Sekilas Kisah Tentang Dua Tokoh Inspiratif Dalam Islam

0 4.588

Islam memiliki banyak tokoh inspiratif yang layak untuk dijadikan contoh / teladan. Karena tokoh-tokoh ini mencontoh Nabi Muhammad, teladan sempurna bagi muslim. Nah kali ini kita mau mengangkat kisah sosok dua orang yang cukup menjadi perhatian kita bagi yang hidup masa kini.

Saat banyak diantara kita berlomba-lomba mengejar jabatan maupun harta, rela mengharamkan yang halal dan menghalalkan yang haram hanya demi memperoleh harta yang berlimpah, sangat senang menyombongkan harta kepada orang lain. Harta dan tahta yang dimiliki seolah-olah adalah tujuan hidupnya agar menjadi bahagia. Oleh karena itu mari kita belajar dari kehidupan Abdurrahman bin Auf dan Muhammad Al-Fatih. Siapa mereka? Udah daripada banyak cingcong, langsung saja kita baca kisahnya yuks.

Kisah Inspiratif Abdurrahman bin Auf

Beliau ini adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad. Di kalangan bangsa Arab, Abdurrahman bin Auf dikenal sangat kaya yang memiliki harta berlimpah. Ia tak segan-segan mengeluarkan hartanya yang banyak. Bahkan saat perang, dengan patuh Abdurrahman bin Auf memelopori dengan menyerahkan dua ratus uqiyah emas. Bahkan, Abdurrahman bin Auf tak segan untuk menjaga kesejahteraan istri-istri Rasulullah, ketika beliau wafat. Abdurrahman bin Auf bersedia untuk menanggung seluruh kebutuhan hidup sehari-hari istri Rasulullah, dan menjaga keamanan istri Rasulullah tersebut.

Salah satu poin yang menarik adalah saat beliau datang kepada Ummu Salamah, salah satu istri Nabi Muhammad dan mengeluh “Wahai bunda, saya memiliki kekayaan melimpah, tetapi saya takut, harta ini akan menghancurkan saya di akhirat kelak, apa yang harus saya lakukan?“ Masya Allah bukan kemiskinan yang dikeluhkannya melainkan keadaanya yang sangat kaya.

Kisah inspiratif Abdurrahman bin Auf
Kisah inspiratif Abdurrahman bin Auf

Ini sangat jauh berbeda dengan kondisi masyarakat modern saat ini yang hanya ingin berlomba-lomba untuk mencari kekayaan, tetapi ketika kekayaan tersebut telah didapatkan, tidak ada rasa takut akan harta yang bisa memberatkannya di akhirat kelak. Beliau takut atas kekayaanya karena paham bahwa itu semua akan dipertanggungjawabkannya kelak di Akhirat. Berbahagialah Abdurrahman bin Auf dengan limpahan karunia dan kebahagiaan yang diberikan Allah kepadanya.

Sekilas Kisah Inspiratif Muhammad Al-Fatih

Muhammad Al-Fatih adalah sultan kekahalifahan Turki Ustmani Murad II Muhammad Al-Fatih telah hafal Qur’an semenjak usia 7 tahun. Selain itu, dalam usianya yang masih terbilang muda, beliau sudah memahami 8 bahasa yang berbeda. Menariknya, pada usia yang masih sekitar 14 tahun, Muhammad Al Fatih telah diuji untuk menjadi walikota, dan beranjak usia 18 tahun telah menjadi seorang Sultan. Memang, sejak kecil Muhammad Al Fatih memiliki visi menjadi seseorang yang disebutkan dalam sebuah Hadits yakni “Akan ada pemimpin yang sebaik-baiknya pemimpin, tentara sebaik-baiknya tentara dan rakyat sebaik-baiknya rakyat.”

Kisah inspiratif Muhammad Al Fatih
Kisah inspiratif Muhammad Al Fatih

Dari sinilah karakter beliau terbentuk. Karakter beliau yang berani, tegas dalam membuat keputusan, tetap tenang dalam segala kondisi, sabar dalam menanggung penderitaan, dan memiliki kemampuan untuk mengawasi diri sendiri (self control). Selain itu, beliau juga memiliki skill yang sangat mumpuni dalam memimpin serta mengatur pemerintahan.

Salah satu pesan yang menarik dari beliau adalah dengan pernah mewasiatkan kepada putranya, Sultan Bayazid II, untuk berbuat adil, dekat dengan para ulama, menjaga agama baik untuk pribadi, masyarakat, dan pemerintahan, serta tidak mudah tertipu dengan harta. Oleh karena itu, beliau mampu membuat kerajaan menjadi stabil secara perekonomian, dan tentara mendapatkan gaji yang tinggi. Karena dari hasil kekayaanya membuat kerajaan memiliki sumber daya manusia yang baik.

Sobat muda, bagaimana kisah dua tokoh inspiratif dalam dunia Islam tersebut? Patut dan sangat layak untuk kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Loading...