[HOT TIPS] Seputar Dunia Dapur, Wanita Baca Ya..

1 200

Bagi wanita, dapur adalah dunia yang tak terpisahkan sebagai bagian dalam hidup. Aktivitas di dapur memang identik dengan hobi yang dikerjakan oleh para wanita, baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah. Bagi yang hobi masak-memasak, pasti hampir sebagian besar waktunya dihabiskan di dapur dan memang hal tersebut menyenangkan. Bagi yang tidak hobi, atau sekedar belajar memasak, dapur tetap bagian hidup yang akan melekat pada wanita sebagai salah satu bagian tanggung jawabnya.

Tetapi, bukan berarti hanya wanita yang boleh beraktivitas di dapur lho. Kaum pria pun tidak mau kalah, sehingga banyak pria yang juga menyenangi aktivitas di dapur, sebagai bagian dari hobinya memasak ataupun hanya sekedar menghabiskan makanan hehe…Pastinya, jika ada solusi / cara untuk semakin memudahkan aktivitas anda di dapur, tentu anda akan semakin bersemangat untuk memasak. Sebenarnya, banyak tips-tips yang bermanfaat bagi kalian yang sering berkecimpung di dunia perdapuran.

Untuk kalian, wanita dan pria yang sebagian besar waktunya dilakukan di dapur, berikut ada tips keren seputar kegiatan di dapur. Tips yang akan sangat membantu kalian untuk memudahkan pekerjaan di dapur. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

[nextpage title=”Hot Tips Pertama” ]

#1 Tips Ketika Merebus Telur

Tips sederhana untuk anda yang suka merebus telur. Terkadang, setelah merebus telur, kita agak kesusahan untuk mengkupasnya bukan? Nah, gimana caranya supaya telur tersebut mudah dikupas? Sederhana saja, celupkan telur yang baru matang / masih panas ke dalam air es, niscaya cangkang telur akan mudah dikupas. Cobain deh!

#2 Tips Sederhana Saat Menggoreng Cabe

Suka membuat sambal goreng? Sering mengalami gak sih, ketika menggoreng cabe, tiba-tiba cabe tersebut meletup-letup? Pasti sering kena panasnya minyak goreng deh. Untuk menghindari hal tersebut, maka lukai / tusuk sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng, agar tidak meletup-letup saat digoreng.

#3 Tips agar Sayuran Steril dari Ulat, Cacing air, dll Sebelum Dimasak

Tips agar sayuran steril
Tips agar sayuran steril

Buat anda yang senang mengkonsumsi sayuran, terutama brokoli, kembang kol, kangkung, selada air, ataupun genjer, harus benar-benar memperhatikan kebersihan sayuran tersebut. Ternyata, sayuran tersebut tidak cukup dicuci dengan air saja lho. Banyak binatang-binatang kecil yang senang nongkrong di batang / daun sayuran tersebut seperti keong, lintah, cacing air, dan ulat tidak akan mati hanya dicuci dengan air saja.

Lalu, bagaimana cara mensterilkan sayuran tersebut? Mudah saja. Bubuhkan saja sesendok garam ke dalam rendaman air, kemudian masukkan sayuran tersebut ke dalamnya dan biarkan sejenak selama 10-15 menit. Setelah itu, baru bilas dengan air kembali. Rendaman garam tersebut akan mematikan hewan-hewan kecil yang masih hidup di sayuran tersebut.

#4 Tips Mudah agar Tahu Lebih Awet

Nah, ini tips buat yang anda yang suka mengkonsumsi tahu. Kita membeli tahu terkadang hanya mampu bertahan untuk 1-2 hari saja bukan? Bagaimana sih caranya agar tahu tersebut awet? Apakah harus diberi formalin? Oh, tentu saja tidak. Cara termudah untuk mengawetkan tahu saat disimpan yaitu pertama-tama cuci bersih tahu tersebut dengan air. Setelah itu, siram tahu tersebut dengan air panas. Lalu, tahu yang sudah disiram air panas, dilap dengan tisu dapur dan kemudian disimpan ke dalam tupperware, jangan lupa untuk menutup rapat. Langkah akhir, masukkan tahu tersebut ke dalam kulkas. Tahu akan bisa bertahan hingga 1 minggu ke depan.

#5 Cara mengetahui telur busuk

Ketika membeli telur, kita tentu tidak mengetahui apakah telur tersebut masih bagus atau sudah rusak (baca: busuk). Nah, cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengetesnya di dalam air. Masukkan telur ke dalam rendaman air. Jika telur tersebut mengapung di permukaan air, itu tandanya telur tersebut sudah busuk.

#6 Tips Mengocok Telur untuk Adonan Kue

Buat yang suka membuat kue, maka proses mengocok telur perlu diperhatikan. Jangan mengocok telur yang baru keluar dari kulkas (suhu dingin), tetapi diamkan sejenak hingga suhunya sesuai dengan suhu ruangan. Ini dimaksudkan agar adonan tersebut bisa mengembang, kalau dengan suhu dingin adonan tersebut tidak akan mengembang.

#7 Cara Menyimpan Sayuran di dalam Kulkas

Mungkin salah satu dari kita pernah melakukan ini, menyimpan sayuran dalam kulkas dengan dibungkus tas plastik kresek. Hal ini kurang tepat dilakukan, karena akan menyebabkan sayuran lebih cepat busuk disebabkan oleh embun sayuran yang menggenang. Solusinya adalah dengan membungkus sayuran menggunakan koran / majalah bekas.

[/nextpage]

[nextpage title=”Hot Tips Kedua” ]

#8 Cara Menetralisir Bau dalam Kulkas

Seringkali kita mengalami kulkas selalu bau ketika dibuka, mungkin karena berbagai macam isi kulkas. Cara untuk menghilangkan bau tersebut, selain dengan manajemen isi kulkas dengan baik, bisa juga dengan menambahkan kentang. Caranya adalah dengan kentang yang dibelah lalu letakkan di dalam rak kulkas. Kentang bisa menghilangkan aroma tidak sedap yang ada di dalam kulkas.

#9 Tips Ikan Tidak Lengket Saat Digoreng

Suka menggoreng ikan? Tentu sebal jika ikan lengket di wajan penggorengan. Solusinya adalah dengan menggunakan wajan khusus untuk menggoreng. Jangan dicampurkan dengan wajan yang pernah dipakai untuk menumis, pasti ikan akan lengket. Cara lainnya juga bisa dengan mengolesi garam ke wajan sebelum dituang minyak goreng.

#10 Cara Menghilangkan Panas karena Cabe / Sambal

Tips ini khusus buat anda yang sering mengkonsumsi sambal, atau sering memasak dengan menggunakan cabe. Pasti ada rasa panas di tangan karena kontak terlalu lama dengan cabe / sambal tersebut. Solusi untuk menghilangkan rasa panas tersebut adalah dengan mencuci bersih tangan menggunakan sabun 2-3 kali, kemudian lap, dan benamkan tangan ke dalam beras, diamkan sejenak sambil diremas-remas. Maka, dijamin rasa panas di tangan akan hilang seketika.

#11 Suka Mengiris Bawang Merah? Baca Tips ini!

Tips mengiris bawang merah
Tips mengiris bawang merah

Buat anda yang sering mengiris bumbu dapur bawang merah, maka pasti akan merasakan mata yang pedih. Salah satu cara untuk menghindarkan dari mata pedih adalah dengan meletakkan wadah yang berisi garam di samping talenan tempat mengiris bawang merah. Maka, mata pedih pasti akan terhindarkan saat mengiris bawang merah.

#12 Tips Mencegah Beras didatangi Kutu Beras

Menyimpan beras terlalu lama di dalam karung / tempat penyimpan beras, tentu akan mengundang kutu beras untuk datang. Nah, solusinya agar beras tersebut terhindar dari kutu adalah dengan meletakkan sebungkus plastik berisi kopi bubuk beberapa sendok. Lalu, plastik tersebut diberikan lubang sedikit. Dijamin, beras tidak akan didatangi oleh kutu. Karena kutu beras tidak suka dengan aroma kopi bubuk.

#13 Cara menghilangkan kusam di peralatan masak

Peralatan masak yang sering digunakan untuk memasak bumbu-bumbu dapur seperti kunyit/kunir, maka seringkali meninggalkan jejak noda kusam berwarna kuning. Atau juga panci yang sering dipakai untuk merebus air, seringkali menjadi kekuningan. Solusi untuk menghilangkan noda kusam pada peralatan masak / panci tersebut adalah dengan mengambil satu sendok baking soda. Kemudian, beri sedikit air dan digosok-gosokkan ke panci tersebut. Lalu, didiamkan sejenak, dan bilas dengan air. Jika noda belum hilang 100%, maka ulangi kembali cara tersebut. Dijamin, peralatan masak / panci anda akan terbebas dari noda kusam.

#14 Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit

Bagi anda yang suka mengkonsumsi pare atau juga daun pepaya, kembang kates, agar tidak pahit saat dimakan, ada cara mudah untuk menghilangkan rasa pahit tersebut. Yaitu dengan merebus sayuran tersebut dalam air rebusan berisi daun jambu biji. Bagaimana membuat rebusan daun jambu biji tersebut? Mudah. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan beberapa lembar daun jambu biji, tunggu sekitar 5 menit. Lalu, masukkan pare, kembang kates, atau daun pepaya dalam rebusan tersebut, diamkan sebentar. Kemudian, dimasak sesuai selera anda. Sayuran yang tadinya berasa pahit, akan tidak terlalu pahit lagi.

#15 Cara Menghindari Tempe Cepat Busuk

Tips buat anda yang suka memasak / mengkonsumsi tempe, cara agar tempe tidak mudah busuk adalah dengan menyimpan tempe dekat dengan garam. Maka, tempe akan tidak mudah busuk.

#16 Tips Menyimpan Daging di Freezer

Bagi anda yang sering menyimpan daging di dalam freezer, maka dipastikan untuk tidak sering mengeluarkan dan memasukkan daging ke dalam freezer berulang-ulang kali. Ini dimaksudkan agar bakteri tidak berkembang biak di dalam daging tersebut. Alangkah baiknya, jika daging tersebut dipotong-potong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian kecil. Lalu, masukkan bagian daging tersebut ke dalam plastik kecil yang terpisah. Sehingga jika anda akan mengambil daging, maka anda bisa mengambilnya sesuai dengan keperluan.

Demikian beberapa tips seputar dapur yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang seringkali berkecimpung di dunia perdapuran. Selamat mencoba!

Referensi: Ngonoo.com

[/nextpage]

Loading...