Aneka Kreasi Kardus Bekas yang Inspiratif Banget!

0 1,532

Di rumahmu ada banyak kardus bekas yang sudah tak digunakan lagi? Jangan dibuang. Sayang lho. Padahal kamu bisa membuat berbagai barang kreatif dari kardus bekas tersebut. Berikut aneka kreasi kardus bekas yang bisa memberikan inspirasi bagimu.

Kardus-kardus bekas yang biasa digunakan pun beragam, ada yang bekas botol kemasan, kardus sepatu, kardus barang elektronik, dan kardus-kardus lainnya.

Kardus-kardus bekas ini seringkali hanya dianggap sebagai sampah bagi sebagian besar orang. Padahal, jika kita mau sedikit saja kreatif, kardus-kardus bekas bisa disulap menjadi barang-barang yang memiliki banyak manfaat. Bahkan, kamu pun bisa menghasilkan uang dari menjual kreasi kardus bekas tersebut.

Untuk kamu yang ingin mencari inspirasi, bisa diubah menjadi apa saja kardus bekas, maka tak ada salahnya menengok beberapa kreasi kardus bekas hasil dari kreativitas orang yang telah mencobanya.

Berikut ini beberapa kreasi kardus bekas yang bisa dijadikan inspirasi bagimu untuk membuat barang-barang bernilai dan bermanfaat.

1. Menyulap kardus bekas menjadi kotak buku cantik

Kamu punya banyak simpanan buku di rumah yang terkadang selalu bikin berantakan kamar? Yuk mulai rapikan dan buat lebih cantik dengan menempatkan buku-buku tersebut di kotak buku cantik ini.

Kamu bisa berkreasi dengan kardus bekas dan beberapa bahan lain seperti kertas kado, lem, gunting, dll untuk mempercantik kotak bukumu. Berikut contoh gambar dan langkah pembuatan kotak buku dari kardus bekas.

kreasi kardus bekas kotak buku
Membuat kotak buku cantik dari kardus bekas

2. Kotak simpanan bahan / alat sederhana

Ada kardus-kardus bekas berukuran kecil yang cukup banyak? Tak ada salahnya jika kamu membuat kotak simpanan untuk berbagai bahan / alat dari kardus tersebut.

Contoh kreasinya seperti gambar di bawah ini. Ada beberapa kardus bekas berukuran kecil yang dijadikan satu menjadi bentuk kotak besar dan dipercantik dengan menempel berbagai kertas warna. Menarik bukan?

3. Kotak pensil dari toilet paper roll

Kreasi selanjutnya menggunakan bahan kardus bekas tisu toilet. Jika kamu menggunakan tisu toilet, jangan dibuang sisa kardusnya. Kamu bisa membuat bahan ini lebih berguna sebagai kotak pensil.

Cukup menggabungkan beberapa kardus tisu toilet menjadi satu dengan menggunakan lem. Dipercantik dengan menempelkan kertas berwarna. Jadi deh kotak pensil / pulpen cantik!

4. Membuat hiasan dinding cantik

Dinding kamar atau rumah kita akan jauh lebih indah dan cantik jika diberi hiasan-hiasan yang menarik. Eits, gak perlu beli lho membuat hiasan cantik tersebut.

Kamu cukup mengkreasikan kardus toilet paper roll menjadi hiasan dinding. Bagaimana caranya? Cukup mudah kok! Contoh saja kreasi hiasan dinding seperti gambar berikut.

Kreasi hiasan dinding dari kardus bekas

5. Membuat mainan anak-anak

Di rumahmu ada banyak anak kecil? Bahagiakan mereka dengan membuat berbagai mainan anak-anak. Gak perlu beli lho. Cukup menggunakan kardus-kardus bekas yang ada di sekitarmu. Seperti contoh berikut.

Membuat mainan anak berbahan dasar kardus bekas

6. Mempercantik lampu kamar

Lampu belajar di kamarmu terlihat biasa-biasa saja? Sulap menjadi lebih indah dengan membuat lampu-lampu di kamar menjadi lebih cantik. Biar betah di kamar gitu lho.

kreasi kardus bekas yang inspiratif
Percantik lampu kamar dengan kardus bekas

Itu beberapa kreasi kardus bekas yang bisa dijadikan inspirasi bagimu. Yang terpenting, keluarkan jiwa kreatif dalam dirimu. Jangan sia-siakan barang-barang bekas di rumah.

Untuk referensi tambahan bagimu, kardus bekas juga bisa dibuat berbagai kerajinan tangan seperti disini. Atau kamu mengumpulkan stik es krim? Buat barang-barang kreatif dari es krim seperti disini.

Loading...
Tinggalkan komentar