Beli 1 Buku Dapat 36 Buku, Terlihat WOW, Eitss Hati-Hati itu Skema Piramida

1 254

Wah..Seru juga tuh. Cuma beli 1 buku aja, berikan kepada orang lain sebagai hadiah, nanti kita akan dapat 36 buku…!!

Siapa yang gak minat dapat buku gratis sebanyak itu hanya bermodalkan beli 1 buku saja!

Mungkin itu yang ada di pikiran sebagian besar orang, tentang penawaran berbalut Book Exchange alias Tukar Buku.

Penawaran ini mulai viral (lagi) di media sosial, terutama Facebook, yang memang tidak diketahui darimana asal mulanya. Berikut screenshot penawaran Book Exchange tersebut.

skema ponzi tukar buku
Salah satu penawaran Book Exchange / Tukar Buku, Beli 1 buku, Gratis 36 buku

Varian lain dari penawaran Book Exchange (Tukar Buku):

Book exchange
Book exchange

Welcome to our secret sister gift exchange! Here’s how it works:
1) Send one gift value at least $10 to secret sister #1 below.
2) Remove secret sister’s name from #1; then move secret sister #2 to that spot.
3) Add your name to #2 with your info.
4) Then send this info to 6 other ladies with the updated name info
5) Copy the secret sister request that I posted on my wall, to your own wall. If you cannot complete this within 1 week please notify me, as it isn’t fair to the ladies who have participated and are waiting for their own gifts to arrive. You might want to order directly from a web-based service (Amazon, or any other online shop) which saves a trip to the post office. Soon you should receive 36 gifts! What a deal, 36 gifts for giving just one! Be sure to include some information about yourself … some of your favorites. Seldom does anyone drop out because it’s so much fun to send a gift to someone you may or may not know … and of course it’s fun to receive. You should begin receiving gifts in about 2 weeks if you get your letters out to your 6 people right away.

Jika anda mendapatkan penawaran tersebut dari teman-teman anda di medsos, anda tidak sendirian. Banyak juga yang mendapatkannya.

Penawaran tersebut bisa dengan modus “hadiah” dengan bentuk sosial.

Program tersebut, jika dilihat secara sekilas, memang menggiurkan. Terutama bagi anda pecinta buku. Bagaimana tidak, dengan skema ini hanya cukup dengan membeli 1 buku saja, mengirimkannya pada orang tertentu, dan menyampaikan skema ini kepada 6 orang teman anda, maka hasilnya anda “dijanjikan” akan mendapatkan imbal balik 36 buku.

Sistem apa sih itu sebenarnya?

Bagi yang sering berkecimpung di bisnis online, tentu sedikit banyak telah mengenal sistem tersebut.

Ini yang disebut sebagai Skema Piramida. Apa itu skema Piramida?? Secara sederhana, skema ini digambarkan dalam diagram berikut.

skema ponzi book exchange
Ilustrasi Skema Piramida Tukar Buku

Skema piramida di kebanyakan negara merupakan sistem yang ilegal dan tidak akan bertahan lama. Dalam skema ini, banyak sekali kelemahan dan bentuk kecurangannya.

Dalam konteks program tukar buku, anda membeli sebuah buku dari orang yang mereferensikan anda ke dalam sistem tersebut.

Skema piramida
Skema piramida

Contoh nyata program Book exchange di Facebook adalah ‘kedalaman dua level’ skema piramida, yang berarti Anda mengirim hadiah kepada orang yang dua tingkat di atas Anda di piramida, dan orang-orang mengirimkan hadiah dua tingkat di bawah Anda, yang berarti jika Anda merekrut 6 orang, setiap orang yang mereka merekrut (yaitu 36 orang) akan mengirimkan hadiah. Diagram ini mungkin menjelaskan sedikit lebih jelas, meskipun demi kejelasan ini menunjukkan skema di mana setiap orang merekrut 3 orang, tidak 6.

Di sini Anda dapat melihat bahwa orang tersebut ditandai ANDA adalah pada tingkat 3. Alih-alih mengirim hadiah kepada orang yang dimaksud Anda, pada tingkat 2, Anda mengirim hadiah kepada orang yang dimaksud mereka, pada level 1. Demikian juga orang-orang yang disebut untuk sistem di Level 4 tidak mengirimkan hadiah, orang-orang yang disebut sistem lakukan, yang merupakan 9 orang (dilingkari) pada level 5.

Ini menjelaskan klaim bahwa merekrut 6 orang akan menghasilkan 36 hadiah atau buku sebagai imbalan. Jika sistem akan runtuh pada tingkat 5 (yaitu tidak cukup orang dapat ditemukan untuk merekrut ke level 6) maka dalam sistem kedalaman 2 level, semua orang di tingkat 4 dan 5 akan menderita kerugian. Terlebih apabila orang tersebut hanya HIT and RUN saja. Ketika sudah untung, mereka langsung kabur.

Sistem dengan menggunakan skema Piramida banyak digunakan oleh usaha yang berbasiskan Multi level Marketing (MLM), walaupun tidak semua menerapkannya dengan murni. Skema ini secara aturan di banyak negara ilegal dan tidak akan bertahan lama. Dalam Islam, skema piramida itu memang sudah difatwakan haram hukumnya, disini informasinya.

Keputusan akhir tetap di tangan anda. Jika anda tertarik dengan kesempatan tersebut, silahkan dicoba saja. Tetapi, pahami dengan baik risikonya. Buku memang sumber ilmu, tetapi raih ilmu tersebut dengan cara yang baik.

Referensi:

Loading...