Tak Ingin Mengalami Penyakit Alzheimer di Usia Senja? Terapkan 5 Tips ini..

0 145

Penyakit Alzheimer.. Jenis penyakit apa itu??? Pernahkah kamu mendengarnya?

Jika belum, kenalan dulu kali dengan penyakit yang satu ini..

Sebenarnya, penyakit Alzheimer tidak termasuk jenis penyakit menular. Ini lebih dikenal dengan sindrom sel-sel otak yang melemah dalam waktu yang bersamaan.

Biasanya, otak akan tampak semakin mengecil dan mengerut dan terjadi banyak pada orang di usia senja.

Apakah penyakit Alzheimer pada usia muda bisa terjadi? Dalam beberapa kasus di berbagai negara, mungkin saja itu terjadi. Tetapi, memang lebih banyak terjadi pada usia senja.

Meskipun banyak terjadi pada orang tua, bukan tidak mungkin bahkan penting bagi kita di usia muda sudah mulai mengenal penyakit ini, mencari informasi tentang pencegahan dan pengobatan penyakit Alzheimer.

Kenapa harus dilakukan sejak usia muda?

Karena, apa yang terjadi pada kita di usia senja kelak, merupakan kumpulan ekses dari kebiasaan dan gaya hidup kita di usia muda.

Sikap proaktif dan waspada sangat dibutuhkan agar tahun-tahun emas kelak di usia senja, hidup kita terhindar dari penyakit satu ini.

Semakin banyak penelitian menunjukkan fakta bahwa aktivitas fisik dan pilihan gaya hidup sangat terkait dengan pencegahan penyakit Alzheimer ataupun bentuk lain dari demensia. Penyakit ini lebih dianggap sebagai bagian normal dari penuaan daripada karena murni genetika.

Jadi, jika kamu memiliki orang tua, kakek-nenek atau saudara kandung yang terkena penyakit Alzheimer, itu tidak berarti kamu akan terkena penyakit tersebut, dan mengikuti jalan hidup yang sama.

Memang, statistik yang dikumpulkan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat peluang risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer sebesar 50%, jika kamu memiliki kerabat dekat yang terkena penyakit tersebut.

Tetapi, ditekankan sekali lagi, ini tak terkait karena faktor genetik, tetapi berkaitan dengan pola gaya hidup yang diikuti.

Misalkan, jika orangtua kamu adalah seorang perokok, maka potensi untuk melakukan pola hidup merokok yang tidak sehat akan lebih tinggi terjadi pada dirimu.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda untuk memutus siklus dan mencegah penyakit Alzheimer?

Bertindaklah dan ambil kendali saat ini..

Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit Alzheimer terjadi pada kita di usia senja?

Pilihlah pola hidup yang benar dan baik. Termasuk pola makan yang buruk dicegah, tidak aktif melakukan kegiatan fisik dll.

Para ilmuwan telah menemukan hal baru bahwa otak memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel dan neurotransmitter serta meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

5 langkah mencegah penyakit Alzheimer sejak usia muda
5 langkah mencegah penyakit Alzheimer sejak usia muda

Sangat tidak terlambat untuk memulai pencegahan penyakit Alzheimer sejak usia muda. 5 langkah diantaranya:

1. Konsumsi makanan yang sehat dan tepat

Tampaknya begitu sederhana, namun banyak orang yang mengesampingkannya.

Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran segar sangat membantu untuk mencegah penyakit Alzheimer di usia senja.

Diet yang seimbang, mengkonsumsi sumber protein dengan rendah lemak, akan sangat membantu mencegah kita terkena penyakit ini.

2. Jika diperlukan, konsumsi suplemen

Banyak diet yang dilakukan oleh muda-mudi menyebabkan kekurangan nutrisi. Ini terbukti meningkatkan risiko rusaknya kesehatan otak.

Suplemen ini termasuk sumber asam lemak esensial yang ditemukan pada ikan dan obat-obat herbal serta mineral yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.

3. Banyak melakukan latihan olahraga

Awalnya, banyak orang berpendapat bahwa olahraga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke sel-sel otak.

Ini memang benar, tetapi laporan yang disusun oleh National Institutes of Health menyatakan bahwa olahraga juga dapat merangsang produksi sel pertumbuhan, yang merupakan molekul yang diproduksi oleh tubuh untuk memperbaiki dan memelihara syaraf.

4. Turunkan kadar kolesterol

Banyak orang dengan gejala awal demensia atau penyakit Alzheimer berpotensi terkena stroke kecil yang akan merusak neurotransmitter otak.

Dengan menjaga kadar kolesterol di tubuh, arteri terbebas dari “kotoran” yang dapat menyebabkan stroke.

5. Lakukan beberapa latihan yang mengasah otak

Aktivitas sederhana seperti menjawab teka-teki silang, membaca, menulis, belajar dan menghafal informasi baru, sangat membantu agar pikiran kuat dan waspada.

Hal yang biasa bagi orang terkadang lupa nama atau tanggal, tapi lebih banyak latihan mengingat informasi tersebut semakin besar kemampuan otak untuk melakukan hal ini di usia tua.

Latihan ini sangat membantu kognitif kita untuk tetap terjaga secara optimal.

Itulah kelima langkah yang bisa dilakukan sejak usia muda, agar kelak di usia senja terhindar dari penyakit Alzheimer tersebut.

Ingin tahu lebih banyak tentang penyakit Alzheimer, berikut referensinya:

Wikipedia ; Alodokter

Loading...