Goyang Lidah Rujak Khas Malang, Wisata Kuliner Malang yang Uenak Tenan!

0 952

– Wisata Kuliner Malang – Kalau liburan panjang, paling enak memang berpetualang di kota-kota wisata yang memiliki banyak tempat untuk dikunjungi. Kali ini, kita akan jalan-jalan ke salah satu kota wisata di Jawa Timur, yang memang sudah dikenal luas oleh para traveler, Malang.

Kalo kamu pernah ke kota ini, atau bahkan pernah tinggal di kota ini, gak salah kalo memang Malang salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Timur. Bagaimana tidak, Malang menawarkan beragam tempat wisata yang masih cantik nan indah untuk dikunjungi.

Tak hanya menyimpan pesona wisata dari sisi keindahan alam, ternyata juga menyimpan pesona wisata kuliner Malang yang tak kalah menariknya untuk dinikmati.

Kali ini, wisata kuliner Malang mencoba menggali salah satu makanan khas Jawa Timur yang rasanya campur aduk, manis, asam, pedas, yaitu Rujak Malang.

Pernah nyoba makanan yang satu ini? Kalo belum, kamu harus mencobanya! Dijamin bakal ketagihan deh. Rujak Malang sangat khas dengan bumbu petisnya yang bikin lidahmu goyang tanpa henti. Petis udang plus petis asin Madura menjadi bumbu pokok dari rujak Malang.

Dengan tambahan kacang, sayur-sayuran, tahu, tempe, dan cingur, menjadikan rujak petis Malang sulit untuk dilupakan kelezatannya. Serunya lagi, wisata kuliner Malang yang menawarkan rujak petis ini tersebar di seantero kota dan kabupaten Malang.

Dan beberapa diantaranya menjadi favorit para traveler maupun warga lokal, karena ciri khas dari citarasa rujaknya tak terkalahkan oleh kuliner-kuliner lainnya.

Mana saja tempat wisata kuliner Malang yang menawarkan suguhan rujak petis / rujak cingur / rujak khas Malang ini? Yuk kita jelajahi bersama!

1. Rujak Cingur Sumba Pojok

Wisata kuliner Malang: Rujak Cingur Sumba Pojok menawarkan cingur (kikil) yang begitu melimpah..!
Wisata kuliner Malang: Rujak Cingur Sumba Pojok menawarkan cingur (kikil) yang begitu melimpah..!

Spot wisata kuliner Malang yang pertama memang pas kalo dinobatkan ke tempat yang satu ini. Terletak di Jl. Sumba, depan rumah sakit Katholik (atau yang lebih dikenal oleh warga lokal sebagai RKZ), menjadi incaran para pecinta kuliner.

Betapa tidak, di warung yang terbilang cukup sederhana ini, ternyata pemiliknya telah berdagang selama kurang lebih 45 tahun lho!! WOW, sungguh fantastis! Berarti si ibu memang seorang master Chef spesialisasi rujak cingur.

Rujak cingur yang ditawarkan pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rujak cingur lainnya. Ada isi tauge, sayur kangkung, tahu, tempe, dan mentimun. Isi tersebut diulek bersama dengan bumbu kacang, garam, cabe, dan tentu saja petis udang, plus petis asin asal Madura.

Yang menjadikan warung rujak cingur ini menjadi salah satu wisata kuliner Malang top adalah irisan cingur (kikil) yang sangat melimpah, menjadikan para pemburu kuliner terpuaskan ketika berkunjung ke warung sederhana ini. Harga per porsinya pun terbilang murah, sekitar Rp 15.000 saja.

2. Rujak Trubus Malang

Rujak Trubus, salah satu favorit wisata kuliner Malang.
Rujak Trubus, salah satu favorit wisata kuliner Malang.

Tak mau kalah dengan warung sebelumnya, Rujak Trubus yang berlokasi di jalan sukoraharjo kepanjen malang (tepatnya sebelah utara SMP 3 Kepanjen), ini juga layak untuk menjadi incaran para pemburu kuliner.

Apa yang menjadikan rujak Trubus ini spesial? Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, warung rujak yang satu ini juga menawarkan rujak cingur dengan irisan cingurnya tebal-tebal. Bumbu rujak juga pas dengan lidah semua orang.

Untuk menikmati lezatnya rujak cingur Trubus, kamu cukup merogoh kocek Rp 6.500 saja! Dengan harga yang tidak terlampau mahal, hasrat dirimu dalam menyantap rujak pun kesampaian.

3. Rujak Mbeji

Rujak mBeji memang sudah cukup terkenal bagi para Ngalamers. Betapa tidak, suguhan rujak cingur dengan bumbu kacang & petis yang kental, sangat melekat di mulut, sensasi rasanya tak akan hilang selama berhari-hari.

Memang, rujak cingur Mbeji ini disajikan tak jauh berbeda dengan rujak cingur lainnya, yaitu dengan campuran sayur kangkung, tauge, tempe, tahu, serta cingur sapi plus lontong atau nasi.

Yang membuatnya spesial adalah lokasi tempat rujak cingur Mbeji ini. Selain menyantap lezatnya rujak, kamu juga dimanjakan dengan panorama alam pegunungan yang menyejukkan.

Selain itu, di depot ini juga tersedia kolam pemancingan yang kamu bisa manfaatkan untuk menangkap ikan dan kemudian diolah menjadi ikan bakar. Pokoknya, begitu kamu masuk ke depot ini, pasti kamu akan betah berjam-jam dan memesan berbagai menu masakan.

4. Rujak Cingur Bu Riyati

Rujak cingur Bu Riyati, salah satu destinasi wisata kuliner Malang yang menjadi incaran.
Rujak cingur Bu Riyati, salah satu destinasi wisata kuliner Malang yang menjadi incaran.

Masih berkeliling dengan wisata kuliner Malang, maka tak ada salahnya untuk mampir ke warung rujak yang satu ini, Rujak Cingur Bu Riyati. Warung rujak cingur ini berlokasi di sekitar Jl. M. M. Panjaitan No 15, Malang, bagi Ngalamers sudah tak asing lagi.

Dengan sajian rujak cingur dengan bungkus daun pisang, menjadikan citarasa rujak cingurnya lebih terasa sedap dan tak sanggup menolaknya. Harga per porsi pun terbilang cukup murah, sekitar Rp 6.000 hingga Rp 7.000, sanggup menjadi mood booster kamu di siang hari.

Tak hanya menawarkan rujak, warung Bu Riyati juga menjual aneka minuman dan jus untuk pelengkap menu utama.

5. Rujak Cingur Mak Sud Bangkon

Wisata kuliner Malang, Rujak Cingur Mak Sud Bangkon
Wisata kuliner Malang, Rujak Cingur Mak Sud Bangkon

Wisata kuliner Malang selanjutnya akan mencoba menu rujak cingur Mak Sud Bangkon. Ini adalah satu rujak cingur dengan citarasa kuno. Maklum, penjual dari rujak ini, seorang ibu yang memang sudah berusia senja.

Berlokasi di desa Bangkon, Pendem, Batu, tepatnya ada di wilayah dekat jembatan Pendem (dekat perempatan Pusdik Arhanud). Sampai di perempatan tersebut, belok kanan dan lurus terus hingga menemukan sungai, lalu belok kanan lagi.

Lokasi penjual rujak ini di dekat itu. Tetapi, jangan sampai salah warung, karena disana memang ada 2 penjual rujak, untuk Mak Sud di warung yang kedua. Memiliki warung yang ada di teras rumah, dengan nuansa pedesaan, maka buat kamu petualang kuliner tak salah untuk mencobanya.

Referensi: AyoJajan.com , Travelingyuk.com

Loading...