Serunya Kerlap-kerlip Permainan di Pasar Malam, Nostalgia ah!

0 573

Ada yang pernah ke pasar malam? Pasti seru khan..Pasar malam, biasanya hadir di momen-momen tertentu aja. Kalo menjelang bulan ramadhan, atau setelah hari raya, pasar malam akan hadir di area terbuka. Setiap waktu, pasar malam akan pindah ke berbagai lokasi. Tapi, sekarang, di kota-kota besar pasar malam sudah mulai jarang muncul. Mungkin, kalah bersaing dengan mall-mall yang juga menawarkan wahana permainan, atau bisa juga ruang terbuka seperti lapangan yang sudah mulai tergusur. Yang pasti, keseruan permainan di pasar malam tidak dapat tergantikan oleh permainan apapun. Yuk, kita bernostalgia dengan permainan-permainan di pasar malam…

Putar-putar dengan komedi putar

komedi_putar

Sumber Gambar: sosbud.kompasiana.com

Permainan yang satu ini pasti wajib hadir di setiap pasar malam. Komedi putar biasanya dimainkan oleh anak-anak kecil. Berbentuk lingkaran. Ada bentuk kuda-kudaan, bebek-bebekan, jerapah dll. Biasanya diputar sambil diiringi musik. Setiap satu sesi permainan berlangsung antara 10-15 menit. Harga tiketnya pun bervariasi antara Rp 5.000 – Rp 10.000.

Kereta api..tuutt..tuutt..

kereta_api_pasar_malam

Sumber Gambar: martadewa.wordpress.com

Permainan ini buat anak kecil dan balita. Permainan kereta api dengan rel yang berputar bisa menyenangkan bagi anak kecil. Dengan diiringi musik anak-anak, naek kereta sambil bernyanyi. la..la..la…

Mama,, dedek mau naek odong-odong

odong_odong

Sumber Gambar: eatinguntildiee.blogspot.com

Ya..odong-odong ini pasti ada di pasar malam untuk memanjakan anak-anak kecil. Berbentuk kuda, bebek, zebra, dll. Anak kecil bisa bermain di odong-odong seperti merasakan naik kuda beneran. Digoyang naek turun, perlahan-lahan. Sambil diiringi musik anak-anak. Membuat anak kecil semakin ceria.

Sensasi diterjang ombak dengan ombak air

ombak_air_pasar_malam

Sumber Gambar: diarykyumasuju.blogspot.com

Permainan ini juga berbentuk lingkaran. Hanya saja, ombak air tidak ada kuda-kuda, hanya lingkaran berbentuk papan, yang kemudian diputar secara perlahan-lahan, kemudian semakin kencang naek turun. Sensasi naik turunnya ini seperti ketika sedang di atas kapal laut ketika diterjang ombak. Maka dari itu, disebut ombak air. Jika kamu memiliki penyakit jantung, tidak disarankan ‘tuk naek permainan ini. Harga karcis juga bervariasi dari 5ribu hingga 10ribu rupiah.

Kora-kora tidak kalah seru..

kora-kora-pasar-malam

Sumber Gambar: damarsaloka.com

Mainan kora-kora ini berbentuk seperti perahu pelaut Indonesia di zaman penjajahan dahulu. Cara memainkannya dengan didorong maju dan mundur hingga batas kecepatan tertentu, mirip ayunan lah. Permainan ini, membuat jantung juga deg-deg seeer..Pokoknya seru deh.

Kincir raksasa, raja permainan pasar malam malam

kincir_raksasa_bianglala

Sumber Gambar: travellie.com

Bentuk permainan sangat besar hingga sangat terlihat dari kejauhan. Biasa disebut juga bianglala. Berbentuk lingkaran, dengan terdapat kursi duduk untuk 4 orang. Dihiasi dengan lampu-lampu kerlap-kerlip, semakin menyemarakkan permainan ini. Kamu bisa melihat pasar malam secara keseluruhan ketika posisi kamu sedang berada di atas. Mainkan ini bersama teman-teman atau keluargamu.

Temukan atraksi Riders handal di Tong Setan

tong_setan_pasar_malam

Sumber Gambar: geonation.org

Meskipun disebut tong setan, tapi disini tidak ada hantunya lho. Di permainan ini, kamu bisa menonton aksi para riders kereen yang mengendarai sepeda motor trail, berputar-putar di dalam tong besar ini. Kehandalan riders tersebut, pasti akan membuatmu tergeleng-geleng kagum, karena bagaimana bisa motor bisa berputar-putar 360 derajat dan tidak jatuh.

Oh… seraaaam….. serasa di rumah hantu…

rumah_hantu_pasar_malam

Sumber Gambar: ceritanyaberita.wordpress.com

Ya, kamu bisa menantang adrenalin dengan masuk ke rumah hantu ini. Di rumah hantu, kamu bisa menemukan berbagai macam variasi hantu dari pocong, genderuwo, tuyul, tengkorak, drakula, dll. Kalo kamu parno dengan hantu, sebaiknya tidak masuk ke rumah hantu ini. Kecuali memang kamu penasaran tingkat tinggi.

Permainan ketangkasan lempar bola atau lempar karet juga seru lho..

lempar_bola_pasar_malam

Sumber Gambar: usberstop.wordpress.com

Permainan lempar bola biasanya dimainkan dengan melempar bola kecil hingga mengenai salah satu hadiah. Di papan, dipasang paku-paku yang menghalangi bola tadi. Arah bola tergantung pada pantulan di paku-paku tersebut. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik. Sedangkan lempar karet, biasanya dilakukan dengan melempar karet gelang pada botol dengan jarak tertentu. Jika kamu berhasil memasukkan karet tersebut ke botol, maka kamu akan mendapatkan hadiah.

Itu beberapa permainan seru di pasar malam yang membuat kita selalu kangen dengan kehadirannya. Kalo permainan favoritmu apa ya?

Loading...