Jatik.com
to Inspire. be Social.

Diare? Coba 7 Makanan untuk Diare & Memiliki Manfaat Meredakannya

Selain menggunakan obat, ada juga lho sejumlah makanan pereda diare yang bisa dipilih sebagai metode pengobatan dengan cara yang alami

0 48

Diare kadang datang tak mengenal tempat ataupun waktu yang tepat. Bisa saja saat Anda sedang dalam perjalanan jauh. Parahnya lagi, diare terkadang tidak hanya berlangsung sehari, melainkan berhari-hari, walaupun Anda telah mengonsumsi obat diare. Ada beberapa bahan alami yang berfungsi sebagai alternatif untuk meredakan diare. Setidaknya 7 makanan untuk diare yang bermanfaat meredakan penyakit diare ini bisa Anda coba!

Di sekitar kita, banyak terdapat bahan-bahan alami yang dapat mengatasi beragam penyakit, termasuk diare. Salah satu yang direkomendasikan adalah dengan menanam tanaman obat-obatan keluarga di rumah.

Terkhusus untuk diare, jika obat diare dirasa kurang manjur, coba deh meredakan diare dengan cara yang lebih alami. Mau tahu seperti apa cara meredakan diare dengan cara yang alami?

Berikut tujuh makanan untuk diare yang memiliki manfaat mengatasi penyakit tersebut.

1. Teh herbal

Selain menenangkan hati dan pikiran, teh dari jenis chamomille ini dipercaya mampu menenangkan usus besar saat terkena diare, serta meredakan radang pada usus besar maupun usus kecil.

Khasiat dari produk teh chamomille langsung dapat dirasakan oleh penggunanya. Cukup dengan menyeduh dan meminumnya secara rutin selama penyakit diare masih berlangsung.

2. Yoghurt

Meskipun produk susu dikenal tidak boleh dikonsumsi saat diare, tidak halnya dengan yoghurt. Dari sebuah penelitian yang termuat di Journal of American Medical Association pada tahun 2009, kandungan probiotik dalam yoghurt dinilai ampuh sebagai makanan untuk diare yang bermanfaat untuk meredakan diare yang menyerang Anda, lho.

Kandungan probiotik tersebut terdiri dari bakteri bifidobacterium dan lactobacillus di dalam yoghurt yang baik untuk merawat kesehatan fungsi pencernaan.

3. Pisang

Makanan untuk diare selanjutnya buah yang seringkali kita jumpai, yaitu buah pisang. Buah dengan bentuk khas ini mengandung kadar pektin yang tinggi yang dapat membantu feses menjadi berbentuk padat, sehingga gejala diare dapat berkurang.

Tak hanya itu, pisang juga diketahui mengandung sejumlah elektrolit dan kalium yang mampu mengoptimalkan fungsi dari sistem pencernaan Anda.

4. Kentang tumbuk

Bagi yang belum tahu, kentang tumbuk dapat digunakan sebagai makanan untuk diare, lho. Saat menderita diare, Anda tak boleh mengonsumsi makanan padat, sebab saluran pencernaan Anda tengah sibuk menangani patogen penyebab diare, sehingga tidak bisa mengolah makanan padat dengan baik.

Mengonsumsi kentang tumbuk atau pun nasi lembek sebagai pengganti dapat memudahkan sistem pencernaan Anda.

5. Sup wortel

Sup wortel diyakini dapat berperan sebagai cara alami obati diare karena dipercaya memiliki kandungan antidyspeptic. Kandungan ini menjadikan wortel sebagai makanan sehat untuk anak-anak yang sedang dalam masa pemulihan diri dari diare, karena memberikan nutrisi yang hilang selama ini.

Cara konsumsinya, pertama potong-potong 500 gram wortel, dan kemudian direbus dengan satu setengah cangkir air selama 15 menit. Berikan garam secukupnya, dan nikmati selagi hangat. Sup ini sangat baik untuk dimakan sebagai pendamping kentang tumbuk ketika diare.

6. Saus dan cuka apel

Buah apel yang diolah menjadi saus, selai, atau jus tanpa gula baik dikonsumsi bagi penderita diare. Saus apel dipercaya mengandung kadar pektin yang tinggi, serupa dengan pisang, sehingga dapat membantu dalam meredakan diare.

Selain saus atau selai, cuka apel juga dikatakan mengandung zat yang efektif untuk menyembuhkan diare.

7. Jambu biji dan airnya

Mungkin sudah banyak yang dengar ya kalau jambu biji baik untuk meredakan diare? Nyatanya, kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji memiliki dampak positif untuk mengobati diare.

Caranya, Anda cukup memakan buah ini, atau mengolahnya menjadi jus. Tak hanya daging buahnya, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan diare. Untuk ini, Anda cukup merebus daun jambu biji, lalu menyaring serta meminum air rebusannya. Mudah, bukan?

Nah, dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan, mengonsumsi 7 makanan untuk diare yang memiliki manfaat meredakan penyakit tersebut juga bisa lho dipilih. Rasa mulas yang terjadi berkali-kali datang perlahan akan menghilang. Semoga bermanfaat!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.