Mau Jadi Public Speaker Handal? Gunakan 5 Tips Public Speaking ini

0 168

Sahabat…Bercita-cita menjadi seorang public speaker yang handal? Atau sedang ada tugas presentasi di kantor / kampus / sekolah? Caranya gak terlalu sulit kok. Ikuti saja 5 tips public speaking ini.

Sebenarnya, berbicara / presentasi di depan publik, bagi sebagian orang, memang tidak ada kesulitan yang berarti. Tetapi, sebagian besar lainnya, seringkali  ada hambatan, seperti minder, deg-degan, dll.

Public speaking sangat terkait dengan kesiapan seseorang untuk berbicara di depan umum. Memang jauh berbeda dengan hanya berbicara face-to-face dengan orang lain. Terkadang, sudah disiapkan dengan matang pun, masih saja seringkali ada kendala.

Untuk itu, diperlukan tips public speaking yang membantu kita untuk bisa berbicara di depan publik dengan baik dan tepat sasaran.

Baik berarti dalam penyampaian materi, disampaikan dengan tata urutan yang sudah dirancang sebelumnya. Materi yang disampaikan pun jika melekat di memori pendengar, berarti kita berhasil.

Tepat sasaran berarti cara penyampaian disesuaikan dengan acara yang terkait dan audiensi yang mendengar materi public speaking kita. Tentu saja, setiap target audiensi, kita harus menyesuaikan isi materi, cara menyampaikan, dll.

Berikut, 5 tips public speaking lainnya yang bisa membantu kita untuk menjadi seorang public speaker handal.

1. Sampaikan dengan bahasa yang sesuai audiensi nya dan spontan

Jika kita akan berbicara di depan teman-teman kampus, maka gunakan bahasa semi-formal, agar tidak mengesankan kekakuan.

Jika bicara di depan karyawan kantor, sangat bergantung acaranya. Jika acara formal, maka gunakan bahasa formal. Jika tidak terlalu formal, maka gunakan bahasa semi formal.

Begitu juga acara-acara lainnya, sesuaikan dengan target dari audiensi nya.

Sampaikan materi yang telah dirancang sebelumnya, dengan spontan atau tidak terlalu terlihat menghafal materi. Jika terlalu menghafal, maka gaya penyampaian di depan publik, akan terlihat kaku. Pendekatan antar personal, kita dengan audience, tidak akan terjalin.

Kalau menghafal, kita lupa terhadap satu / beberapa materi, maka biasanya akan langsung panik, dan bicara pun sedikit kacau.

2. Sampaikan materi dengan visual yang menarik dan poin-poin

Audiensi kita akan semakin senang mendengarkan penyampaian materi, jika dibantu dengan visual yang menarik, seperti menggunakan animasi power point dll.

Perlu diingat juga, bahwa materi dalam bentuk visual tersebut, hanya sebagai tools untuk membantu menyampaikan isi materi.

Oleh karena itu, dalam materi visual tersebut, jangan menjabarkan keseluruhan materinya. Orang akan sangat malas membaca jika materi tersebut penuh dengan tulisan-tulisan.

Sebaiknya, dalam materi visual dituliskan poin-poin penting dari materi kita. Barulah, kita menjabarkannya lebih detail dalam presentasi kita.

5 tips public speaking yang mudah diaplikasikan
5 tips public speaking yang mudah diaplikasikan

3. Jalin interaksi dengan audience

Tujuan utama dari presentasi sebenarnya adalah untuk memberikan pemahaman tentang materi yang dipresentasikan kepada audience kita.

Oleh karena itu, sangat penting sekali ketika sedang melakukan presentasi, berkomunikasi 2 arah antara kita dan audience. Ini penting juga untuk mendapatkan feedback dari audience, agar kita mengetahui sejauh mana, penyampaian materi kita bisa dimengerti oleh mereka.

4. Serius boleh, tetapi lebih baik sisipkan humor-humor

Saat kita presentasi, tentu harus menyesuaikan dengan acara dan audience-nya. Jika formal, maka sebaiknya menyampaikan dengan serius.

Tetapi, akan lebih baik jika tidak 100% serius. Sisipkan humor-humor segar dalam materi presentasi kita, ya minimal 10-30% dari keseluruhan presentasi.

Humor berfungsi sebagai pelumas yang membuat presentasi kita menjadi lebih soft, itu kata Anthony Robbins, sang motivator kelas dunia.

Yang penting juga, tidak terlalu berlebihan dalam menyampaikan humor. Terkecuali kita sedang melakukan standup comedy.

5. Kuasai materi dengan baik, berikan improvisasi

Ini salah satu tips paling penting. Percuma keempat tips sebelumnya kita menguasai, kalau materi kita tidak terlalu mengusainya.

Siapkan materi-materi presentasi well-prepared, beberapa hari sebelumnya. Jika perlu, lakukan latihan presentasi materi tersebut terlebih dahulu. Terlebih lagi, durasi presentasi kita sangat panjang.

Jika kita menguasai materi dengan baik, maka akan mudah untuk melakukan improvisasi, untuk menyesuaikan dengan durasi waktu presentasi yang panjang, apabila bahan materi sudah habis.

Sahabat..itulah kelima tips public speaking yang bisa langsung diterapkan saat bicara di depan publik ke depannya. Ada tips lainnya? Berbagi disini yuk!

Untuk tips public speaking lainnya, bisa dicek disini.

Loading...