Move On itu Pilihan, Gagal Move On itu Cobaan, Pilih Mana?

0 286

Susah move on? aahhhhhhh tidak. Hari gini.. Ilustrasi berikut mungkin pernah kamu alami.

Saat ditelepon sang mantan…

Amri: “Assalamu’alaikum, Dina. Kamu masih inget aku?”

Dina: “Ini siapa ya? Kayaknya suaranya pernah kenal deh.”

Amri: “Ini Amri, Din. Aku yang kamu putusin setahun yang lalu di taman kota.”

Dina: “Oh, mas Amri mantanku dulu toh..iya, kenapa ya mas?”

Amri: “Gak papa sih..Cuma pengen dengar suara kamu lagi. Emm,,tapi pengen ngomong sesuatu juga sih. Aku boleh jujur kan?”

Dina: “Oh, mau ngomong apa mas Amri?”

Amri: “Hmmm..Din, sebenarnya aku nyesel putus sama kamu. Aku tuh masih cinta banget sama kamu. Sampe detik ini pun, aku masih gak bisa lupain kamu, Din. Bayang-bayangmu selalu hadir dalam mimpiku.”

Dina: “Oooh..Emang terus kenapa?”

Amri: ” Ya, bener-bener nyesel aja sampe sekarang. Keputusan terbodoh yang pernah aku lakuin, mutusin kamu. Hmmm..kamu mau gak balikan lagi kayak dulu? Kita pacaran lagi. Aku janji, akan jadi cowok terbaik buat kamu. JANJI.” (suara sangat meyakinkan)

Dina: “Emm…Gimana ya mas ngomongnya, yang pasti gak bisa.”

Amri: “Loh, kok gak bisa, Din? Kamu bukannya masih sayang ma aku kan?? Pasti kamu gak bisa lupain aku juga. Gak usah malu deh. Ungkapin aja, Din.” (suara sangat PD)

Dina: ” Maaf ya mas, bukan malu. Alhamdulillah, Dina sudah ada yang nglamar. Dua hari lagi akadnya, sekalian walimahnya. Mohon do’a nya ya mas, sekalian ngundang mas Amri, jangan lupa dateng.”

Amri: “Hah, beneran?????? (mendadak pingsan, dan kejang-kejang)

Jleeeb!!

Siapa ya yang pernah ngalamin ilustrasi di atas?

Pengen ngajak balikan mantan, kok ya mantan-nya udah sukses hijrah dan memilih Move On duluan. Pernah ya di posisi ini??

Sabar yaa….

Susah move on bisa terjadi pada pria atau wanita, dengan berbagai tingkatan usia, ragam profesi.

Mungkin, akan sangat sulit bagi orang-orang tertentu, yang susah melupakan masa lalunya, untuk menghadapi kenyataan saat ini. Ingin masa lalunya hadir kembali dalam hidupnya..

Move On memang akan terasa sulit, apalagi jika kita beritikad kuat untuk melakukannya..

..Masih mengharapkan dirinya hadir kembali

Tetapi, move on adalah sebuah pilihan hidup yang bisa kamu pilih sesaat setelah kamu memutuskan untuk berhijrah.

Sedangkan jika kamu gagal move on, itu cobaan yang akan terus menerus menghantui hidupmu sampai kapanpun.

Mau pilih mana? Hidup beres dengan masa depan lebih cerah atau hidup berantakan dengan masa depan suram?

Nah, tentu gak ingin memilih hidup berantakan dan masa depan suram kan??

gagal_move_on
Gagal move on??

Pilihlah move on dari masa lalu kamu saat ini juga. Bisa kamu lakukan dengan 10 langkah cepat move on berikut:

10. Perbanyak amal ibadah

Salah satu cara termudah untuk move on adalah perbanyak ibadah untuk mengingat Allah. Luapkan semua perasaan, kecewa, sedih, menyesal kepada Allah. Hanya Allah yang bisa mendengar dengan baik semua curhatan isi hatimu.

9. Luangkan waktu untuk muhasabah (intropeksi diri)

Terkadang, kita memang butuh waktu untuk sendiri. Untuk mengenal lebih baik diri kita. Luangkan waktumu untuk mengintropeksi diri. Apa yang salah di masa lalu, yang seharusnya tidak kamu lakukan lagi di masa depan. Ini saatnya kamu belajar dari masa lalu, untuk lebih baik lagi di masa depan.

8. STOP mengkasihani dirimu sendiri

Susah move on memang menjadi salah satu penyebab seseorang merasa terus dikasihani. Kamu merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia. Bangun yuk!! Stop semua perasaan itu. Masih banyak kok orang yang lebih menderita dari kita. Saatnya lepaskan semua perasaan mengkasihani diri sendiri, demi masa depan lebih baik lagi.

7. Curhatlah dengan orang yang tepat

Setelah curhat kepada Allah, mungkin kamu masih membutuhkan curhatan yang lebih lagi agar perasaan tenang. Curhatlah kepada orang yang tepat, memberikan solusi terbaik. Salah satunya adalah ibumu atau ayahmu. Mereka lah yang lebih mengetahui tentang dirimu.

6. Perbanyak kegiatan yang bermanfaat

Sukses move on bisa diraih dengan cara menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Aktivitas seperti hobi, akan membantu menghilangkan kenangan masa lalu. Mungkin sulit, tetapi akan hilang perlahan.

5. My Trip, My Move On

Nah, ini salah satu cara yang ampuh untuk cepat move on, mencari suasana baru dengan memberikan energi yang positif. Maka, segeralah berpetualang, berkeliling, mencari keindahan alam. C’mon, dunia ini indah Bro Sis!

4. Sementara waktu, hindari bersinggungan dengan masa lalu

Gagal move on, bisa terjadi karena terus bersinggungan dengan dia di masa lalu. Bisa karena, melihatnya di suatu tempat, barang-barang yang pernah diberikan, dll. Buang itu semua untuk sementara waktu. Tutup jalinan komunikasi untuk sementara. Bukan berarti, memutus tali silaturahmi. Hanya agar jiwa dan perasaan lebih tenang.

3. Manajemen kembali hidupmu lebih baik lagi

Salah satu cara efektif untuk sukses move on adalah manajemen rutinitas sehari-hari dengan baik. Ini dilakukan agar tidak ada waktu kosong yang akan menggiring menuju kehampaan. Jika sudah hampa, akan teringat dengan masa lalu. Isi rutinitas hari-hari kita dengan berbagai kegiatan positif.

2. Masih banyak orang yang sayang dengan dirimu, terutama orangtua

Kamu tidak sendiri kok, orang-orang di sekitarmu, masih banyak yang menyayangimu. Salah satu yang terbaik, adalah orang tuamu. Sempatkan waktu lebih banyak bersama orang tua, agar hidup lebih berarti.

1. Belajar dari Masa Lalu, untuk Masa Depan lebih baik

Masa lalu memberikan pelajaran sangat berharga bagi kita. Belajarlah banyak hal dari masa lalu tersebut. Semua kesalahan di masa lalu cukup ada di masa lalu. Jangan bawa-bawa lagi di masa sekarang, dan masa depan.

Masih susah move on? Semoga tidak ya…Semangat!!!

Sumber Gambar Foto: @muslimahinstitute

Referensi: Klik

Loading...