Dampak Negatif Media Sosial Bagi Penggunanya

0 429

Kamu salah satu pengguna aktif media sosial? Bisa lepaskah berbagai akun medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dll dari keseharianmu? Ternyata, ada beberapa dampak negatif media sosial yang terkadang tidak disadari penggunanya.

Kemajuan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia untuk menjalankan berbagai rutinitas kesehariannya. Termasuk di dalamnya kemudahan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi.

Kehadiran berbagai platform komunikasi digital semacam Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, memiliki pengaruh positif dan negatif bagi penggunanya.

Dari sisi positif, kita akan semakin mudah untuk melakukan komunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain walaupun terpisahkan jarak yang sangat jauh. Pada jaman sebelum era digital saat ini, orang masih menggunakan surat, telegram, pager, sms untuk berkomunikasi.

Dan, perlahan segala aktivitas semakin dimudahkan dengan perkembangan teknologi digital. Orang-orang dapat menggunakan media sosial dengan begitu mudahnya. Selain sebagai sarana komunikasi, juga sebagai sarana berbagai informasi yang begitu cepat.

Karena manfaat positifnya bagi kehidupan seseorang, tak jarang satu orang memiliki beberapa akun media sosial untuk bersosialisasi dan update kabar terbaru.

Tetapi, menurut penelitian terbaru, ternyata terdapat dampak negatif media sosial bagi penggunanya. Terlebih lagi, bagi pengguna yang memiliki banyak akun sosial media.

Setidaknya, ada tujuh dampak negatif media sosial bagi penggunanya jika digunakan secara berlebihan, seperti:

1. Dapat menurunkan konsentrasi

Menggunakan sosial media secara berlebihan, yaitu untuk jangka waktu yang cukup lama bisa berpotensi menurunkan daya konsentrasi kita. Sebaiknya, kita menggunakan platform sosial media tersebut sewajarnya saja.

2. Dapat memicu depresi

Dampak negatif media sosial bagi pengguna secara berlebihan, terlebih yang memiliki banyak akun sosmed, akan lebih berisiko mengalami gejala depresi dan kecemasan.

Potensinya akan lebih tinggi 3x lipat bagi yang hanya memiliki 1-2 akun medsos atau bahkan tidak bermain sama sekali.

3. Mengalami sulit tidur

Dampak negatif media sosial lainnya adalah menurunkan kualitas tidur / istirahat kita. Apalagi buat kamu yang begitu aktif bermain jejaring sosial sampai lupa waktu tidur / istirahat.

Waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat, jadi berkurang karena keasyikan bermain sosial media. Kurangnya waktu istirahat akan membuat stamina menjadi loyo dan tidak fit saat beraktivitas keesokan hari.

Jika disepelekan, maka bukan tidak mungkin kamu akan mengalami insomnia. Jika sudah mengalami ini, ada cara untuk mengatasi insomnia yang perlu dilakukan.

4. Menurunkan rasa percaya diri

Tak hanya sampai disitu, dampak negatif media sosial pun berlanjut pada rasa percaya diri yang kita miliki. Terlalu sering dan lama mengakses sosial media akan semakin meningkatkan risiko turunnya rasa PD yang kita miliki.

Kita lebih terbiasa untuk menatap layar monitor / hp dengan berbagai tampilan di dunia maya, daripada melakukan interaksi secara langsung. Orang akan lebih memilih menggunakan media sosial untuk berkomunikasi daripada bertemu langsung.

Berbagai foto atau gambar yang ada di linimasa medsos juga bisa menimbulkan rasa iri atau menjadikan diri kita tidak nyaman.

5. Pola makan menjadi tidak teratur

Ada kalanya saat bermain medsos kita akan lupa makan. Ini membuat pola makan kita menjadi tidak teratur. Daripada mengkonsumsi makanan sehat, biasanya lebih memilih untuk ngemil yang cenderung tidak sehat.

Biasanya, akan berdampak juga malasnya diri kita untuk berolahraga. Ini akan menjadi penyebab berat badan naik dan kita berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai cara.

Selain itu, akan memicu munculnya berbagai macam penyakit seperti obesitas, gangguan pencernaan, kolesterol dan lain sebagainya.

dampak negatif media sosial
7 dampak negatif media sosial bagi pengguna yang berlebihan

6. Mental akan teracuni

Dampak negatif media sosial lainnya bagi pengguna yang terlalu berlebihan adalah jika filter kita tidak terlalu kuat untuk menyaring berbagai informasi negatif seperti berita hoax, rasis, saling ejek, dan lain sebagainya.

Asupan informasi negatif tersebut jika tidak kita saring, maka akan perlahan meracuni mental dan pikiran kita. Ini akan membuat pola pikir dan tingkat emosi akan cenderung menjadi negatif.

7. Sisi pamer dan narsis menjadi lebih tinggi

Di media sosial, jika tidak digunakan secara baik, kita akan memposting apapun termasuk semua aspek kehidupan pribadi. Barang-barang pribadi, aktivitas pribadi, dan masih banyak hal lainnya yang terkadang itu seharusnya memang privasi.

Kita akan cenderung memamerkan hal-hal / benda yang baru kita miliki, bersikap narsis dengan menunjukkan kepada semua teman di jejaring sosial digital tersebut.

Ada kalanya, kita sosial media memang berdampak positif untuk kehidupan kita. Tetapi, gunakanlah dengan bijak dan sewajarnya. Semakin berlebihan menggunakannya, akan memicu dampak negatif media sosial di segala aspek kehidupan penggunanya.

Kamu pernah mengalami dampak negatif media sosial di kehidupanmu?

Loading...