Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan, Ajib Banget!

0 38

Kamu salah satu penggemar fanatik coklat? Tau gak sih kalau coklat itu ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan tubuh kita. Mau tahu apa saja manfaat coklat bagi kesehatan? Simak artikel berikut.

Coklat tak hanya enak untuk dikonsumsi langsung, tetapi juga diolah menjadi banyak resep kuliner. Selain enak, cokelat juga dipercaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Tak salah bagi kamu yang menyukai coklat.

Dari sekian banyak manfaat coklat bagi kesehatan, setidaknya 10 benefit ini yang perlu kamu tahu.

#1 Mencegah Kanker

Di dalam cokelat terkandung senyawa yang disebut sebagai pentamer atau procyanidin pentameric. Senyawa ini memiliki manfaat sebagai penghambat sel-sel kanker menyebar luas.

Buat kamu yang ingin tercegah dari penyakit kanker, tak perlu bingung. Cukup konsumsi dengan rutin cokelat, agar senyawa tersebut dapat menangkal sel-sel kanker tersebar luas.

#2 Melindungi Kulit

Peneliti dari Jerman menyebutkan bahwa cokelat mengandung flavonoid yang berperan penting sebagai pelindung kulit dari sinar ultra violet matahari. Jika kamu ingin memiliki kulit sehat, konsumsilah cokelat secara rutin.

#3 Membantu Kesehatan Otak

Kandungan vitamin C dan antioksidan flavonoid di dalam cokelat memiliki komponen utama polifenol seperti procyandins, epicatechins, dan katekin. Komponen tersebut membantu untuk menjaga kesehatan otak dan juga sistem syaraf.

Selain itu, bermanfaat juga untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan otak. Sebagai tambahan, cokelat juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Fungsinya adalah untuk meningkatkan daya ingat dan efisiensi otak.

#4 Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat coklat bagi kesehatan jantung juga besar. Kandungan flavonoid di dalamnya seperti asam gallic dan epicatechin, berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Walaupun asam stearat menjadi asam lemak jenuh, hal ini tidak mempengaruhi tingkat kolesterol. Justru dapat menurunkan potensi terkena serangan jantung. Flavonoid yang bersifat antioksidan ini akan melindungi jantung dari kerusakan karena radikal bebas.

#5 Mood Booster

Di dalam cokelat juga terkandung kafein, meskipun tidak sebanyak kopi, merupakan phenylethylamine, theobromine, dan alkaloid. Senyawa ini secara efektif dapat memberikan ketenangan dan mood booster.

Selain itu, cokelat juga mengandung trypthophan yang berkhasiat untuk menenangkan, terutama untuk menghilangkan stres atau kondisi tegang sehingga emosi tak dapat dikontrol.

#6 Mengontrol Tekanan Darah

Cokelat yang mengandung flavonoid terdapat senyawa polifenol seperti procyandins, epicatechins, katekin. Senyawa ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar nitrat oksida di dalam darah. Jadi, bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah.

#7 Pelindung dari Radikal Bebas

Manfaat coklat bagi kesehatan juga merupakan antioksidan yang meminimalkan efek radikal bebas dan juga membantu menyembuhkan kerusakan karena radiasi benda berbahaya. Hal ini karena di dalam cokelat terkandung polifenol, flavonoid, dan juga vitamin C.

Tak hanya itu, kandungan tersebut juga memiliki khasiat yang efektif dalam mencegah beberapa gangguan seperti gangguan pendengaran, penglihatan, syaraf, otak, dan degenerasi makula.

#8 Membantu Meredakan Pilek dan Batuk

Apabila kamu terserang batuk atau pilek, disarankan untuk mengonsumsi cokelat untuk membantu meredakannya. Kandungan flavonoid, alkaloid, dan juga vitamin C bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Cokelat juga bermanfaat untuk mengurangi sakit tenggorokan karena batuk terus-menerus, yang merupakan peran dari asam oleat, asam palmitat, dan juga asam stearat di dalamnya.

#9 Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat coklat bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah diabetes. Hal ini karena peran dari alkaloid yang memiliki rasa pahit seperti kafein. Rasa pahit dari alkaloid tersebut dapat menetralkan gula di dalam darah.

Alkaloid juga akan membantu sekresi empedu dan insulin dalam menurunkan gula darah.

#10 Penambah Energi

Jika tubuh ingin terasa lebih berenergi, kamu bisa mengonsumsi minuman cokelat. Asam lemak seperti asam oleat (tak jenuh) dan asam palmiat (jenuh baik) dapat memberikan energi dan menambah berat badan.

Itulah beberapa manfaat coklat bagi kesehatan yang perlu kamu tahu. Yuk, mulai sekarang konsumsi cokelat dengan kadar yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh lebih baik lagi.

Referensi:

Loading...

Sumber www.medicalnewstoday.com www.organicfacts.net www.thedailybeast.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.