4 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan

0 166

Bagi ibu hamil, memang tidak mudah untuk melakukan gerakan olahraga. Terdapat beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang bermanfaat. Apa saja rekomendasinya ya Bun?

Yang pasti, sebelum memilih jenis olahraga untuk ibu hamil tersebut, sebaiknya Bunda mengkonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Tidak semua olahraga cocok dengan kondisi ibu hamil yang berbeda-beda.

Dokter mungkin akan memberikan saran untuk menghentikan aktivitas yang berdampak tinggi setelah trimester pertama. Olahraga yang ringan akan membuat ibu hamil tetap sehat segera setelah bayi dalam perut mulai terbentuk.

Berikut ini beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang dianjurkan, diantaranya:

1. Berjalan

Ini salah satu jenis olahraga untuk ibu hamil yang merupakan latihan paling bagus. Mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Berjalanlah sejauh yang Bunda suka.

Pastinya, yang perlu diperhatikan adalah berjalan dengan situasi yang aman dan jangan sampai merasa kelelahan. Jika perlu, ajaklah suami untuk ikut serta mendampingi.

Selain bagus untuk kesehatan ibu hamil, berjalan pagi hari juga bagus agar pikiran lebih fresh dan menenangkan jiwa. Hal ini sangat bermanfaat bagi janin yang ada di kandungan.

2. Berenang

Berenang adalah salah satu latihan yang juga baik untuk ibu hamil. Dapat dilakukan terus sampai 2 minggu menjelang melahirkan. Sebaiknya, tidak berenang di air dingin karena mempermudah terjadinya kram.

Berikut ini beberapa gerakan renang untuk ibu hamil:

  • Bertolak dari satu tepi kolam renang dan mengembanglah secara bebas menggunakan punggung Bunda dan tangan diletakkan di belakang kepala. Lakukan gerakan ini secara lembut dan perlahan.
  • Lakukan gerakan melingkar, yaitu dengan cara punggung menempel di dinding kolam. Rentangkan kedua tangan sambil tetap berpegangan pada tepian kolam. Angkat tungkai kaki dan buatlah gerakan memutar secara perlahan dengan tungkai Bunda di dalam air. Lakukan gerakan ini terus-menerus tetapi jangan sampai kelelahan.
  • Lakukan gerakan-gerakan tubuh, yaitu menghadap ke dinding kolam. Kaki dipancalkan ke dinding kolam dengan lutut ditekuk. Gerakkan tubuh dari sisi ke sisi. Luruskan dan regangkan tungkai dengan telapak kaki tetap menempel di dinding kolam. Ulangi gerakan berayun-ayun tersebut.

3. Senam Hamil

Olahraga untuk ibu hamil lainnya yang direkomendasikan yaitu senam hamil. Senam kehamilan bisa membuat ibu hamil menjadi lebih relaks / santai.

Namun, jika Bunda ingin melakukannya, sebaiknya meluangkan waktu khusus untuk itu. Sebenarnya, dalam senam hamil ini, posisi-posisi yang dilakukan adalah untuk merileksasikan tubuh ketika akan menghadapi persalinan.

Namun, perasaan tenang yang didapatkan tidak saja saat akan menghadapi persalinan, selesai senam hamil pun Bunda akan merasa lebih tenang karena di dalamnya terdapat latihan pengaturan nafas, yang fungsinya untuk merileksasikan tubuh.

Agar kualitas senam hamil yang dilakukan akan baik, sebaiknya senam hamil ini dilakukan bersama dengan pelatih yang sudah teruji. Jika nanti sudah lancar melakukannya, Bunda bisa melakukan sendiri di rumah.

4. Gerakan Yoga

Olahraga untuk ibu hamil yang juga direkomendasikan adalah gerakan yoga. Yoga merupakan seni pernapasan dan olah tubuh yang berasal dari India.

Gerakan yoga ini tidak hanya bermanfaat untuk kesegaran rohani dan jasmani, tetapi juga membantu memperlancar proses persalinan.

Dengan gerakan yoga, Bunda terbantu untuk merasa lebih rileks, memiliki kontrol diri sendiri (self control) yang tinggi dan rasa percaya diri. Pada dasarnya, tujuan berlatih yoga adalah untuk meningkatkan kesadaran.

Kepercayaan diri akan mempengaruhi jiwa bayi yang ada di dalam kandungan si ibu. Seluruh sistem gerakan yoga, tanpa terkecuali, ditujukan untuk mempengaruhi keseimbangan emosional, mental, fisik, dan intelektual manusia.

Nah, karena terkait dengan sistem yang holistik, maka gerakan yoga sangat bermanfaat untuk mental si ibu, dan juga berefek pada si janin.

Untuk melakukan gerakan yoga, Bunda harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi dirinya. Apabila nyaman dalam melakukan gerakan yoga, silahkan saja.

Setidaknya, minimal ada 4 gerakan yoga yang aman untuk ibu hamil, diantaranya:

  • Bhadrasana yaitu gerakan yoga yang dilakukan dengan duduk santai
  • Shavashana yaitu gerakan yoga yang dilakukan dengan tidur / berbaring
  • Tedasana yaitu gerakan yoga yang dilakukan sambil berdiri
  • Vajrasana yaitu gerakan yoga yang dilakukan sambil duduk dengan kedua kaki ditekuk dan dijadikan alas

Untuk memulai berlatih gerakan yoga ini, Bunda wajib didampingi oleh pelatih profesional untuk awal-awalnya. Agar tidak terjadi kesalahan pada gerakan yang berakibat pada si ibu itu sendiri.

Itulah keempat jenis olahraga untuk ibu hamil yang direkomendasikan. Masih banyak jenis olahraga lainnya yang bisa Bunda lakukan.

Tetapi, tetap perlu diingat. Sebelum melakukan olahraga apapun, mintalah saran dari dokter kandungan Bunda. Selamat berolahraga, Bun!

Loading...