WOW! Tweet dari Pengguna Twitter ini Bernilai Milyaran Dolar, Apa Alasannya?

1 134

Ah..masa sih ada tweet yang bernilai milyaran dolar??? Siapa tuh yang ng-tweet? Gak percaya ah..!

Eittss…tunggu dulu…sebelum melihat tweet yang satu ini, dan kisah dibalik tweet tersebut serta alasan kenapa tweet tersebut bisa bernilai milyaran dolar.

Sebuah tweet yang dikirimkan oleh Travis Kalanick (@KonatBone) yang dikirim pada Januari 2010. Mendapatkan balasan dari Ryan Graves (@ryangraves) 3 menit kemudian. Tweet ini berharga lebih dari satu miliar dolar.

Emmm…kok bisa seh, berharga milyaran dolar?? Cuma sekedar tweet biasa tuh kayaknya.

Tweet-nya sih emang biasa seperti kita ngetweet di Twitter,,tetapi, yang membuat luar biasa adalah tujuan mengetweet tersebut, dan memiliki dampak yang bernilai tinggi.

Siapa Travis Kalanick ini? Dia adalah salah satu entrepreneur muda Amerika Serikat yang sukses membawa nama besar Uber, sebuah perusahaan jaringan transportasi dunia.

Salah satu momen berharga dari kisah perusahaan jaringan transportasi bernama Uber
Salah satu momen berharga dari kisah perusahaan jaringan transportasi bernama Uber

Pada Januari 2010 adalah saat Travis Kalanick melakukan sebuah tes berjalan dengan 3 mobil di New York untuk aplikasi mobile yang ia dan temannya, Garrett Camp, baru saja buat.

Mereka berdua memutuskan sudah waktunya untuk memulai sebuah perusahaan di aplikasi mobile tersebut dan sedang membutuhkan seorang General Manager untuk menjalankannya. Lalu, Travis mempromosikannya di Craigslist dan Twitter untuk mencari orang yang tepat.

Kemudian datanglah balasan dari Ryan untuk Travis datang saat ia sedang mencari sesuatu yang baru. Dalam tempo 3 menit dari tweet Kalanick, momen tersebut menjadi sangat fenomenal.

Ryan memiliki beberapa pengalaman di perusahaan General Electric, dan telah bekerja untuk Foursquare untuk sementara waktu secara gratis setelah perusahaan menolaknya memberikan pekerjaan. Dia sudah siap untuk kesempatan baru – dan mengambil kesempatan dengan tweet ini.

Travis menjawab kembali, mereka bertemu, mereka cocok, dan Ryan bergabung dengan tim Travis dan Garrett pada tanggal 1 Maret sebagai orang pertama yang mereka rekrut.

Dengan perusahaan baru mereka mulai, mereka bertiga kemudian mengundang semua teman-teman mereka untuk demo produk dan aplikasi resmi Uber diluncurkan di San Francisco hanya 3 bulan kemudian pada tanggal 31 Mei.

Itu kejadian lima tahun yang lalu.

Beberapa waktu lalu, tim yang dimulai dengan tweet yang telah membangun perusahaan mereka, Uber, menjadi perusahaan yang saat ini bernilai lebih dari $ 60 milyar (mereka baru saja mengumumkan putaran pendanaan lain sebesar $ 2 milyar minggu ini).

Hari ini, Travis dan Ryan bernilai lebih dari $ 6 miliar, dan bahwa tweet dari Ryan (yang hari ini adalah Kepala Operasi Global Uber) memulai sebuah perjalanan yang telah membuatnya menjadi seorang miliarder hari ini juga.

So, bagaimana dengan Anda yang menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn dan Youtube hari ini?

Hanya sebagai keluhan? Sebagai alat penyiaran?

Atau, seperti Travis dan Ryan, sebagai cara untuk menemukan sumber daya, koneksi dan kesempatan yang dibutuhkan ketika Anda membutuhkannya?

Tergantung pada bagaimana menggunakannya, media sosial dapat membuat Anda merasa terpisah dari semua orang, atau satu langkah mendekat kepada siapapun.

Hal ini dapat membuatnya tidak berguna atau memberdayakan Anda.

Ini bisa menjadi pembuang waktu, atau menghemat waktu.

“Never confuse motion with action.”
~ Benjamin Franklin

Apa yang Anda butuhkan atau siapa yang dapat anda bantu hari ini? Mungkin saja, dengan melakukan sebuah tweet yang berharga.

Tentu saja, tidak ada jaminan bahwa satu koneksi atau tweet akan menghasilkan milyaran dolar bagi Anda atau berdampak pada satu miliar jiwa.

Tetapi, jika tidak memulainya, maka tidak akan pernah terjadi.

Loading...