Khasiat Jeruk Nipis untuk Sehari-hari yang Tak Terduga. Kamu Pasti Kaget!

0 194

Siapa sih yang tak kenal dengan buah bulat warna hijau yang satu ini, ya jeruk nipis! Hampir semua orang pernah mengetahui dan mengkonsumsinya. Tetapi, apakah kamu tahu khasiat jeruk nipis tersebut?

Khasiat yang ada di dalamnya tidak banyak orang tahu, seperti orang mengkonsumsinya. Bahkan, jeruk nipis tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Tetapi, sebagian besar dari kita hanya mengetahui khasiat jeruk nipis yaitu hanya sebagai salah satu sumber vitamin C. Ternyata eh ternyata..

Kalau ditelusuri lebih jauh lagi, jeruk nipis memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak, tidak sekedar sebagai sumber vitamin C saja.

Buah mungil ini memiliki potensi yang besar untuk kecantikan dan kesehatan seseorang. Tidak hanya buahnya saja lho. Tetapi juga daun dan bunganya sangat bermanfaat.

Apa saja khasiatnya??? Penasaran yaa..

Yuk, daripada terus penasaran, mari kita kupas tuntas khasiat jeruk nipis berikut ini:

1. Bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat jeruk nipis yang begitu memiliki andil besar bagi kesehatan adalah mengurangi tekanan darah tinggi bagi penderitanya.

Tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh banyak hal seperti, gaya hidup, asupan makanan, faktor gen dan usia, dll, ternyata bisa diturunkan dengan mengkonsumsi jeruk nipis.

Buat kamu yang memiliki anggota keluarga, ayah, ibu, kakek, nenek, siapapun juga, yang memiliki penyakit darah tinggi disarankan untuk membuat minuman berkhasiat penurun darah tinggi dari jeruk nipis.

Bagaimana caranya?

Sangat mudah lhoo.. Kamu bisa membuatnya sendiri dalam tempo waktu yang tidak terlalu lama.

Dua atau tiga buah jeruk nipis diperas terlebih dahulu dalam sebuah wadah sehingga tersisa airnya. Lalu, perasan jeruk nipis tersebut dicampur dengan 30 lembar daun jeruk nipis dan 20 kuntum bunga.

Campuran tersebut lalu direbus bersamaan dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih atau air tersisa takaran 2 gelas.

Kemudian air rebusan jeruk nipis tersebut didinginkan, dan disaring. Tambahkan madu sesuai selera kamu. Minum 3 kali sehari secara rutin. Insya Allah darah tinggi perlahan akan turun.

2. Menambah Stamina Tubuh

Buat kamu yang memiliki aktivitas tinggi, tentu akan sering merasa lelah karena energi dan stamina tubuh akan terkuras. Biasanya, banyak orang menambah stamina tubuh dengan mengkonsumsi minuman kemasan penambah stamina.

Mungkin, kamu bisa mencoba alternatif penambah stamina yang jauh lebih sehat karena mengandung bahan alami, yaitu jeruk nipis itu sendiri.

Ya. Khasiat jeruk nipis ternyata ampuh juga untuk menambah stamina tubuh yang sedang lelah. Gimana caranya?

Cukup mudah kok. Jeruk nipis diperas dalam gelas. Campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan 1 butir telur ayam kampung dan tambahkan sedikit gula merah.

Konsumsi minuman campuran jeruk nipis tersebut setidaknya sekali dalam seminggu. Stamina yang loyo, badan lelah, akan kembali bangkit dengan minuman tersebut.

6 Khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan
6 Khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan

3. Menurunkan berat badan / membuat badan menjadi lebih langsing dan ideal

Ini salah satu khasiat jeruk nipis yang paling banyak dicari oleh kaum hawa khususnya, membuat badan menjadi langsing.

Kalau kamu sudah mencoba berbagai diet kesehatan, tetapi tidak kunjung berhasil, maka bisa dicoba formula diet yang satu ini.

Cukup dengan menyediakan jeruk nipis dan teh hijau. Caranya dengan mencampur perasan jeruk nipis ke dalam 1 gelas teh hijau. Minum setiap pagi dan sore hari secara rutin. Niscaya, perlahan-lahan berat badan kamu akan langsing dengan cara alami dan sehat.

4. Sebagai obat sakit gigi

Khasiat jeruk nipis yang satu ini juga sangat dibutuhkan oleh penderita sakit gigi. Siapa sih yang betah dengan sakit gigi? Pasti gak betah kan…

Sebelum datang ke dokter gigi untuk mengecek kondisi gigi dan mulut kamu, mungkin kamu juga bisa mencoba alternatif pengobatan sakit gigi dengan buah mungil berwarna hijau ini.

Caranya juga tak terlalu sulit kok.. Cukup campurkan air perasan jeruk nipis bersama dengan akar kecubung hitam dan legetan warak yang telah digiling halus. Jangan lupa tambahkan 1 sendok garam.

Setelah tercampur, peras dan saring terlebih dahulu. Setelah tersaring, kumur-kumur air tersebut dalam mulut selama kurang lebih 2-3 menit. Niscaya, sakit gigi akan berkurang.

5. Untuk mengatasi pegal linu

Buat kamu yang punya kerjaan sering melibatkan fisik dan beban berat, biasanya seringkali mengalami pegal linu. Gimana cara kamu mengatasinya?

Ada salah satu alternatif untuk mengatasi pegal linu yang diderita. Yaitu dengan membuat minuman dari jeruk nipis. Mudah saja. Peras 2 atau 3 buah jeruk nipis. Lalu, campurkan dengan madu dan telur ayam kampung. Minum seminggu 2 kali. Pegal linu akan perlahan menghilang. Boleh dicoba ya..

6. Mengobati bagian tubuh yang terkilir

Terkilir biasanya terjadi pada seseorang yang hobi berolahraga, misalkan futsal, sepakbola, badminton, tenis, dan lain sebagainya. Jika kamu juga mengalami hal yang serupa, maka jangan khawatir, ada solusi untuk mengobatinya. Yaitu dengan ramuan khasiat jeruk nipis.

Siapkan jeruk nipis, gandapura, dan minyak kayu putih. Belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Lalu, siram dengan air panas dalam wadah yang tertutup.

Setelah itu, jeruk tersebut diperas dan dicampur dengan gandapura serta minyak kayu putih. Oleskan dan urut menggunakan minyak campuran tersebut ke bagian tubuh yang terkilir.

Itulah keenam khasiat jeruk nipis yang mungkin belum pernah kamu duga sebelumnya. Di artikel selanjutnya, akan dituliskan kembali beberapa khasiat jeruk nipis lainnya, stay tuned ya guys!!

Loading...