Jatik.com
to Inspire. be Social.

Daftar Makanan dan Minuman yang Berbahaya bagi Kesehatan Tubuh

0 635

Ada banyak makanan dan minuman yang tak kita sadari dikonsumsi dengan rutin, justru berpotensi membahayakan bagi kesehatan. Ini karena di dalam makanan / minuman tersebut terkandung zat berbahaya bagi kesehatan. Apa saja daftar makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita? Ini beberapa diantaranya.

Makanan dan minuman yang berbahaya ini seringkali dikonsumsi oleh orang dari berbagai usia, baik dewasa hingga anak-anak. Jika dikonsumsi dengan takar yang secukupnya dan tidak terlalu sering, mungkin tubuh masih dapat mentoleransinya.

Akan tetapi, jika sudah mengkonsumsinya secara rutin dan dengan porsi yang lumayan banyak, maka berhati-hatilah karena berpotensi untuk membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Berikut lima daftar makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  • Minuman Bersoda

Ini merupakan salah satu minuman yang seringkali dikonsumsi oleh banyak orang, dan mungkin sebagian besar tidak mengetahui bahaya yang mengintai kesehatannya.

Tahukah kamu bahwa minuman bersoda ini tergolong berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus selama jangka waktu tertentu? Bahan dasar untuk membuat minuman ini bukanlah buah-buahan, tetapi menggunakan bahan kimia 100%.

Jenis bahan kimia yang digunakan dalam minuman bersoda hampir mirip dengan bahan yang digunakan pada air aki dan pembersih WC (karbol).

Jika kamu senang mengkonsumsi minuman bersoda ini dengan rutin, sama saja kamu ‘membersihkan’ usus dalam tubuhmu. Dampak yang dapat ditimbulkan untuk jangka panjang biasanya adalah kanker hati dan kanker usus.

  • Saus Tomat & Saus Sambal

Ya, saus tomat dan saus sambal. Tetapi, tidak semua produk saus tomat dan saus sambal berbahaya bagi kesehatan tubuh. Beberapa produk saus sambal dan saus tomat yang seringkali digunakan sebagai teman makan bakso, dll di pinggir jalan, merupakan produk saus yang berkualitas buruk.

Saus tomat dan saus sambal tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Bahan-bahan yang terkandung di dalam saus tomat & saus sambal dengan kualitas buruk tersebut, biasanya bahan-bahan yang telah kadaluarsa.

Untuk menyamarkan kualitas bahan yang digunakan, banyak produsen pembuatnya mencampurnya dengan bahan obat kimia berbahaya. Hal ini menambah dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuhmu.

  • Minuman Teh Siap Minum

Ini merupakan salah satu minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Mengapa? Karena teh siap saji yang seringkali dikonsumsi tersebut mengandung banyak bahan pengawet dan pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, dalam minuman teh siap saji tersebut juga terkandung aroma-aroma penyegar untuk meningkatkan citarasa teh itu sendiri, seperti aroma buah-buahan dan bunga.

Yang menjadi permasalahan adalah aroma buah-buahan dan bunga tersebut sebenarnya bukan berasal dari buah / bunga asli, tetapi bahan-bahan kimia yang diformulasi sedemikian rupa agar menyerupai aroma buah dan bunga asli.

  • Kue Basah Kemasan

Jika menjelang hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Natal, dan sebagainya seringkali banyak dijual kue basah dalam kemasan. Kue basah tersebut pada dasarnya mudah rusak dan berjamur. Jika ditemukan kue basah dalam kemasan yang memiliki daya tahan selama berbulan-bulan, maka patut dicurigai.

Kamu bisa membayangkan berapa jumlah bahan kimia pengawet yang digunakan untuk mengawetkan kue basah dalam kemasan tersebut sehingga tidak cepat rusak, basi, dan berjamur.

  • Makanan & Minuman Ringan Anak-anak

Ini juga masuk dalam daftar makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan, khususnya bagi anak-anak. Bagi orangtua, perlu benar-benar mengawasi apa saja cemilan yang dikonsumsi oleh anak-anak.

Kids jaman now suka sekali dengan makanan / minuman ringan yang dapat dibeli dengan mudah di pinggir jalan, toko, dan minimarket.

Ada beragam produk makanan dan minuman ringan yang ditawarkan oleh para produsen. Seringkali, makanan dan minuman ringan tersebut belum mendapatkan izin dari BPOM.

Dan, banyak produk makanan dan minuman ringan untuk anak-anak memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi untuk jangka panjang. Akan ada banyak dampak yang bisa ditimbulkan dari makanan & minuman ringan ini seperti gangguan pencernaan, radang tenggorokan dan penyakit kanker.

Bahkan, dalam beberapa kasus telah ditemukan cemilan ringan tersebut mengandung bahan berbahaya narkoba yang disamarkan. So, berhati-hatilah bagi orangtua untuk selalu mengawasi apa pun yang dikonsumsi oleh anak-anak kita.

Lebih baik untuk menyiapkan cemilan sehat sendiri dari rumah sebagai bekal untuk dibawa ke berbagai aktivitas mereka.

=========

Itulah beberapa daftar makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh yang beredar.

Kita perlu tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu dan perlu diimbangi dengan makanan sehat seperti buah-buahan sayuran, serta aktivitas olahraga.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.