Pola Hidup Tidak Sehat yang Memicu Kanker. Apa Saja?

0 189

Kanker merupakan salah satu penyakit yang seringkali penyebab kematian nomor 1 di dunia. Ada banyak penyebab penyakit satu ini. Diantaranya adalah pola hidup tidak sehat. Pola hidup seperti apakah yang dapat menyebabkan kanker?

Jika seseorang sudah divonis terkena penyakit kanker, itu akan membuat kaget dirinya dan menimbulkan ketakutan.

Kanker itu sendiri adalah salah satu penyakit karena berkembangnya sel di dalam organ tubuh yang muncul secara tidak terkendali, abnormal, dan cepat.

Penyakit ini bukan termasuk yang menular, sehingga seseorang tidak mudah tertular penyakit ini. Hingga saat ini, belum ada pembuktian bahwa kanker bisa ditularkan melalui kontak fisik seperti sentuhan, berciuman, hubungan intim, berbagi makanan, atau lewat udara.

Namun demikian, ada beberapa hal yang dapat menstimulus tertularnya kanker seperti:

  • Kanker yang ditularkan melalui bakteri dan kuman
  • Kanker yang ditularkan selama proses kehamilan
  • Kanker yang ditularkan karena perubahan DNA
  • Kanker yang ditularkan karena melakukan tranplantasi organ

Selain beberapa faktor di atas, ada penyebab kanker yang disebabkan justru dari kita sendiri, yaitu pola hidup tidak sehat. Kita sebaiknya berusaha untuk “melaparkan” penyakit satu ini.

Pola hidup tidak sehat seperti apakah yang menjadi pemicu munculnya kanker? Berikut diantaranya:

#1 Mengkonsumsi junk food

Salah satu pola hidup seseorang di era modern adalah mencari sesuatu serba praktis, termasuk salah satunya mengkonsumsi makanan instan seperti junk food.

Junk food digemari oleh banyak orang karena mudah dan praktis. Tetapi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan jenis ini terlalu berlebihan.

pola hidup tidak sehat mengkonsumsi junk food
Mengkonsumsi junk food berlebihan, salah satu pola hidup tidak sehat penyebab kanker

Beberapa kandungan makanan yang ada di junk food seperti MSG ataupun bahan pengawet menjadi salah satu perusak organ dan pemicu munculnya kanker. Oleh karena itu, juga perlu mengkonsumsi makanan sehat sebagai penyeimbang.

#2 Kurang olahraga

Ini juga salah satu pola hidup tidak sehat yang seringkali meningkatkan risiko seseorang terkena beragam penyakit, termasuk kanker.

Diusahakan bagi seseorang untuk melakukan olahraga secara rutin, setidaknya seminggu sekali atau dua kali selama 1-2 jam agar tubuh dapat mengeluarkan racun.

#3 Pola tidur tidak sehat

Aktivitas tidur yang tidak sehat, seperti kurangnya jam tidur juga menjadi pemicu munculnya kanker dalam tubuh.

Tidur bisa membantu untuk menghilangkan berbagai racun di dalam tubuh kita. Jika seseorang kurang tidur, maka potensi untuk mengeluarkan racun juga akan berkurang.

Racun-racun dalam tubuh ini yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.

#4 Mengkonsumsi minuman beralkohol

Mengapa alkohol dilarang untuk dikonsumsi? Salah satu alasannya adalah karena minuman ini tidak baik untuk kesehatan karena dapat merusak organ-organ di dalam tubuh.

Selain itu, beberapa kandungan bahan dalam alkohol dapat memicu munculnya sel kanker.

#5 Mengkonsumsi gula berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk mengkonsumsi gula yang berlebihan. Hal ini akan menyebabkan kadar gula darah dan hormon insulin naik.

Jika insulin terus naik tanpa terkendali, maka menjadi penyebab sel kanker berkembang biak dengan cepat.

#6 Kondisi obesitas

Obesitas terjadi karena pola makan yang buruk pada seseorang. Jika kadar lemak dalam tubuh naik, maka sel kanker akan lebih mudah untuk muncul.

Bagi Anda penderita obesitas sangat disarankan untuk melakukan diet sehat.

Itulah beberapa pola hidup tidak sehat yang seringkali menjadi pemicu munculnya sel kanker pada tubuh seseorang. Yuk, mulai sekarang biasakan untuk hidup sehat agar terhindar dari beragam penyakit!

Loading...