Tak Terlalu Sulit ‘Kok! Ini Cara Meningkatkan Imajinasi Anak & Manfaatnya

Manfaat dari peningkatan daya imajinasi anak pun sangat banyak.

0 300

Sebagai orangtua kita perlu mendukung perkembangan daya imajinasi anak-anak di masa pertumbuhan mereka. Peningkatan daya imajinasi anak ini akan sangat membantu bagi perkembangan aspek psikologisnya. Berikut beberapa cara meningkatkan imajinasi anak yang direkomendasikan.

Daya imajinasi anak yang tinggi merupakan salah satu indikator bahwa anak-anak kita memiliki kecerdasan yang bagus. Semakin tinggi daya imajinasi anak tersebut berkorelasi dengan semakin optimalnya otak buah hati.

Banyak cara meningkatkan imajinasi anak yang bisa dilakukan dan perlu dukungan penuh dari orangtua. Karena anak-anak akan lebih mudah berkembang aspek imajinatifnya jika mereka merasakan kedekatan dengan orangtuanya. Selain itu, banyak manfaat bagi anak-anak jika daya imajinatifnya berkembang.

Ini beberapa manfaat dan cara meningkatkan imajinasi anak yang bisa dilakukan di rumah:

  • Aspek Komunikasi

Bagi buah hati kita yang sering bermain permainan imajinatif atau bisa dengan membaca / mendengarkan dongeng, maka perlahan akan terbiasa untuk membangun cerita dari dunia di sekitar mereka.

Ini akan sangat berdampak bagus bagi perkembangan komunikasi anak-anak. Ayah bunda bisa melihat perkembangan aspek komunikasi buah hatinya dengan peningkatan kosakata yang semakin kaya, serta rasa percaya diri untuk berkomunikasi terus terbangun.

Bagaimana cara meningkatkan imajinasi anak untuk pengembangan komunikasi mereka?

Sederhananya adalah dengan mengajak buah hati kita untuk membaca buku cerita dongeng. Kita juga bisa membacakan cerita dongeng untuk mereka sebelum tidur, yang banyak manfaatnya. Atau, lebih jauh, bisa mengajak anak-anak untuk memainkan peran suatu karakter dalam cerita tersebut.

  • Pengendalian Diri

Ini juga salah satu manfaat yang didapatkan jika daya imajinasi anak-anak kita berkembang. Mereka akan terasah kemampuannya untuk dapat mengendalikan keadaan dan memahami cara bagaimana mengendalikan diri mereka.

Permainan apa yang cocok untuk mengembangkan daya imajinasi ini?

Yaitu, memainkan permainan peran bagi anak-anak kita yang dapat memahami tentang karakter dari perannya tersebut. Selain itu, dengan bermain peran suatu karakter akan membuat dirinya aktif untuk menjadi orang yang diinginkan.

  • Kemampuan Memecahkan Masalah

Aspek manfaat lain adalah kemampuan mereka untuk memecahkan masalah akan semakin baik. Anak-anak bisa membayangkan situasi / kondisi yang imajinatif, sehingga membantunya berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif ini akan berkorelasi dengan kemampuan dalam pemecahan masalah.

Di dalam pikiran mereka akan dibiasakan untuk memproyeksikan suatu kondisi / situasi dalam konteks sebab-akibat.

Permainan yang juga cocok untuk dimainkan untuk mengembangan aspek ini adalah permainan menyusun balok. Permainan ini akan membantu daya eksperimen si Kecil dan juga memperkaya ide mereka.

===========

Dengan semakin bertambahnya usia buah hati kita, kemampuan mereka pun akan semakin matang. Bagi anak-anak yang memiliki daya imajinasi yang tinggi, akan mampu bertahan dengan berbagai kondisi dan tantangan yang sulit, untuk dijalankan dengan cara yang lebih baik.

Kita sebagai orangtua juga perlu berperan aktif dalam mendukung upaya peningkatan daya imajinasi buah hati kita. Beberapa tips tambahan ini juga bisa membantu:

  • Isi dan hiasi dunia anak-anak dengan berbagai musik yang seumurnya. Jangan berikan musik-musik, yang tidak sesuai dengan usia mereka.
  • Berikan batasan waktu terhadap anak untuk menonton televisi. Selalu dampingi mereka saat menonton televisi.
  • Kontrol penggunaan gadget bagi anak-anak. Penggunaan gadget yang melebihi batas, atau tidak sesuai dengan usianya, akan mengganggu perkembangan mereka.
  • Berikan anak-anak asupan gizi yang cukup untuk membantu meningkatkan daya imajinasi mereka.

Itulah beberapa manfaat dan cara meningkatkan imajinasi anak yang bisa kita upayakan dengan maksimal kepada buah hati. Happy Parenting, Ayah Bunda!

Referensi Tambahan: www.niahidayati.net

Loading...