Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Kelas Inspirasi

0 1.475

Mungkin kamu sering mendengar kegiatan Kelas Inspirasi, tapi tidak pernah sadar kegiatan apa itu dan apa manfaat ikut kegiatan tersebut?

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Lalu, apa sih manfaat kita ikut Kelas Inspirasi?

1. Berkontribusi terhadap generasi yang akan datang

kelas inspirasi
Dokumen pribadi

Buat pembaca yang sudah mempunyai penghasilan atau prestasi, tetapi mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap negara ini, tidak salahnya untuk ikut kegiatan ini. Anak anak SD yang masih polos membutuhkan banyak inspirasi dalam melangkah hidup. Toh dengan memberikan inspirasi kepada anak-anak SD, mereka akan mempunyai arah hidup yang jelas. Jadi  bayangkan kalau anda menjadi relawan sebuah sekolah dengan jumlah 180 siwa? anda telah menginspirasi 180 siswa tersebut! kalau setiap tahun anda ikut kelas inspirasi? Anda telah berkontribusi terhadap calon pemuda pemudi Indonesia.

2. Belajar menjadi orang tua

kelas_inspirasi
Dokumen pribadi

Dalam kelas inspirasi ada dua tantangan untuk para relawannya. Menjadi guru dan orang tua. Saat menjadi guru, kita dituntut untuk memanajemen sebuah “kekacauan” yang berada di dalam kelas menjadi teratur. Yang anda hadapi adalah bukan orang dewasa, tapi melainkan anak yang masih polos dalam kehidupan. Anda tidak hanya menjadi seorang pengajar, juga menjadi orang tua semua murid. Di sinilah kreatifitas dan pengalaman hidup anda ditantang untuk membuat kelas menjadi kondusif. Sangat cocok bagi yang ingin mempraktekan di dunia nyata. Yang menjadi relawan bukan hanya yang sudah menikah dan punya cucu. Bahkan buat yang jomblo sangat disarankan ikut kegiatan ini dan belajar menjadi orang tua. Toh bagi para jomblo, ilmu ini nanti akan dipakai juga saat menjadi orang tua.

3. Berkenalan dengan ragam manusia

berbagi_di_kelas_inspirasi
Dokumen pribadi

Setiap relawan kelas inspirasi akan dibagi per kelompok. Di dalam kelompok tersebut kita akan bertemu berbagai macam karakter dari berbagai macam profesi. Di sini menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk bekerjasama dengan orang yang baru kita kenal. Tidak hanya itu saja. saat kita bertandang ke sekolah pun, kita akan bertemu dengan puluhan murid-murid dengan watak dan permasalahan yang berbeda-beda. Di sinilah profesionalitas kita di dunia nyata di uji.

4. Inspiratif tidak hanya bagi untuk murid, juga guru dan masyarakat

manfaat_kelas_inspirasi
Dokumen Pribadi

Pernahkah berpikir kalau kelas Inspirasi inspiratif hanya untuk murid saja? tidak juga. Guru pun bisa jadi merasa terinspirasi dengan bagaimana para relawan mengajar. Mereka juga ingin membutuhkan inspirasi dan ingin membuat para murid didikan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu saja. Orang tua yang mengantarkan murid ke sekolah pun boleh jadi menjadi lebih paham dengan adanya gerakan positif ini.

5. Mungkin akan ketemu jodoh?

kelas inspirasi bermanfaat
Dokumen pribadi

Tidak dipungkiri untuk alasan yang terakhir, salah satu motivasi lain ikut kelas inspirasi karena ingin mencari jodoh. Tetapi hal itu tidak perlu dikhawatirkan kok. Hal tersebut juga hal yang sah, asal jangan melupakan esensi utama menjadi relawan kelas inspirasi. Tidak terlarang. Benih-benih suka akan tumbuh saat bertemu teman baru di dalam kelompok. Kalaupun tidak bertemu, biasanya tahun depan akan ikutan kembali kelas inspirasi. siapa tahu aja akan bertemu pasangan hidup yang sesungguhnya. baik teman di dalam kelompok, panitia atau guru yang masih jomblo. Betul tidak?

Ingin mengetahui lebih detail tentang Kelas Inspirasi? Kunjungi aja langsung websitenya di www.kelasinpirasi.org

Loading...