Jatik.com
to Inspire. be Social.

7 Tips Ringan yang Akan Membantumu Memiliki Ide Kreatif

1 161

Sedang mencari ide kreatif untuk bisnis, pekerjaan, studi, dan banyak hal lainnya? Tips berikut akan sangat berguna untuk mengembangkan ide-ide yang potensial dalam dirimu.

Banyak hal-hal besar telah dimulai dengan ide kreatif yang sederhana. Pertimbangkan menyumbangkan beberapa ide terbaik untuk membantu orang lain. Semakin kreatif dirimu, semakin banyak ide yang dihasilkan.

Bahkan, kamu bisa menjadi kreatif, walaupun kamu berpikir tidak bisa melakukannya.

Ini merupakan proses pembelajaran yang tidak datang dengan sendirinya. Tetapi, bisa dihasilkan dari pergulatan dengan berbagai aspek, lingkungan pertemanan, kemauan kuat, belajar yang terus-menerus, dan lain sebagainya.

Menjadi kreatif dan memikirkan ide-ide yang mengubah dunia terjadi dengan cara yang sama. Semua orang bisa menjadi kreatif tetapi yang terpenting kita harus berkemauan kuat untuk memulainya.

Proses kreativitas akan menjadi lebih alami dari waktu ke waktu.

Cobalah tips berikut untuk membantumu dalam proses perjalanan untuk menjadi lebih kreatif:

1. Rekam ide-ide apapun pada saat momen dirimu merasa nyaman

Yang terpenting kamu merekam ide-ide yang hadir. Misalkan, pada saat kamu mencari ide saat jalan-jalan, bawalah perekam digital. Ini salah satu cara, agar ide-ide tersebut tidak menguap begitu saja.

Di lain waktu, bisa menggunakan gadget, notepad ataupun jurnal. Pilih yang terbaik bagimu dan pastikan dirimu memiliki cara untuk merekam ide-ide tersebut setiap saat. Yang jelas, kamu tidak akan pernah tahu kapan ide kreatif tersebut akan muncul.

2. Jangan batasi dirimu hanya pada ide-ide yang tampaknya mungkin bisa dilakukan

Tangkap semua ide-ide yang hadir. Bahkan, ide yang tampaknya mustahil untuk diterapkan, akan sangat penting dan bermanfaat untuk beberapa alasan.

Pertama, apa yang tampaknya tidak mungkin untukmu mungkin tidak menjadi mustahil suatu saat nanti atau untuk orang lain. Kedua, ide “mustahil” mungkin akan mendorong ide-ide kreatif lebih lanjut yang mungkin untuk dilakukan.

3. Ubah lokasi atau tempat dirimu mencari ide kreatif

Perubahan dalam pemilihan lokasi dapat merangsang kreativitas dalam dirimu. Sebuah perubahan sederhana seperti mencari ide dengan melihat keluar jendela.

Dirimu juga dapat mengunjungi tempat baru seperti taman, pantai, atau mal. Lingkungan baru dapat menumbuhkan ide kreatif yang baru.

Ide-ide kreatif bisa muncul dengan beberapa tips berikut.
Ide-ide kreatif bisa muncul dengan beberapa tips berikut.

4. Baca atau tambah wawasan di berbagai topik

Sungguh menakjubkan betapa banyak hal yang tidak terkait dapat mendorong ide kreatif baru. Dengan memperluas pengetahuanmu ke lebih banyak topik yang berbeda, dapat berpotensi menumbuhkan kreativitas dirimu.

5. Berjalan-jalan

Terkadang, beberapa ide-ide cemerlang muncul pada saat kita berjalan-jalan. Banyak orang, yang mendapatkan ide untuk tulisan, desain, proyek, dll, muncul ketika sedang berjalan atau sedang jogging di pagi hari. Kamu pun bisa mencobanya.

6. Fokus secara bertahap di 10-15 menit awal

Menit-menit awal pada saat brainstorming dalam mencari ide, biasanya akan menjadi ide umum yang potensial. Fokuskan di beberapa ide umum dalam tahap ini. Berkonsentrasilah.

Lalu, pada waktu selanjutnya, tangkap apapun ide-ide yang datang dengan merekamnya (tip #1). Akan ada beberapa ide yang layak untuk dipertimbangkan dengan investasi waktu yang lebih lama. Bisa jadi, itu salah satu ide luar biasa yang bisa kamu hasilkan.

7. Berpikir besar

Pertanyaan seperti apa yang bisa mendorong ide-ide kreatif tersebut keluar? Semakin besar pertanyaan, semakin besar dampak ide-ide tersebut pada dunia.

Kamu dapat memulai dengan mengatasi masalah yang lebih kecil tetapi tidak dibatasi hanya dengan hal tersebut.

Kamu tentu memiliki pengalaman unik, pengetahuan dan bakat yang harus diterapkan untuk membantu orang lain dalam skala besar juga.

Ikuti beberap tips tersebut dan mungkin kamu bisa menghasilkan ide-ide yang memiliki potensi untuk mengubah dunia.

Ide-ide besar, muncul dari hal-hal sederhana yang terus dilakukan setiap saat.

Mulai saat ini juga.

Ingin mendapatkan ide fresh dalam rutinitas sehari-hari? Cek disini.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.