Jatik.com
to Inspire. be Social.

9 Aktivitas Sederhana Agar Bayi Cerdas

0 146

Bunda tentu ingin agar bayi cerdas bukan? Lalu bagaimana caranya agar bayi kita menjadi cerdas?

Sebenarnya, tidak diperlukan perlengkapan yang mahal serta waktu lama untuk menstimulasi panca indera pada bayi. Tak lupa juga meningkatkan kemampuan bayi Bunda.

Bunda pun bisa melakukannya saat sambil bermain, berjalan bersama, memandikan, menjelang tidur, saat menyusui, atau juga menyuapi sang buah hati.

Banyak sekali aktivitas-aktivitas yang apabila benar-benar dimanfaatkan dengan baik, akan sangat membantu meningkatkan kemampuan agar bayi cerdas.

Setidaknya, 9 aktivitas sederhana ini bisa dilakukan agar bayi cerdas dan berkembang dengan baik.

1. Melalui gerakan visual / penglihatan

Beberapa aktivitas yang melibatkan visual (mata) ini sangat membantu mengembangkan kecerdasan buah hati Anda.

Misalkan, jika sedang berbicara dengan bayi Anda, selalu lakukan kontak mata. Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan berbagai aneka ekspresi wajah kepada buah hati.

Aktivitas lainnya seperti mengajak bayi melihat bayangan dirinya sendiri di cermin, akan juga membantu membuat agar bayi cerdas.

2. Mengajak bicara dan tertawa

Tips lainnya untuk mengembangkan kecerdasan otak bayi adalah dengan mengajaknya berbicara dan tertawa.

Bunda bisa melakukan beragam suara lucu untuk memancing suara dan gelak tawanya. Aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti menyanyikan lagu dan membiarkan buah hati Anda bergerak bebas mengikuti irama lagu tersebut.

Bunda juga bisa menggelitik bagian-bagian tubuh bayi seperti perut, telapak kaki, dagu, dan lain sebagainya.

3. Membangun Bonding (Batasan)

Ada beberapa batasan / sistem kekebalan yang juga berpengaruh terhadap perkembangan bayi Bunda.

Aktivitas yang berfungsi membangun bonding ini adalah dengan memberikan ASI ekslusif kepada bayi. Selain itu, luangkan waktu untuk tidak menonton TV, dan gunakan hanya untuk bermain dan bercengkrama dengan buah hati Anda.

Bisa juga dengan meluangkan waktu setiap harinya, untuk berdua duduk di lantai dengan bayi Anda, tanpa terganggu oleh suara musik, atau beragam permainan lainnya.

4. Melakukan olahraga fisik

Mengembangkan kecerdasan anak juga bisa dilakukan dengan olahraga fisik yang sederhana. Beberapa hal berikut ini bisa Bunda lakukan, antara lain:

  • Buat rintangan dengan menumpuk bantal-bantal, lalu ajak anak Anda untuk melewati tumpukan bantal tersebut.
  • Bisa juga dengan melakukan permainan “mengikuti Bunda”. Buah hati Anda mengikuti dari belakang kemanapun Bunda berkeliling di dalam rumah dengan merangkak.
  • Selalu dukung kegiatan buah hati Bunda. Jika mereka menyukai musik, maka berjogetlah bersama dengan buah hati Anda dengan musik yang menyenangkan.

5. Mengekplorasi tempat-tempat baru

Kecerdasan bayi Bunda juga bisa ditingkatkan dengan memberikan pemandangan tempat-tempat baru yang belum pernah diketahui oleh anak-anak Anda.

Bunda bisa mengajak bayi berjalan-jalan di sore hari sambil digendong ke arah depan. Biarkan bayi Anda melihat pemandangan sekitar.

Jika sudah merasakan bosan bernyanyi dan bercanda di rumah, Bunda juga bisa mengajaknya jalan-jalan berbelanja, melihat beragam snack dan mainan.

Saat berada di taman, posisikan duduknya di high chair, sehingga dia bisa melihat beragam aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang yang berada di taman tersebut.

6. Melakukan kegiatan bermain secara rutin

Banyak kegiatan bermain sederhana yang bisa membantu agar bayi cerdas. Beberapa diantaranya seperti:

  • Goda bayi Anda dengan meniup lembut pada bagian perut, lengan dan wajah
  • Sembunyikan mainan dia dalam tiga wadah berbeda yang tertutup. Biarkan dia menebak di wadah yang mana mainannya disembunyikan.
  • Lakukan cilukba, salah satu kegiatan simple untuk membuatnya tertawa.

7. Ajak berkenalan dengan tekstur

Sejak bayi juga sudah bisa mulai dikenalkan dengan berbagai tekstur permukaan benda. Contohnya seperti berikut:

  • Menyiapkan berbagai jenis kain, seperti wol, sutra, linen, dll. Gosokkan kain-kain tersebut dengan lembut pada pipi, perut, dan kaki bayi. Berikan penjelasan sederhana tentang tekstur masing-masing kain.
  • Bisa juga dengan mengajak ke kebun rumah, biarkan tangannya memegang rumput di kebun. Atau memegang permukaan jendela yang dingin setelah hujan, serta berbagai tumpukan pakaian.
9 Aktivitas sederhana agar bayi cerdas
9 Aktivitas sederhana agar bayi cerdas

8. Mengajarkan bahasa dan berhitung

Sejak bayi sudah bisa mulai dikenalkan dengan menghitung dan berbahasa. Contohnya seperti kegiatan berikut:

  • Menghitung objek-objek di sekeliling rumah Anda, seperti sandal, lemari, tv, mainan, dan banyak lagi lainnya.
  • Anda juga bisa membacakan buku dongeng kisah anak-anak, setiap malam hari sebelum tidur.
  • Luangkan waktu di akhir pekan untuk berkunjung ke perpustakaan. Sehingga dia bisa melihat berbagai deretan buku disana.

9. Membuat kenangan pada buah hati

Rekam segala aktivitas Bunda dan buah hati, lalu tunjukkan padanya. Juga bisa dengan mengumpulkan foto-foto anggota keluarga dan menunjukkan pada bayi Anda tentang siapa saja di foto tersebut.

Jika Anda sedang liburan ke kebun binatang, jangan lupa untuk memfoto setiap hewan yang Bunda dan buah hati lihat. Lalu, buatlah sebuah album tentang itu. Dan tunjukkan kembali pada buah hati Anda tentang hewan melalui album foto, disertai dengan suara khas hewan tersebut.

Bagaimana Bunda, cukup mudah bukan 9 aktivitas sederhana di atas agar bayi cerdas? Mungkin Bunda punya referensi aktivitas lainnya, yuk berbagi disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.