Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Tips Perawatan Kulit Sensitif Secara Alami untuk Kecantikan Dirimu

1 73

Banyak orang mengklaim bahwa mereka memiliki kulit sensitif ketika mereka keluar setelah menggunakan produk tertentu atau terkena sinar matahari.

Namun, sebagian besar dari kita ternyata diketahui bukan bermasalah pada kulitnya, tetapi salah menggunakan produk kecantikan atau kebiasaan buruk yaitu kurang merawat kulit kita.

Jika kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang mengalami masalah kulit seperti pecah-pecah atau gatal setelah terkena paparan sinar matahari atau menggunakan produk tertentu, maka pastikan apakah kamu memiliki kulit yang sensitif atau ada penyebab lain.

Lalu, bagaimana kita mengetahui kalau kulit kita tersebut sensitif?

Umumnya, kulit sensitif adalah kulit tipis dengan kapiler rusak yang terlihat di bawah permukaan kulit.

Kulit sensitif juga memiliki pori-pori yang baik. Tetapi, ketika terkena perubahan suhu, kulit sensitif akan memerah dengan mudah, baik suhu dingin atau panas.

Kulit sensitif cenderung mudah timbul bintik-bintik jika terkena kotoran atau menggunakan produk perawatan kulit yang kurang sesuai.

Jika kulit kamu menunjukkan tanda-tanda ini, kemungkinan besar kamu benar-benar memiliki kulit sensitif.

Akan tetapi, untuk mengetahui secara pasti, akan lebih baik jika mengunjungi dokter kulit untuk dites.

Mungkin, perawatan kulit sensitif tidak terlalu mudah, sangat disarankan untuk membatasi penggunaan produk perawatan kulit.

Umumnya, ketat dalam menggunakan produk perawatan kulit lebih efektif agar tidak memicu kulit menjadi rusak.

Perawatan kulit sensitif bergantung pada bagaimana menguatkan kulit dalam rangka mengurangi sensitivitas kulitmu.

Bagaimana melakukan perawatan kulit sensitif? Ini 5 cara mudahnya…

1. Jaga kelembapan kulit kamu

Kulit sensitif rentan terhadap kekeringan yang dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas. Minum delapan atau lebih gelas air untuk membantu menjaga kelembapan kulit kamu.

Selain itu, gunakan produk pelembab ringan dan mengandung hypoallergenic setiap hari, untuk membantu mengembalikan kelembaban kulitmu, sekaligus bertindak sebagai mekanisme pertahanan terhadap alergi.

2. Konsumsi makanan yang ramah terhadap kulitmu

Buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya air lainnya sangat penting dalam mengoreksi ketidakseimbangan kulit.

Vitamin, mineral, dan kadar air dari makanan ini akan melembabkan kulit dan mengembalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Di sisi lain, mengkonsumsi makanan pedas, minuman beralkohol dan berkafein dapat meningkatkan sensitivitas kulitmu.

5 Tips Merawat Kulit Sensitif
5 Tips Merawat Kulit Sensitif

3. Kurangi paparan langsung sinar Ultra Violet dari matahari

Paparan sinar matahari langsung adalah penyebab kulit sensitif mudah memerah dan terbakar. Sebelum pergi keluar, gunakan lotion di wajah yang menggunakan tabir surya dan pada tubuhmu gunakan sunblock lotion.

Kamu juga bisa melindungi bibir dari efek sinar matahari langsung. Menggunakan lip balm yang kaya dengan SPF sebelum lipstik atau gloss dapat membantu melindungi bibir Anda.

Kamu bisa juga menggunakan peralatan seperti payung, kacamata hitam, dan topi untuk melindungi tubuh, mata, dan wajah dari paparan sinar ultraviolet.

4. Lindungi kulit setiap saat

Bahkan ketika dirimu berada di dalam ruangan, kulit masih membutuhkan perlindungan. Jika tinggal di sebuah ruangan ber-AC atau pemanas ruangan (untuk daerah dingin), oleskan pelembab ringan sesering mungkin.

Ini akan mencegah kulitmu kekeringan karena suhu ekstrim.

5. Hindari produk dengan pewarna buatan dan wewangian sintetis

Pewarna dan wewangian sintetis ditambahkan ke produk perawatan kulit hanya untuk meningkatkan daya tarik pemasaran.

Kulit kita tidak benar-benar mendapatkan keuntungan dari bahan-bahan ini. Bahkan, lebih sering bahan-bahan ini akan menyebabkan reaksi alergi dan meningkatkan sensitivitas kulitmu.

Selain kelima tips diatas, ide yang baik untuk beralih ke produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

Sebuah penilaian kulit secara menyeluruh dan konsultasi dengan dokter kulit dapat membantu teknik perawatan kulit dan produk yang tepat untuk memperkuat kulit dan meminimalkan kepekaannya.

Referensi: Magwuzz.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.