5 Penyebab Karies Gigi Pada Anak Selain Makanan

Gak hanya makanan Bunda, ternyata ada penyebab lain gigi berlubang anak-anak kita.

0 241

Karies gigi atau gigi berlubang merupakan salah satu masalah dalam kesehatan gigi pada anak-anak kita. Sebenarnya, penyebab karies gigi itu apa ya selain makanan?

Mempunyai gigi sehat tentu saja idaman bagi siapapun. Dengan memiliki gigi sehat, maka proses pencernaan makanan akan jauh lebih mudah karena fungsinya untuk memotong dan menghaluskan asupan makanan yang masuk.

Untuk itu, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi tentunya sangat penting agar tidak terkena salah satu penyakitnya, yaitu gigi berlubang atau karies gigi. Dan, proses menjaga kesehatan gigi ini sebaiknya dimulai sejak dini, yaitu sejak masih anak-anak.

Akan tetapi, gigi berlubang seringkali terjadi pada anak-anak. Penyebab karies gigi pada anak-anak biasanya karena kebiasaan mereka yang suka mengkonsumsi makanan manis, seperti kue, permen, susu, cemilan, dan masih banyak lagi lainnya.

Masalah ini bertambah ketika orangtua tidak membiasakan anak-anak mereka untuk menggosok gigi secara rutin, sehingga membuatnya lebih rentan terkena gigi berlubang.

Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan yang cukup serius dan tak boleh dianggap sebelah mata. Karies gigi akan menimbulkan rasa nyeri / sakit sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada anak. Selain karena faktor makanan manis tadi, ternyata ada penyebab karies gigi lainnya.

Berikut ini beberapa penyebab karies gigi pada anak yang perlu orangtua ketahui:

#1 Faktor Jumlah Saliva

Saliva atau disebut ludah merupakan salah satu sistem pertahanan yang ada di mulut. Saliva ini berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel dan juga bakteri yang ada di gigi. Air ludah juga membantu melawan sisa makanan yang menumpuk di gigi dan produksi asam.

Jika kadar saliva tersebut sedikit, maka gigi anak kita berpotensi terkena masalah gigi berlubang.

#2 Bentuk Gigi

Faktor penyebab karies gigi selanjutnya adalah bentuk gigi pada anak-anak itu sendiri. Bentuk gigi dan seberapa besar ukurannya berperan penting dalam proses terjadinya karies gigi.

Ini yang menyebabkan sisa makanan akan jauh lebih mudah menumpuk dan terperangkap di sela-sela gigi, baik bagian belakang maupun depan. Biasanya sih terjadi pada gigi geraham dan gigi bagian belakang.

#3 Faktor Mikroorganisme

Gigi berlubang juga disebabkan oleh adanya mikroorganisme. Mikroorganisme yang menjadi penyebabnya adalah Streptococcus mutas dan Streptococcus sobrinus. Kedua mikroorganisme tersebut bersifat patogen dan penghasil asam yang merusak gigi.

#4 Faktor Waktu

Faktor penyebab karies gigi yang keempat adalah faktor waktu. Munculnya karies membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menjadi gigi berlubang.

Gangguan pada gigi yang tingkat perkembangannya cukup cepat adalah karies rampan.

#5 Kebiasaan membersihkan gigi

Faktor terakhir yang menjadi penyebab gigi berlubang adalah kebiasaan yang jarang sikat gigi. Ini menjadi pemicu paling fatal atas munculnya karies gigi. Oleh karena itu, sebaiknya ajarkan pada anak-anak kita untuk membiasakan diri gosok gigi, 2 kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Kelima faktor di atas menjadi penyebab karies gigi paling umum yang terjadi pada anak-anak. Sebagai orangtua, kita wajib mengetahuinya agar gigi berlubang bisa dicegah pada anak-anak dan tidak berdampak semakin buruk pada mereka.

Ketahui lebih banyak tentang bagaimana menjaga dan mendidik anak-anak kita melalui berbagai wawasan tentang parenting disini.

Loading...