Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan, Setelah Tahu Anda Pasti Langsung Mengkonsumsinya Secara Rutin

1 928

Manfaat Buah Naga– Ada yang pernah mengkonsumsi buah satu ini? Kalau belum, coba mulai beli deh..

Kenapa sangat disarankan membeli buah ini? Karena kalau mencuri, bakalan gak berkah lho..(hehe).

Back to topic. Buah ini disebut sebagai buah Naga.. Dari nama buahnya yang keren tersebut, ternyata memang tersimpan khasiat luar biasa..

Ada yang tahu khasiatnya apa saja? Mungkin bagi sebagian besar orang, termasuk kita, belum mengetahui khasiat terpendam dari buah naga ini..

Kalau gitu, yuk kita bahas tentang manfaat buah naga untuk kesehatan.

Starting from this point. Buah naga memiliki kandungan gizi yang seabrek, bisa dilihat pada tabel berikut.

[table id=2 /]

Nah, cukup banyak gizi yang terkandung dalam buah naga bukan? Lanjut…

Dari kandungan gizi yang seabreg tersebut, vitamin, mineral, zat besi, dll, ternyata ada satu kandungan yang manfaatnya luar biasa. Apa itu?

…Menurut ahli gizi dan kesehatan, buah naga merupakan satu-satunya buah-buahan yang mengandung protein Albumin.

Waduh…apa lagi tuh yang namanya Albumin? Jelasin dong.

Yoi mas dan mbak bro, pasti dijelasin kok! Lihat penampakannya dulu yuk, Albumin itu seperti apa..

albumin
Kandungan Albumin ternyata menjadikan manfaat buah naga berkali-kali lipat untuk kesehatan

Tuh,,dari gambar di atas, pasti semakin membuat bingung, tuh sebenarnya gambar apaan sih hehe..Itu ilustrasi protein Albumin yang terdapat tubuh manusia.

Albumin yang terdapat pada tubuh, bisa ditambahkan dari asupan makanan, terutama sangat dibutuhkan ketika protein yang diproduksi oleh hati membutuhkannya dalam jumlah lebih.

Anda bisa mendapatkannya dari ikan gabus, dan tentu saja buah naga mengandung protein Albumin ini.

Jadi, Albumin itu sebenarnya apa dan apa saja manfaatnya?

Nah,,mulai sedikit serius dan ilmiah nih..gelar tiker ya..

Yang disebut sebagai Albumin itu adalah istilah yang merujuk pada segala tipe protein monomer yang larut dalam garam atau air. Tipe protein ini mengalami koagulasi jika terpapar panas. (semakin bingung kan.., samaa! hahaha)

Lanjut..

Albumin dalam tubuh manusia diproduksi oleh retikulum endoplasma (dalam hati), yang berbentuk proalbumin. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, anda bisa cek langsung disini.

Lalu, apa sih manfaat Albumin tersebut bagi kesehatan tubuh kita?

Pastinya sangat banyak.. Beberapa diantaranya:

  • Membantu terapi penyakit kanker
  • Membantu mencegah penyakit Diabetes Melitus
  • Memulihkan dengan cepat luka bakar / luka setelah operasi
  • Melakukan regenerasi sel ginjal
  • Dan masih banyak lagi lainnya…

Itu beberapa manfaat Albumin untuk kesehatan tubuh anda..

Pembahasan fokus kembali ke Manfaat Buah Naga..

Buah naga, baik buah naga putih dan buah naga merah, memiliki dampak positif yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi buah naga secara rutin, dapat membantu memberikan zat, vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, serta membantu menambah kekebalan tubuh manusia.

Karena buah naga kaya mineral dan vitamin tentu sangat membantu pemenuhan gizi harian tubuh anda.

Beberapa manfaat buah naga yang bagi kesehatan tubuh, dari yang sederhana hingga yang luar biasa, terangkum dalam berikut ini.

1. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Jika saat ini anda sedang menjalani program diet, maka buah yang satu ini sangat cocok dalam membantu program diet tersebut. Seperti yang tertulis di tabel kandungan gizi di atas, buah naga sangat kaya akan serat yang rendah kalori.

Serat ini sangat bermanfaat dengan baik untuk membantu pencernaan menjadi lancar. Kandungan air yang sangat tinggi di buah ini, akan membantu membuat perut menjadi lebih kenyang jika mengkonsumsinya, sehingga cocok bagi anda yang sedang diet.

2. Kandungan Anti Oksidan

Manfaat buah naga lainnya adalah kandungan anti oksidan di dalam buah tersebut. Anti oksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah ini, akan sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita (detoksifikasi).

3. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi anda atau anak-anak yang nafsu makannya berkurang, maka bisa mengkonsumsi buah naga. Kandungan vitamin B1 dan B2 yang terdapat dalam buah ini, dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anda, terkhusus bagi anak-anak anda.

4. Membantu Meringankan Batuk & Asma

Salah satu manfaat buah naga lainnya adalah meringankan gejala batuk dan asma yang menyerang tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah ini, sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga lainnya adalah membantu meningkat sistem kekebalan tubuh kita. Ini karena kandungan anti oksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Dari 5 poin di atas, sudah bisa dilihat manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita yang memang sangat luar biasa.

Eits, tunggu dulu, masih banyak manfaat buah naga lainnya yang akan dijelaskan berikut ini.

6. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah membantu mencegah penyakit kanker. Ini karena dalam buah ini terkandung albumin, yang sangat membantu dalam membentuk karsinogenik dalam tubuh.

Fungsi detoksifikasi dalam buah ini juga sebagai salah satu cara mencegah kanker yang ampuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, menjadi senjata ampuh untuk mengeluarkan racun logam salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker.

Selain sebagai pencegahan, bagi penderita kanker, buah ini juga sangat bermanfaat untuk terapi. Kandungan zat aktif Allylsufide dalam Albumin, membantu untuk menghambat pertumbuhan hormon pemicu sel kanker, dan membantu merangsang sel sehat untuk regenerasi menjadi sel-sel baru.

7. Membantu Mencegah Penyakit Diabetes Militus

Kandungan Albumin dalam buah naga, sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel pankreas yang berfungsi memproduksi hormon insulin. Jika produksi insulin tersebut normal, maka kadar gula darah dapat terkendali, dan normal kembali.

Apakah dalam buah ini terkandung kadar gula tinggi? Tenang saja. Buah naga sangat aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes karena kadar gula di dalamnya sangat rendah.

8. Mencegah penuaan dini

Penuaan itu pasti seiring berjalannya waktu, tetapi bisa saja terjadi penuaan yang terlalu cepat, karena terpapar polusi udara setiap hari. Salah satu manfaat buah naga bagi anda, adalah membantu terjadinya penuaan dini karena kandungan anti oksidan dalam buah ini.

9. Mencegah Serangan Jantung & Tekanan Darah Tinggi

Karakter buah naga sebagai detoksifikasi (membersihkan) organ tubuh manusia, tentu sangat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu juga membantu untuk mencegah berbagai penyakit karena penyumbatan pembuluh darah.

Berbagai manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita.
Berbagai manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita.

10. Sangat Bermanfaat Untuk Tulang dan Darah

Kandungan zat besi dan kalsium dalam buah ini, sangat bermanfaat untuk tulang dan darah kita. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga membantu penyerapan zat besi lebih banyak di dalam tubuh.

11. Membantu Menyembuhkan Penyakit pada Organ Otak

Kandungan albumin dalam buah ini bermanfaat untuk memperbaiki jaringan otak yang telah rusak. Ini sangat bermanfaat bagi penderita pasca stroke atau penderita parkinson.

12. Bermanfaat bagi Penderita Lupus

Regenerasi sel tubuh yang rusak karena penyakit lupus bisa dilakukan oleh Albumin yang terdapat di buah ini. Jika regenerasi sel-sel berhasil, maka otak, otot, syaraf dapat berfungsi dengan optimal kembali.

13. Bermanfaat bagi Penderita Gagal Ginjal

Sama seperti penderita lupus, penderita gagal ginjal juga terbantu dengan manfaat buah naga, yaitu kandungan Albumin yang berfungsi untuk melakukan regenerasi sel-sel ginjal, sehingga kembali normal, dan menjalankan fungsinya untuk menyaring racun dengan baik.

Seabrek manfaat buah naga tersebut, tentu tidak akan disia-siakan bukan?

So, jangan pernah ragu lagi untuk membeli dan mengkonsumsi buah naga karena sangat bermanfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh anda.

Kalau manfaatnya sudah dijelaskan, apakah buah ini memiliki efek samping?

Hingga saat ini, belum ditemukan efek samping yang berarti karena mengkonsumsi buah ini. Efek samping yang mungkin terjadi adalah feses dan air seni yang agak berubah menjadi lebih kemerah-merahan.

Bagi wanita hamil & menyusui, penyakit jantung, diabetes, asma, bayi di atas usia 1 tahun, aman mengkonsumsi buah ini. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsinya ya..

Referensi: Manfaat.co.id

Loading...