Wow, Ternyata Menguasai Statistika bisa Membantu Banyak Hal dalam Kehidupanmu Lho!

0 718

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata statistika/statistik? Makhluk apa itu ya? Mungkin sebagian besar dari kamu pernah mendengarnya, tetapi belum banyak yang mengetahuinya secara mendalam. Bisa jadi, bagi sebagian orang, statistika sudah familiar di telinga karena pernah bersinggungan dengan statistik baik sengaja maupun tidak.

Buat kamu yang di bangku sekolah baik SMP atau SMA mendapatkan pelajaran Matematika, mungkin ini pertama kalinya kamu mengetahui tentang statistika. Kamu tahu gak? Sebenarnya statistika itu sudah dikenalkan sejak kita lahir ke dunia lho! Gak percaya? Ini buktinya. Hal sederhana tentang statistika waktu lahir adalah data mengenai berat dan panjang badan. Namun, karena saat itu kita masih seorang bayi yang lucu, imut, dan belum bisa berpikir, maka kita tidak mengetahuinya.

Lebih serunya lagi, dalam kehidupan sehari-hari, statistika ternyata memegang peranan penting lho. Seringkali kita sudah melakukan penelitian statistik secara sederhana, tetapi kita tidak menyadarinya. Apa sih contohnya? Misalkan kamu sedang memilih pasangan hidup, sebagai pacar atau calon suami/istri yang terbaik, maka secara tidak langsung, kamu sedang melakukan penelitian statistik. Kamu akan mengumpulkan banyak data calon pasanganmu, memilih berdasarkan kriteriamu, dan akhirnya memutuskan mana yang terbaik untuk menjadi calon pendamping hidupmu! Itulah manfaat praktis statistik yang bisa kamu gunakan.

Selain itu, saat kamu sedang membeli barang, misalkan laptop, maka kamu akan mencari-cari referensi di berbagai toko komputer dengan melakukan penelitian sederhana untuk membandingkan harga, fitur, spesifikasi, dan jaminan garansinya. Tentu akan banyak pilihan dari data laptop yang sudah kamu kumpulkan. Dari banyak pilihan tersebut, kamu pasti akan memilih salah satu barang yang cocok dengan kriteriamu. Tuh kan, ilmu statistika digunakan lagi dalam kehidupan sehari-harimu.

Lalu apa sih sebenarnya statistika itu?

Begitu banyaknya kita bersinggungan dengan statistika dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kamu tahu gak apa sebenarnya statistika it? Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Atau statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan.

Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif.

Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri). Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Berarti Esensi dari Statistika itu Apa ya?

Ada tiga hal yang sangat penting dari statistika yaitu:

1. Data yang tersedia / data historis

Merupakan suatu nilai numerik yang diperoleh dari keterangan masa lampau. Diolah menjadi informasi yang nantinya berguna dalam menentukan keputusan

2. Kriteria Keputusan

Dalam Statistika kita sering dihadapkan pada beberapa pilihan. Masing-masing pilihan memiliki nilai/ manfaat dan konsekuensi yang harus diambil atau dengan kata lain kita harus menentukan keputusan. Dari pilihan-pilihan tersebut akan muncul berbagai kriteria keputusan. Sama halnya dengan pilihan, masing-masing kriteria keputusan memiliki manfaat dan akibat bagi kita

3. Ada Keputusan

Berarti Mempelajari Statistika itu Bermanfaat untuk Kehidupan Sehari-hari kita dong?

Ya! Tentu saja. Dengan belajar ilmu statistika / statistik, secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hidup kamu. Kamu akan bisa mempertimbangkan dengan baik apabila kamu dihadapkan pada pilihan-pilihan dalam hidupmu. Kamu bisa menentukan keputusan yang terbaik dari banyak pilihan tersebut. Sebagai contoh sederhana, manfaat mempelajari ilmu statistika / statistik:

Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik, dll.

Sebagai mahasiswa, selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi.

Dalam dunia bisnis, para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. Seperti peluang untuk menanamkan saham.

Sedangkan dalam bidang industri, statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan, apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk, perlu tidaknya memperluas cabang produksi, dll.

Jadi, gimana caranya kita belajar ilmu statistika dengan baik?

FNI_1Jangan khawatir! Ilmu statistika/statistik bisa kamu pelajari lebih mendalam dengan baik dari salah satu konsultan statistika ternama di Kota Malang, yakni FNI Statistics. FNI Statistics didirikan di Kota Malang pada bulan Pebruari tahun 2010. Proses pengenalan awal lembaga ini dilakukan dengan cara bekerja sama dengan beberapa rental komputer yang tersebar di wilayah sekitar Universitas Brawijaya Malang. Seiring perkembangannya, lembaga yang didirikan oleh alumnus Statistika Universitas Brawijaya ini mulai menunjukkan hasil yang memuaskan, dan pada bulan Oktober tahun 2010 FNI Statistics mulai membuka kantor pusatnya di Jl. Kertoraharjo 88 Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Saat ini, FNI Statistics telah menangani analisa data lebih dari 1000 klien dari berbagai macam universitas di Indonesia. Dengan memiliki motto yang berbunyi “Percayakan Masalah Anda pada Kami” cukup menunjukkan keseriusan FNI Statistics untuk selalu membantu para klien dalam menyelesaikan masalah-masalahnya terkait tugas akhir yang dihadapi.

Dimana ya aku bisa menghubungi FNI Statistics?

Ini kontak FNI Statistics yang bisa kamu hubungi:

Kantor Pusat : Jl. Kertoraharjo no. 88 Malang – Jawa Timur – Indonesia
Phone: 0341 551644 / 08563408876 / 085231882968

Tunggu apa lagi, jika kamu ingin belajar banyak tentang ilmu statistika atau memiliki masalah berkenaan tentang statistik, hubungi FNI Statistics segera!

Loading...