Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Cara Membuat Anak Cerdas dan Pintar

0 394

Siapa sih orangtua yang nggak mau anaknya cerdas dan pintar? Anda sebagai orangtua pastinya menginginkan anak-anak seperti itu, bukan? Hanya saja, tak banyak orangtua yang memahami bagaimana cara mendidik anak-anaknya menjadi cerdas dan pintar. Berikut beberapa cara membuat anak cerdas dan pintar.

Mendidik anak-anak menjadi lebih baik adalah tanggung jawab orangtua dan sekaligus harapan bagi banyak orangtua. Sebelumnya, kami telah sajikan beberapa cara melatih kecerdasan anak sejak masih bayi dan juga cara menjadikan balita lebih cerdas.

Kali ini, kami akan sajikan beberapa tips tambahan tentang bagaimana cara membuat anak cerdas dan pintar. Beberapa diantara poin dari tips ini merupakan hasil penelitian yang benar-benar terbukti dan dapat dipraktikkan langsung oleh orangtua. Semuanya terangkum dalam artikel “10 Cara Membuat Anak Cerdas dan Pintar”.

Berikut pemaparan tentang bagaimana cara membuat anak cerdas dan pintar:

  • Memberikan ASI Eksklusif

Ini langkah pertama yang bisa Bunda lakukan untuk memiliki anak-anak yang cerdas dan pintar. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa memberikan ASI Ekslusif dapat memberikan kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Kandungan gizi tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga intelegensia (kecerdasan otak) buah hati Anda. Oleh karena itu, jangan sepelekan hal ini. Berikan ASI Eksklusif kepada buah hati Anda sejak masih bayi.

  • Berbicara dengan Cerdas

Salah satu hal yang juga bisa dilakukan adalah mengajak bayi Anda berkomunikasi / berbicara sesering mungkin. Hal ini didasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Jean Ashton dari Sidney University yang menyebutkan bahwa berkomunikasi dengan bayi tidak selalu dengan pemberian pujian atau melucu.

Ketika Anda berbicara dengan buah hati, mereka akan menjadi pendengar yang baik juga walaupun mereka tak bisa menjawab dengan kata-kata. Akan tetapi, mereka dapat merespon dengan ekspresi yang dikeluarkan.

Respon itulah yang harus diperhatikan benar-benar oleh orangtua sebagai bentuk cara seorang bayi berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

  • Membacakan cerita / dongeng

Ini juga salah satu cara membuat anak cerdas dan pintar. Sudah sangat jarang orangtua yang memiliki kebiasaan membacakan cerita kepada anak-anak mereka, misalkan cerita dongeng sebelum tidur. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan ini untuk anak-anak.

Tidak ada hal yang menjadi alasan yang menjadi hambatan untuk memulai membacakan cerita kepada anak, seperti alasan usia masih terlalu dini. Karena saat ini, telah hadir ribuan buku yang diterbitkan sesuai dengan usia anak-anak kita dengan beragam cerita dan keunggulan lainnya.

  • Bermain bersama buah hati Anda

Aktivitas aktif bermain antara orangtua dan anak-anaknya akan berdampak sangat besar bagi psikologis anak-anak. Anak juga akan belajar jauh lebih cepat saat melakukannya bersama orangtua.

Selain itu, manfaat yang didapatkan yaitu potensi sosial anak semakin berkembang, dapat mengenali bakat / kemampuan serta kebutuhan emosional si anak.

  • Memperdengarkan buah hati Anda musik / murottal Al Qur’an

Dengan memperdengarkan kepada buah hati Anda alunan musik, mereka akan mempelajari beragam bunyi dan nada serta menambah perbendaharaan kata-katanya. Pilihlah lagu-lagu yang sesuai dengan usia buah hati Anda seperti lagu anak-anak. Jangan berikan lagu-lagu yang tak sesuai dengan usia mereka, seperti lagu-lagu orang dewasa.

Bagi keluarga muslim juga disarankan untuk memperdengarkan bacaan Al Qur’an kepada anak-anak, bahkan dimulai sejak masih dalam kandungan.

  • Mengajarkan anak bermain musik

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Toronto University menyebutkan bahwa anak-anak yang belajar bermain musik akan lebih mudah untuk meningkatkan proses pembelajaran otak bagian kanan. Semakin banyak yang dipelajari oleh anak, hasilnya pun akan semakin nyata.

Selain itu, penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa anak-anak yang bermain musik dapat meningkat kecerdasan IQ-nya.

  • Menjaga kesehatan si kecil

Cara membuat anak cerdas dan pintar juga perlu diperhatikan dari aspek kesehatan mereka. Para peneliti dari Illinois University berhasil membuktikan bahwa terdapat keterkaitan antara kesehatan anak-anak dengan prestasinya di sekolah.

Ajari anak-anak Anda untuk rajin berolahraga dan memberikan makanan yang sehat serta gizi yang tercukupi.

  • Bermain game

Ini juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak-anak kita. Penelitian dari University of Rochester menyebutkan bahwa seorang anak kecil yang bermain games memiliki kemampuan lebih besar dalam menemukan petunjuk rasa visual untuk proses belajarnya.

Tetapi, perlu diingat bagi orangtua bahwa tidak semua games memiliki dampak positif bagi anak. Filter games yang memang khusus usianya dan kontrol juga lama waktu memainkannya.

  • Hindarkan mengkonsumsi junk food

Makanan-makanan ‘sampah’ (junk food) atau biasanya makanan cepat saji memiliki kandungan lemak dan kadar gula yang tinggi sehingga tidak bagus untuk intelegensia si kecil. Ada banyak makanan berbahaya lainnya yang sebaiknya juga dihindari.

Berikan kepada anak-anak kita makanan yang bergizi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

  • Memupuk rasa ingin tahu anak

Keingintahuan anak-anak terhadap hal-hal yang baru sangatlah besar. Terus tingkatkan rasa ingin tahu mereka dengan mengarahkan kepada minat dan ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan. Orangtua harus mengajarkan kepada buah hatinya ilmu dan keterampilan yang baru.

Anak-anak akan semakin memiliki rasa ingin tahu yang besar dengan ilmu atau keterampilan baru yang diajarkan oleh orangtua mereka.

============

Kesepuluh cara membuat anak cerdas dan pintar di atas hanya secuil dari banyaknya cara mendidik anak agar lebih cerdas dan pintar.

Setiap orangtua perlu meng-explore lebih jauh tentang potensi meningkatkan kecerdasan pada anak-anaknya. Karena setiap keluarga memiliki keunikan yang berbeda dari keluarga lainnya. Happy Parenting!

Referensi: www.tipsanakbayi.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.