Jatik.com
to Inspire. be Social.

WOW, Tak Disangka Khasiat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Banyak lho!

Daun pohpohan dapat meredakan nyeri, mencegah peradangan, mencegah kanker, dan masih banyak lagi lainnya.

0 348

Bagi Anda yang suka kuliner Sunda, tentu tak asing dengan daun yang satu ini, daun pohpohan. Daun hijau segar, rasa unik, aroma harum dan lezat ini seringkali digunakan sebagai lalapan untuk beragam kuliner Sunda. Tak disangka-sangka, ternyata khasiat daun pohpohan bagi kesehatan sangat banyak lho. Apa saja?

Ngelalap daun pohpohan dengan sambal, benar-benar maknyuss. Daun hijau yang digunakan sebagai lalapan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena manfaat dan khasiatnya yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Tak hanya mantap untuk dilalap, daun pohpohan juga sangat nikmat jika dimasak sebagai sayur.

Dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa khasiat daun pohpohan sangat besar karena di dalamnya terkandung beberapa zat alami seperti zat fosfor, vitamin B, vitamin C, zat besi, lemak, energi, kalsium, protein, vitamin A, dan karbohidrat.

Ini beberapa manfaat dan khasiat daun pohpohan yang perlu Anda tahu.

#1 Untuk mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu khasiat ampuh dari daun hijau ini adalah untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi sebagai lalapan atau sayur secara rutin, Anda sudah mendapatkan manfaat terhindar dari tekanan darah tinggi.

#2 Meredakan nyeri haid

Bagi wanita yang sedang mengalami masa-masa datang bulan, seringkali merasakan nyeri. Tak perlu mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri tersebut. Cukup konsumsi daun pohpohan untuk meredakan rasa nyeri dan kram saat datang bulan dengan cepat.

#3 Mencegah tulang keropos

Khasiat daun pohpohan juga terasa bagi Anda yang ingin memiliki tulang sehat. Kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Jika dikonsumsi secara rutin, tulang akan terhindar dari proses pengeroposan.

#4 Untuk pengobatan nyeri otot

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri otot, tentu tak nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Kandungan yang terdapat di daun pohpohan dipercaya juga dapat mencegah dan mengobati nyeri otot yang diderita.

#5 Pengobatan sakit pinggang

Seringkali mengalami sakit pinggang karena beragam faktor? Anda dapat mengonsumsi obat sakit pinggang alami yang didapatkan dari daun pohpohan. Cukup mengonsumsinya secara teratur dan juga pola hidup sehat, maka sakit pinggang akan menghilang dengan sendirinya.

#6 Menjaga daya tahan tubuh

Banyaknya kandungan alami vitamin dan mineral yang ada di dalam daun hijau ini, pasti sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh meningkat, maka kita akan jauh lebih kuat dan kebal terhadap serangan beragam penyakit yang bisa datang kapan pun.

#7 Obat infeksi saluran kencing

Ingin mengobati atau mencegah infeksi saluran kencing? Konsumsilah daun pohpohan dengan rutin agar saluran kencing Anda jauh lebih bersih dan mengurangi bakteri serta kuman.

#8 Pencegahan terhadap penyakit demensia

Penyakit demensia atau pikun dapat terjadi pada siapa pun juga. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit satu ini, sebaiknya mengonsumsi daun pohpohan secara rutin.

Kandungan yang terdapat di dalam daun hijau ini dipercaya mampu untuk mencegah kepikunan dan juga meningkatkan daya konsentrasi Anda.

#9 Sebagai pencegah terhadap penyakit kanker

Daun pohpohan juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit berat seperti kanker. Ini karena di dalam daun ini terdapat zat antikanker alami. Mengonsumsi daun pohpohan dengan teratur akan menjaga tubuh kita dari ancaman sel kanker.

#10 Obat wasir

Anda memiliki riwayat penyakit wasir? Atasi dengan mengonsumsi daun pohpohan. Sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit wasir, Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsinya secara teratur setiap hari.

#11 Obat rematik

Penyakit sendi seperti rematik memang membuat tidak nyaman. Jika ingin rematik hilang, alternatif pengobatan herbal dengan mengonsumsi daun pohpohan sangat disarankan. Kandungan senyawa alami yang ada di daun ini, bermanfaat dalam meredakan penyakit rematik secara alami.

#12 Pencegahan dari radikal bebas

Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh apabila kita tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Karena itu, konsumsi daun pohpohan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari radikal bebas yang datang setiap saat.

==========

Sungguh banyak sekali manfaat dan khasiat daun pohpohan bagi kesehatan bukan? Tak hanya dua belas manfaat bagi kesehatan di atas, ternyata daun ini masih banyak lho khasiatnya.

Beberapa diantara khasiat daun pohpohan bagi kesehatan yaitu untuk mencegah peradangan, menyehatkan gigi, menormalkan tekanan darah, penetralisir racun tubuh, mengatasi kulit kusam dan kering, dan mengatasi kram. Yuk mulai konsumsi daun hijau pohpohan baik sebagai lalapan, dimasak, dijadikan jus, dan beragam cara lainnya.

Referensi Tambahan: www.kebunpedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.