Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ingin Hemat Saat Travel ke Jepang & Korea Selatan? Baca Tips ini!

0 102

Buat kamu yang ingin berhemat saat ingin melakukan travel ke Jepang dan Korea Selatan, ada tips hematnya lho, terutama dalam biaya pengurusan visa.

Tips ini diberikan salah satu traveler Indonesia, Octaviadi Mukti dalam pengalamannya ketika sering melakukan perjalanan ke Jepang dan Korea Selatan.

Menurutnya, travel ke Jepang dan Korea Selatan dapat menghemat biaya perjalanan dengan mengerem salah satu pengeluarannya yaitu biaya pengurusan visa.

Bagaimana caranya berhemat biaya pengurusan visa?

Yaitu dengan menggunakan Visa Waiver (3 tahun) untuk travel ke Jepang dan Visa Multiple (5 tahun) untuk travel ke Korea Selatan.

Ini didasarkan pada pengalamannya sendiri dalam melakukan perjalanan yang berulang ke kedua negara tersebut, yaitu Korea Selatan dan Jepang.

Kok bisa hemat sih? Ya, karena dengan sekali mendaftar visa saja, kamu bisa mendapatkannya untuk jangka waktu 3 sampai 5 tahun. Sangat hemat dibandingkan dengan saat ingin melakukan travel ke Jepang dan Korea Selatan harus apply visa baru.

Berikut ini cara hemat mendaftar visa travel ke Jepang dan Korea Selatan.

1. Waiver Visa untuk travel ke Jepang

  • Visa berlaku selama 3 tahun atau mana yang lebih dahulu kadaluarsa, passport atau visa dan bisa diperpanjang masa berlakunya.
  • Sifat dari visa jenis ini adalah multi-entries, atau bisa bolak-balik sesuka kita ke Jepang. Untuk masa tinggal, diberikan jangka waktu 14 hari (2 minggu).
  • Biaya pembuatan visa GRATIS! Kamu cukup mendaftarkan E-Passport milikmu ke kedutaan besar Jepang. Proses pembuatan cuma butuh waktu 1 hari.
  • Syaratnya, kamu harus mengganti passport lama milikmu dengan E-Passport. Biaya yang dikeluarkan untuk penggantian ini Rp 655.000,-. Tempatnya di kantor Imigrasi yang bisa mengeluarkan E-Passport. Untuk passport lama yang masa kadaluarsa panjang atau pendek, sudah diisi atau kosong bisa langsung ditukarkan dengan E-Passport. Lama pembuatannya sekitar 3-5 hari.
Visa Waiver, salah satu tips menghemat biaya travel ke Jepang
Visa Waiver, salah satu tips menghemat biaya travel ke Jepang

2. Visa Multi-Entry untuk Korea Selatan

  • Visa jenis ini punya masa berlaku 5 tahun dan tempo waktu untuk izin tinggal sekali berkunjung selama 90 hari.
  • Biaya pengurusan kurang lebih Rp 1.060.000,- langsung dibayarkan saat mengajukan visa.

Berikut syarat-syarat untuk pembuatan visa Multi-Entry ke Korea Selatan:

  1. Sudah pernah berkunjung ke negara Korea Selatan min. 1 kali dalam jangka waktu 10 tahun terakhir.
  2. Melampirkan passport 10 tahun terakhir
  3. Mengisi form aplikasi, menyertakan pas foto berwarna 1 lembar
  4. Sertakan akte lahir / surat nikah / surat cerai, Kartu Keluarga, KTP, izin suami di atas materai.
  5. Menyertakan NPWP perusahaan tempat bekerja, SIUP, dan surat keterangan kerja.
  6. Menyertakan surat pernyataan pribadi yang menyebutkan bahwa jaminan dapat membiayai perjalanan pribadi sendiri dan akan kembali ke Indonesia.
  7. NPWP, SIUP, dan TDP bagi pemilik perusahaan.
  8. Menyertakan lampiran transaksi perbankan 3 bulan terakhir dari tabungan bank yang berbahasa Inggris. Saldo minimal yang ada adalah lama waktu tinggal di Korea Selatan dikalikan 2 juta rupiah. Nilai plus bagi yang sering melakukan banyak transaksi karena dianggap likuiditas keuangan kita baik. Saldo jutaan dengan minim transaksi tidak menjamin visa disetujui.
  9. Fotokopi passport yang memuat halaman visa.
  10. Menyertakan slip gaji.
  11. Jika syarat di atas tidak bisa disertakan, maka lengkapi dengan NPWP pribadi, SPT Tahunan pribadi, kartu keanggotaan untuk anggota klub golf, hotel bintang lima, pemilik kartu kredit Platinum dan Gold dengan menyertakan lampiran transaksi 3 bulan terakhir.
  12. Pengajuan aplikasi visa ke Korea Selatan tidak membutuhkan tiket pesawat, tetapi alamat dan nama hotelnya wajib diisi di formulir. Bisa diambil dari situs Booking.com atau yang lain.
  13. Lama waktu proses pengajuan visa Multi-Entry ke Korea Selatan ini 1 hari.
  14. Terkhusus bagi kamu yang PNS atau pegawai BUMN, wajib menyertakan Surat Keterangan Cuti dari atasanmu.

Nah, itulah tips travel ke Jepang dan Korea Selatan yang hemat dalam segi biaya pengurusan visa. Lumayan kan kalau anggaran tersebut bisa dialihkan untuk biaya-biaya lainnya selama perjalanan ke kedua negara tersebut. Selamat mencoba ya!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.