Resep Rendang Jengkol Enak, Tertarik Membuatnya?

0 221

Jika berbicara tentang jengkol, apakah Anda salah satu penggemar setia makanan satu ini? Baunya yang sangat menyengat menjadikan beberapa orang tak menyukainya. Tetapi, fans sejatinya tidaklah sedikit. Dan, resep rendang jengkol ini bisa jadi incaran bagi penggemarnya.

Bagi para penggemar jengkol, bau yang tak sedap tak menjadi masalah karena rasanya yang nikmat. Untuk Anda yang ingin mengolah resep rendang jengkol ini, harus butuh kesabaran dan strategi supaya menghasilkan masakan rendang jengkol yang tidak bau, empuk, dan enak.

Trik dibutuhkan untuk menghilangkan bau jengkol yang menyengat, dan dibutuhkan cara tepat untuk memasaknya. Bagaimana caranya?

Trik pertama adalah dengan menggunakan irisan daun jeruk yang dicampurkan pada rebusan jengkol sebelum dimasak lebih lanjut. Trik ini ampuh untuk menghilangkan aroma jengkol yang begitu menyengat.

Ada tips lainnya untuk menghilangkan bau jengkol saat dimasak, yaitu jengkol direndam terlebih dahulu ke dalam air kapur selama kurang lebih 1 malam.

Dengan merendam jengkol ke dalam kapur, mampu menetralisir aroma jengkol yang menyengat dengan tidak mengurangi sedikitpun lezatnya jengkol tersebut.

Setelah mengetahui trik dan tips mengolah jengkol sebelum dimasak, yuk simak resep rendang jengkol berikut ini.

Siapkan terlebih dahulu beberapa bahan utama dalam membuat resep rendang jengkol, diantaranya:

  • Jahe dimemarkan, 1 ruas jari
  • Jengkol direndam dalam air kapur seperti trik di atas, ½ kilogram
  • Daun salam, 2 lembar
  • Air, ¼ liter
  • Santan kental (dari ½ butir kelapa), ½ liter
  • Garam, penyedap rasa, dan gula, secukupnya
  • Serai dimemarkan, 1 batang
  • Minyak goreng, secukupnya

Setelah menyiapkan bahan utama di atas, siapkan juga beberapa bahan untuk bumbu halus di bawah ini.

  • Kunyit dibakar, 1 ruas jari
  • Bawang putih, 6 siung
  • Kemiri disangrai, 4 buah
  • Bawang merah, 10 siung
  • Cabai merah dibuang bijinya, 5 buah

Tak lupa siapkan juga beberapa bahan pelengkap seperti dalam daftar berikut ini.

  • Tumis kangkung
  • Bawang goreng yang digunakan untuk taburan

Setelah menyiapkan semua bahan utama, bumbu halus, dan pelengkap, kini saatnya mulai mengolah resep rendang jengkol. Berikut ini cara membuat rendang jengkol step by step:

Yang pertama dilakukan adalah setelah merendam jengkol selama semalam, lalu rebus jengkol tersebut setengah matang atau hingga empuk. Angkat dan ditiriskan.

Selanjutnya adalah mememarkan jengkol satu demi satu hingga terlihat agak pipih / gepeng. Tetapi, yang perlu diingat jangan sampai hancur. Cara ini dilakukan supaya bumbu bisa meresap ke dalam jengkol tersebut.

Langkah berikutnya, minyak goreng dipanaskan dan tumis semua bumbu halus disertai jahe, serai, daun salam hingga matang dan beraroma wangi.

resep rendang jengkol enak dan empuk
Resep rendang jengkol enak dan empuk

Sambil terus ditumis, masukkan perlahan jengkol dengan terus diaduk-aduk. Masukkan juga air dan masak kembali hingga jengkol menjadi empuk.

Kini saatnya untuk memasukkan santan kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya, sedikit demi sedikit. Terus sambil diaduk-aduk dengan tujuan supaya santan tidak pecah.

Untuk langkah terakhir, tambahkan penyedap rasa, garam, dan gula sambil sesekali diaduk-aduk perlahan. Dan masak hingga semua bumbu meresap dan mengental. Angkat.

Resep rendang jengkol yang empuk, enak dan tidak bau sudah siap untuk dihidangkan. Jangan lupa menaburkan bawang goreng di atasnya.

Resep rendang jengkol sudah selesai diolah. Anda pun bisa menikmati masakan ini dengan tumis kangkung atau berbagai aneka masakan yang dibuat dari ikan asin.

Rasa dan empuknya jengkol tidak kalah dengan rendang daging. Ini sebagai alternatif jika daging sedang mahal. Jika dalam resep rendang jengkol di atas terasa kurang pedas, bisa ditambahkan cabai rawit sesuai dengan selera.

Referensi Tambahan:

www.infooresep.com

Loading...