Jatik.com
to Inspire. be Social.

Hamil Gak ya? Ini 15 Tanda Tanda Kehamilan yang Perlu Kamu Ketahui

0 152

[nextpage title=”Tanda Tanda Kehamilan” ]

Pertanyaan tentang tanda tanda kehamilan seringkali muncul bagi banyak wanita.

Apakah saat ini kamu kebingungan hamil atau tidak? Bagi pasangan suami istri yang baru menikah, tentu prosesi kehamilan ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu, walaupun banyak pasangan muda yang lebih memilih untuk menunda memiliki anak. Tetapi, bagi pasangan yang belum menikah, kehamilan merupakan “bencana” yang datang. Pasangan muda seringkali kebingungan bagaimana tanda tanda kehamilan yang sebenarnya. Bahkan, meskipun menggunakan testpack, masih saja ada keraguan apakah sudah hamil atau belum.

Begitu banyaknya pasangan muda yang ingin mengetahui tanda tanda kehamilan untuk lebih meyakinkan sehingga mencari berbagai informasi. Lalu seperti apakah sebenarnya tanda tanda kehamilan pada wanita itu? Untuk membantu kamu menyediakan informasi dan menghilangkan rasa penasaran kamu, Jatik.com akan memberikan 15 tanda tanda kehamilan yang umumnya terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Sumber Gambar: planetsehat.com
Sumber Gambar: planetsehat.com

#1 Payudara mulai membesar dan lebih sensitif

Tanda tanda kehamilan yang pertama dan paling mudah terlihat adalah perubahan pada payudara wanita. Payudara kamu akan semakin terlihat membesar karena berproses untuk pengisian ASI. Selain membesar, payudara akan menjadi sangat sensitif dan lembut di bulan-bulan awal kehamilan, bahkan terkadang seringkali terjadi nyeri atau kesemutan. Menurut pakar laktasi, gejala ini umum terjadi tetapi mungkin tidak semua wanita mengalaminya, terutama bagi yang menggunakan pil KB. Selain pembesaran payudara, tanda lainnya adalah perubahan warna di area aerola (sekitar puting) menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

#2 Seringnya buang air kecil

Perubahan selanjutnya sebagai tanda tanda kehamilan adalah frekuensi buang air kecil meningkat. Ini disebabkan oleh tumbuhnya janin akan terus menekan kandung kemih sehingga kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi oleh urine. Buat kamu yang sering mengalami ini, jangan khawatir, ini hal yang wajar terjadi.

#3 Adanya perubahan bentuk tubuh di beberapa area

Girls, bagi wanita yang mengalami gejala kehamilan, biasanya sangat terlihat perubahan bentuk tubuh terutama di area perut dan payudara yang semakin membesar. Selain itu, pembesaran juga mulai tampak di bagian tubuh lainnya, seperti paha, pantat, lengan. So, buat kamu siap-siap saja berat badanmu akan terus bertambah.

#4 Terlambat datang bulan (Haid)

Sumber Gambar: gambar10.blogspot.com
Sumber Gambar: gambar10.blogspot.com

Ini adalah gejala yang paling jelas terjadi pada ibu hamil. Sebagian besar, wanita yang terindikasi mengalami kehamilan, pasti terlambat haid. Tetapi, gejala ini juga bisa terjadi pada wanita yang tidak hamil. Terlambat haid juga bisa disebabkan oleh gangguan hormon, diet, atau stress.

#5 Seringkali mual-mual (Morning Sickness)

Tanda tanda kehamilan selanjutnya adalah seringnya mual-mual melanda. Ini wajar terjadi karena disebabkan oleh hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang terus meningkat. Meningkatnya hormon tersebut menyebabkan efek nyeri pada lapisan perut sehingga terjadi mual-mual. Biasanya, gejala mual ini perlahan akan menghilang pada trimester kedua kehamilan. Tetapi, ada juga yang terus mengalami hingga usia kandungan 9 bulan. Selain mual, ibu hamil biasanya juga sensitif terhadap bau-bau tertentu. Hal ini terjadi, agar ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan yang sembarangan, sehingga janin terlindungi dari racun yang tidak diinginkan.

[/nextpage]

[nextpage title=”Tanda Hamil No.6 – No.11″ ]

#6 Mudah sekali letih dan lelah

Sumber Gambar: gov7.net
Sumber Gambar: gov7.net

Tanda tanda kehamilan yang lainnya adalah kamu akan semakin sering merasa letih dan lelah. Ini terjadi karena penyesuaian tubuhmu dengan keberadaan janin baru. Meningkatnya kadar hormon progesteron mungkin juga terkait gejala lelah ini. Selain itu, tekanan darah dan kadar gula darah mulai menurun sehingga tubuhmu akan mudah lelah.

#7 Adanya flek atau bercak darah

Nih girls,,harus sedikit diperhatikan tentang adanya bercak darah yang muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Biasanya sih terjadi sekitar 8-10 hari setelah terjadi ovulasi. Penyebab terjadinya bercak darah ini karena implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Ini salah satu tanda tanda kehamilan lho, bukan hanya sekedar menstruasi biasa.

#8 Banyak mengalami perubahan mood

Nah, kalau yang satu ini tanda tanda kehamilan yang dilihat dari gejala perubahan psikologismu. Kamu bisa aja dalam satu waktu berubah-ubah mood nya, kadang kesel, marah, bahagia, dll. Hal ini wajar kok girls.. Perubahan mood yang terjadi disebabkan oleh perubahan hormon yang drastis dalam tubuhmu sehingga perlu penyesuaian diri.

#9 Kamu mengalami pusing / sakit kepala

Sumber Gambar: novisokkia.com
Sumber Gambar: novisokkia.com

Tanda tanda kehamilan selanjutnya adalah kamu akan lebih sering mengalami gangguan pusing dan sakit kepala. Gangguan ini disebabkan oleh faktor fisik dan psikis. Faktor fisik karena kehadiran mual, lelah, tekanan darah rendah, sedangkan faktor psikis karena rasa tegang dan depresi.

#10 Bisa juga terjadi gejala sembelit atau susah BAB

Girls, buat kamu yang mengalami gejala sembelit padahal sebelumnya tidak pernah, mungkin saja itu tanda tanda kehamilan. Sembelit terjadi karena hormon progesteron yang berfungsi mengendurkan otot-otot rahim sehingga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus. Pengenduran inilah penyebab terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

#11 Mengalami gejala kram perut

Girls, kalau kamu mulai mengalami seringnya kram perut, bisa jadi itu salah satu tanda tanda kehamilan lho. Kram perut muncul secara rutin hingga trimester kedua hingga letak uterus berada di tengah dan disangga oleh panggul.

[/nextpage]

[nextpage title=”Tanda Hamil No.12 – No.15″ ]

#12 Kamu lebih sering meludah (hipersalivasi)

Tanda tanda kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua.

#13 Mulai terasa nyeri di punggung

Sumber Gambar: www.fokusinfo.net
Sumber Gambar: www.fokusinfo.net

Buat kamu yang sebelumnya tidak pernah merasakan nyeri di punggung, kini ada, maka ini juga salah satu tanda tanda kehamilan lho. Gangguan rasa nyeri ini akan terus ada hingga kamu melahirkan bayimu.

#14 Suhu basal tubuh naik

Tanda tanda kehamilan selanjutnya adalah terjadinya peningkatan temperatur basal tubuh. Ini akan terjadi selama kehamilan. Temperatur tubuh akan turun setelah kamu melahirkan.

#15 Positif tes kehamilan melalui testpack

Setelah tanda kehamilan sebelumnya, lalu kamu penasaran dan melakukan test kehamilan dengan testpack atau bisa juga tanpa testpack, dan hasilnya positif. Ini baru praduga awal. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat sangat disarankan kamu pergi ke dokter atau bidan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan.

Gejala tanda tanda kehamilan di atas, biasanya terjadi pada kehamilan muda. Tetapi, gejala-gejala tersebut bisa saja tidak terjadi pada dirimu yang masih bertanya-tanya, hamil atau gak. Untuk menemukan jawaban lebih pasti, segera periksakan kandunganmu ke bidan atau dokter terdekat.

[/nextpage]

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.