Sempatkan Waktu Min. 30 Menit untuk Tidur Siang, dan Rasakan Manfaatnya!

0 189

[nextpage title=”Manfaat Tidur Siang” ]

Pernahkah kamu mencoba untuk tidur siang di sela-sela aktivitasmu? Minimal setengah jam saja sempatkan waktu untuk tidur siang, dan lakukan secara rutin, maka kamu akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan psikismu. Tidak percaya? Mari kita tengok apa yang sudah diterapkan di negara China tentang istirahat siang ini.

Apa yang dilakukan oleh salah satu perusahaan besar di China ini, mungkin patut dicontoh oleh berbagai institusi lainnya. Perusahaan yang berlokasi di Guangdong China sudah menerapkan sebuah aturan untuk meningkatkan produktivitas para pekerjanya, yakni mewajibkan pekerjanya untuk tidur siang selama 30 menit setiap hari setelah makan siang. Aturan tersebut ternyata sangat disambut dengan baik oleh pekerjanya, juga pemilik perusahaan itu sendiri bahkan pemerintah China.

Selain mengizinkan karyawannya untuk istirahat siang selama 30 menit, perusahaan ini juga memberikan fasilitas pendukung bagi para pekerjanya seperti asrama, renovasi ruang makan, area rekreasi untuk bermain tenis meja, pendidikan bagi anak-anak, air bersih bagi pekerja, dan kenaikan gaji berkala.

Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com

Belajar dari Perusahaan Besar di China:

  • Karyawan pabrik Cina diizinkan 30 menit istirahat siang setiap hari setelah makan siang

  • Klaim pemerintah tidur siang aturan telah mendorong produktivitas sebesar 30 persen

  • Ini adalah salah satu dari banyak aturan untuk memiliki jauh lebih baik kondisi pabrik bekerja

Perubahan budaya di perusahaan ini sungguh memberikan dampak yang sangat baik, peningkatan produktivitas secara besar-besaran, sehingga meningkatkan omzet perusahaan tersebut sejak tahun 2005. Bos perusahaan tersebut mengklaim bahwa memang budaya ini sangat bermanfaat dan sudah terbukti meningkatkan produktivitas para pekerjanya. Budaya ini awalnya tidak bisa diterima oleh bos-bos perusahaan lainnya, tetapi setelah diketahui manfaatnya yang luar biasa, maka mulai diikuti oleh banyak perusahaan lainnya di China.

Ternyata, apa yang dilakukan oleh salah satu perusahaan besar di China tersebut kini juga diikuti banyak instansi lainnya di China. Bahkan, budaya tidur siang sudah ada di kampus, sekolah, pertokoan, pabrik, supermarket, dll. Jika kamu datang ke negeri China, maka kamu tidak akan asing melihat budaya tidur siang ini. Coba saja datang ke sebuah kantor instansi / kampus sekitar jam makan siang 12.00 – 14.00, maka kamu akan menemukan banyak karyawan yang rebahan. Ketika kamu berbelanja di supermarket sekitar jam istirahat siang, maka kamu hanya akan dilayani 1-2 kasir saja, karena karyawan kasir lainnya sedang tidur siang.

Manfaat istirahat siang ini tidak memandang tua atau muda, kaya atau miskin, orang tua atau anak-anak, semua melakukannya di China. Orang-orang yang sedang dalam perjalanan, dan belum bisa pulang rumah pun, menyempatkan untuk istirahat siang. Mereka akan tidur siang dimanapun, asalkan bisa disempatkan untuk tidur. Ini contoh-contohnya.

tidur_waktu_kerja
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com
tidur
Sumber Gambar: claude-c-kenni.blogspot.com

[/nextpage]

[nextpage title=”Tinjuan Islam” ]

Tinjuan Islam

Di Islam pun, budaya ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan merupakan sunnah Rasul. Dalam Islam istilah istirahat siang dikenal dengan Qailulah.

Kebiasaan yang mungkin kita lakukan ini adalah sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, insyaAllah kita akan mendapat pahala jika kita meniatkannya. Adapun jika sekedar kebiasaan saja maka tidak berpahala. Inilah pentingnya ilmu, jika kita tidak mengetahui hal ini, maka tidur siang kita hanya semata-mata karena kebiasaan saja dan tidak mendapat pahala.

Sumber Gambar: panjimas.com
Sumber Gambar: panjimas.com

Selain itu istirahat siang (qailulah) juga termasuk kebiasaan yang menyehatkan asalkan tidak berlebihan, akan menyegarkan badan dan membantu kita untuk bangun shalat malam.

Qailulah tidak harus tidur, istirahat siang termasuk qailulah

Dalam Kamus Lisanul Arab dijelaskan makna qailulah secara bahasa,

القيلولة نومة نصف النهار

“Qailulah adalah tidur pada pertengahan siang”[1]

Karena diterjemahkan qailulah dengan “tidur siang” maka banyak yang menyangka qailulah mesti harus tidur. Yang benar, qailulah tidak mesti harus tidur, istirahat pada siang hari sudah termasuk qailulah.

Ash-Shan’ani rahimahullah berkata,

والقيلولة: الاستراحة نصف النهار، وإن لم يكن معها نوم

“Qailulah adalah istirahat pada pertengahan siang walaupun tidak tidur.”[2]

Info lebih lengkap dari tinjuan secara Islami bisa dilihat di SINI

[/nextpage]

[nextpage title=”5 Manfaat Tidur Siang” ]

Lalu apa sih manfaat tidur siang ini dari segi kesehatan?

Power nap adalah tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase terlelap atau Slow-wave sleep (SWS) yang bertujuan untuk memulihkan kesegaran (revitalisasi) tubuh dalam waktu singkat.

Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dari Cornel University. Power nap ini adalah tidur siang singkat, umumnya 20 menit, yang dilakukan di sela-sela kegiatan.

Sumber Gambar: scoutduatiga23.blogspot.com
Sumber Gambar: scoutduatiga23.blogspot.com

1. Memperbarui Mood

Kurang istirahat atau kelelahan bikin kita jadi sensitif, alias gampang marah atau tersinggung. Power nap membantu tubuh mengumpulkan energi positif sehingga perasaan jadi lebih tenang dan ceria.

2. Menurunkan Hormon Stress

Power nap membawa relaksasi bagi tubuh dan otak sehinga mengurangi tekanan yang dirasakan. Rutin melakukan power nap bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh.

3. Mengurangi Kantuk Berlebih

Penelitian NASA membuktikan power nap bisa mencegah bahkan menghilangkan rasa kantuk berlebihan yang muncul akibat kurang tidur atau kelelahan. Jauh lebih baik daripada minum kopi atau minuman berkafein lainnya.

4. Meningkatkan Stamina

Istirahat selama 20 menit setelah kita terbangun selama delapan jam, lebih efektif memberikan energi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, dibandingkan menambah waktu tidur 20 menit di pagi hari.

5. Meningkatkan Daya Berpikir Kreatif

Penelitian NASA membuktikan, istirahat siang selama 30 menit bisa meningkatkan kemampuan berpikir sebanyak 40 persen, sedangkan istirahat siang selama 20 menit cukup bagi otak mengumpulkan energi untuk memperbaiki neuron-neuron otak sehingga bisa bekerja lebih efektif. Hasilnya kita jadi lebih waspada, berpikir lebih jernih, meningkatkan ingatan dan kemampuan memecahkan masalah. Termasuk meningkatkan daya berpikir kreatif sehingga muncul ide-ide baru.

Nah,, apakah di negara kita budaya ini sudah bisa diterapkan? Seharusnya sih bisa. Kamu bisa memanfaatkan tidur siang di sela-sela jam istirahat siangmu, setelah makan siang. Mungkin, suatu saat, budaya ini bakal diterapkan secara massif sebagai sebuah aturan yang diberlakukan di berbagai institusi swasta dan negara.

[/nextpage]

Loading...