutan.

Loading...