Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Tips Sederhana agar Pekerjaan Kantor & Rumah Seimbang

0 147

Apakah Anda salah satu pekerja yang seringkali kerepotan memanajemen pekerjaan kantor dan rumah? Tenang, Anda tidak sendiri.

Kebanyakan orang mengerti bagaimana sulitnya untuk dapat menyeimbangkan pekerjaan kantor dan kehidupan rumah mereka setelah menikah dan memiliki anak.

Bisa jadi salah satunya terjadi pada kita..

Seringkali memang antara kehidupan kerja kantor dan rumah, terjadi ketidaksinkronan, atau banyak muncul masalah-masalah, yang selalu menambah stres diri kita.

Dan, hal ini terjadi juga pada sekian banyak wanita / pria karir, yang notabene juga merupakan seorang ibu rumah tangga / kepala rumah tangga.

Bagaimana solusi untuk menyeimbangkan antara pekerjaan kantor dan rumah agar tak terjadi crash satu dengan lainnya?

Berikut lima tips yang mungkin bisa Anda terapkan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan kantor dan aktivitas rumah:

#1 Buatlah sebuah jadwal

Membuat jadwal merupakan poin bagus agar pekerjaan kantor dan rumah seimbang
Membuat jadwal merupakan poin plus agar pekerjaan kantor dan rumah seimbang

Hal terbaik yang bisa kita lakukan ketika mencoba untuk menyeimbangkan pekerjaan kantor dan rumah adalah dengan membuat jadwal.

Ketahui berapa banyak waktu yang Anda miliki, lalu jadwalkan dengan baik waktu untuk pekerjaan kantor dan waktu untuk kegiatan-kegiatan di rumah.

Jika Anda memiliki pembagian jadwal ini, kegiatan / aktivitas diantara keduanya bisa tertata dengan baik. Hidup kita akan jauh lebih mudah karena kita mengetahui kegiatan-kegiatan sesuai dengan kerangka waktu yang sudah dibuat.

Kapan harus fokus mengerjakan pekerjaan kantor, kapan waktunya merawat anak-anak, kapan waktu untuk membersikan rumah, dll.

Pastikan, jadwal yang sudah dibuat tersebut, ditaati dengan baik. Akan lebih baik, bagi Anda yang sudah berkeluarga, mengkomunikasikan jadwal yang dibuat tersebut kepada anggota keluarga lainnya, agar tak terjadi kesalahpahaman.

2. Berbagi tanggung jawab

Mungkin saja, seseorang mendapatkan beban pekerjaan kantor atau rumah melebihi dari kemampuannya, karena salah satu pasangan memiliki beban kerja yang lebih banyak dari lainnya.

Akan lebih baik, jika Anda mengkomunikasikan hal ini kepada pasangan dan saling belajar untuk berbagi tanggung jawab untuk pekerjaan, baik tentang urusan kantor atau rumah.

Berbagi tanggung jawab akan jauh lebih baik bagi kedua orang tersebut dan memudahkan menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada.

Jika Anda sudah memiliki anak-anak yang sudah cukup besar, maka mereka pun bisa mendapatkan tanggung jawab untuk membantu Anda dalam mengelola rumah.

3. Tinggalkan segala urusan kerja di kantor

Menyeimbangkan rumah dan pekerjaan kantor, bisa sulit karena urusan kantor tidak pernah selesai di kantor dan dibawa ke rumah.

Jika Anda benar-benar ingin untuk menyeimbangkan antara pekerjaan kantor dan rumah, maka selalu tinggalkan urusan kerja di kantor dan selalu jaga “kesucian” rumah hanya untuk urusan rumah dan keluarga.

4. Dedikasikan akhir pekan hanya untuk rumah dan keluarga

Hampir 5 atau 6 hari, kita selalu sibuk dengan pekerjaan kantor. Maka, sebuah cara yang bagus untuk mendedikasikan waktu akhir pekan (sabtu/minggu), hanya untuk keluarga.

Jika Anda bekerja di akhir pekan, maka setidaknya dedikasikan waktu di hari libur 100% untuk rumah dan keluarga.

Ini akan membuat keseimbangan yang harmonis antara urusan kantor dan rumah, karena tidak akan ada yang merasa dikorbankan hanya karena membebankan satu urusan terlalu berlebihan.

5. Buatlah rencana

Cara terbaik untuk menyeimbangkan urusan kantor dan rumah adalah membuat rencana-rencana. Seringkali, semua hal menjadi terbengkalai karena tidak adanya planning yang baik untuk mengerjakannya.

So, membuat rencana menjadi satu hal yang wajib dilakukan agar terjadi keseimbangan antara urusan kantor dan rumah.

Bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan kantor yang menumpuk? Info ini semoga bisa membantu.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.