Jatik.com
to Inspire. be Social.

Sepeda Cetak 3D Pertama yang Dijanjikan Akan Menggantikan Titanium

Berbahan termoplastik akankah sepeda cetak 3D ini sekuat Titanium?

0 55

Sepeda besutan Arevo Inc ini disebut-sebut sebagai sepeda berteknologi tinggi, dalam artian sepeda yang menggunakan teknologi dan software cetak 3D. Dipuji sebagai sepeda cetak 3D pertama yang proses pembuatannya benar-benar dicetak seutuhnya.

Perusahaan manufaktur aditif yang berbasiskan di Bay Area San Fransisco, AS ini menggunakan teknologi cetak 3D tingkat tinggi untuk membuat sepeda berfungsi penuh dan dapat digunakan.

Hal ini membuktikan bahwa bahan termoplastik, pemanasan laser, dan robot 3D dalam proses pencetakannya dapat digunakan untuk mengganti bagian logam untuk pesawat terbang, jet tempur, alat elektronik, dan sebagainya.

Pada dasarnya, pencetakan tiga dimensi tidak hanya seputar mencetak patung-patung plastik lagi. Bingkai sepeda cetak 3D ini dibuat utuh dan bagian lain dari sepeda dapat di-print dengan teknologi 3D juga.

Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk membuat sepeda cetak 3D. Waktu yang jauh lebih cepat daripada metode padat tenaga kerja biasa yang menyatukan potongan-potongan serat karbon.

Pembuatan Sepeda Cetak 3D Arevo

Proses pembuatan menggunakan lengan robot dan spinning table yang menggunakan laser dalam memanaskan bahan termoplastik yang membentuknya menjadi sepeda unik.

Desain untuk sepeda (dan objek lainnya) diinput melalui software yang kemudian “mengaktifkan” robot dalam melakukan tugasnya.

teknologi cetak 3D Avero

Bentuk sepeda dapat disesuaikan dengan ukuran yang berbeda-beda dapat dengan mudah diciptakan dengan menggunakan metode ini.

Saat memamerkan sepeda cetak 3D minggu ini, CEO baru Arevo Jim Miller, yang bergabung dengan perusahaan itu beberapa bulan yang lalu dari Google dan Amazon, menjelaskan bahwa Arevo bukanlah pembuat sepeda. Arevo Inc menawarkan cara bagaimana perangkat lunak dan teknologi perusahaan bekerja.

Sebelumnya, beragam kendaraan yang eye-catching dirancang dengan Studio West, Arevo kemudian bekerja dengan produsen sepeda dalam menggunakan bingkai untuk lini produk baru.

teknologi sepeda cetak 3d arevo
Sepeda Arevo yang dicetak dengan teknologi cetak 3D. Kredit Gambar: SASHA LEKACH/MASHABLE

Teknologi Arevo akan menghasilkan ratusan sepeda berteknologi tinggi, tetapi Anda tidak akan membelinya langsung dari Arevo. Miller mengharapkan sepeda akan tersedia pada tahun depan. Hal ini bergantung pada kerjasama dengan perusahaan mana dalam memproduksi sepeda tersebut.

Miller juga bersemangat tentang material yang lebih kuat dari titanium dan sangat sulit untuk dihancurkan. Hal tersebut memaksa saya untuk benar-benar mendorong sepeda tersebut – dan tidak bergerak. Sepeda ini juga dapat didaur ulang dan dibuat dari bahan-bahan tidak beracun, yang merupakan poin terpenting bagi Miller. Dia mencatat bahwa frame menggunakan bahan yang sama, polyether ether ketone, yang dikenal sebagai polimer peek, digunakan dalam penggantian tulang belakang.

Loading...
Sumber www.mashable.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.