Cara Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

0 163

Kondisi cuaca yang seringkali tak menentu ini, bisa jadi akan membuat badan menjadi drop. Terlebih lagi pada anak-anak yang akan lebih mudah sakit, dan salah satunya demam. Bagaimana cara menurunkan demam pada anak dengan alami? Bunda perlu mengetahuinya.

Bunda tentu akan merasa khawatir jika kondisi fisik dari anak-anak dan anggota keluarga menjadi drop. Keceriaan tak lagi hadir di dalam keluarga apabila banyak yang sakit demam.

Kondisi tubuh anak kita menjadi tidak stabil sehingga penyakit demam bisa mengancam kapanpun juga.

Sebelum ancaman penyakit demam tersebut menghampiri, alangkah baiknya jika melakukan pencegahan terlebih dahulu. Karena mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.

Sebelum mengetahui cara menurunkan demam pada anak, berikut ini cara mencegah demam pada anak dan juga anggota keluarga yang lain.

1. Banyak mengkonsumsi air putih

Meminum air putih sangat direkomendasikan dan bagus untuk memenuhi kecukupan cairan di dalam tubuh. Ini akan menghindari terjadinya dehidrasi dalam tubuh kita. Penyakit demam pun akan tidak mudah datang ke tubuh yang dalam kondisi bugar.

2. Mengkonsumsi vitamin C

Cara mencegah demam pada anak lainnya adalah dengan memberikan vitamin C kepada anak-anak. Vitamin C bisa didapatkan dari sari buah alami, atau dengan mengkonsumsi produk yang dijual di pasaran.

Vitamin C sangat bagus dalam memperkuat sistem imunitas tubuh karena terkandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya demam dan berbagai penyakit lainnya.

3. Mengkonsumi teh / jahe / madu hangat

Cara pencegahan lainnya terhadap demam adalah dengan mengkonsumsi minuman teh / madu / jahe hangat yang akan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, di dalam madu / teh / jahe juga terkandung antioksidan yang cukup untuk mencegah terjadinya demam pada anak.

4. Mandi air hangat

Agar tubuh lebih rileks dan menjaga suhu tubuh, disarankan untuk mandi air hangat. Karena badan yang rileks, maka penyakit tidak mudah datang menghampiri. Selain membuat rileks, mandi air hangat juga dipercaya dapat menghilangkan berbagai bakteri yang melekat di tubuh.

Itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah anak-anak dan juga anggota keluarga lain terkena demam. Tetapi, terkadang kita sudah berusaha memaksimalkan pencegahan, ada saatnya memang tubuh melemah dan demam menghampiri.

Jika anak-anak dan anggota keluarga lain sudah terkenan demam, maka lakukan tindakan penanganan segera. Yaitu dengan memberikan pengobatan agar demam anak Anda tidak terlalu lama.

Cara paling praktis untuk mengatasi demam anak adalah membeli langsung obat penurun demam yang telah banyak dijual di apotik-apotik terdekat.

Obat-obatan ini memang sudah teruji secara klinis mampu menghilangkan demam pada anak-anak kita. Tetapi, ada kalanya kita sedang berada pada kondisi tidak bisa membeli obat-obatan di apotik tersebut.

Maka, kita harus berusaha mencari alternatif pengobatan untuk mengatasi anak demam. Setidaknya, obat-obatan herbal atau alami menjadi salah satu cara menurunkan deman pada anak yang bisa dicoba.

Obat-obatan herbal atau alami ini bisa didapatkan dengan mudah di dapur karena menggunakan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk memasak.

Berikut ini beberapa contoh bahan alami yang biasa digunakan sebagai cara menurunkan demam pada anak.

1. Bawang merah

Cara menurunkan demam pada anak yang pertama adalah dengan menggunakan bahan alami bawang merah. Kandungan di dalam bawang merah dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan anak-anak.

Kandungan itu berupa floroglusin, sikloaliin metilaliin, minyak atsiri, dan kuersetetin. Lalu, bagaimana cara menurunkan demam pada anak menggunakan bawang merah? Mudah saja.

Iris tipis atau parut bawang merah kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya. Berikutnya, balurkan campuran bahan alami pada beberapa bagian tubuh anak, yaitu punggung, dada dan juga jidat.

2. Menggunakan kunyit

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk cara mengatasi demam pada anak adalah dengan menggunakan kunyit.

Di dalam kunyit terkandung beberapa bahan seperti curcumin, turmeron, minyak atsiri dan zingiberen. Kandungan tersebut biasanya berfungsi untuk anti oksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri.

Cara menurunkan demam pada anak secara alami

Lalu bagaimana cara menghilangkan demam dengan menggunakan kunyit? Tak terlalu sulit kok.

Ambil 1 ruas jari kunyit dan parut. Lalu, campurkan dengan segelas air panas dan dinginkan. Kemudian, campuran tersebut disaring menggunakan saringan atau kain tipis. Tambahkan madu atau jeruk nipis. Kemudian, minumkan pada anak Anda yang terkena demam.

3. Sari temulawak

Cara menurunkan demam pada anak juga bisa menggunakan bahan alami temulawak. Di dalam temulawak terkandung beberapa bahan seperti alpha betha curcumena, zat aktif germacrene, dan xanthorhizol.

Kandungan ini dapat berfungsi sebagai anti inflamasi dan antibiotik. Untuk menurunkan demam pada anak menggunakan temulawak, sangat mudah caranya.

Ambil temulawak seukuran 1 ruas jari dan campurkan dengan ½ gelas air. Lalu, peras dan saring bahan tersebut. Setelah itu, minumkan bahan alami ini kepada anak yang terkena demam. Bisa juga ditambahkan madu secukupnya untuk pemanis.

Beberapa cara mencegah demam pada anak dan juga anggota keluarga lainnya bisa langsung dipraktekkan di keluarga Anda.

Jika sudah mulai terkena demam, maka beberapa cara menurunkan demam pada anak dengan bahan alami di atas, juga bisa menjadi alternatif.

Tetapi, yang perlu diingat, cara di atas hanya sebagai alternatif. Jika demam pada anak tidak kunjung sembuh lebih dari 2-3 hari, maka segera lakukan pemeriksaan medis ke dokter atau bidan terdekat.

Loading...