Akibat Tidak Suka Makan Buah Apa Ya?

0 806

Buah, bisa jadi salah satu makanan yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Mereka rela untuk tidak mencicipi yang namanya buah. Apa sih akibat tidak suka makan buah bagi kesehatan tubuh?

Buah yang termasuk salah satu makanan dalam 4 sehat 5 sempurna ini, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Di dalam buah, terkandung banyak sumber gizi penting yang sangat diperlukan bagi tubuh. Meskipun manfaat buah untuk kesehatan tubuh manusia sangat banyak, ada sebagian yang memang menolak untuk mengkonsumsinya. Dan ada juga yang walaupun tak menolak total, tetapi hanya mengkonsumsi beberapa buah tertentu saja.

Apa sih akibat tidak suka makan buah bagi kesehatan tubuh kita? Apakah ada dampak buruknya?

Setidaknya, berikut ini beberapa akibat tidak suka makan buah bagi kesehatan tubuh:

1. Daya tahan tubuh menjadi lemah

Salah satu akibat tidak suka makan buah adalah melemahnya daya tahan tubuh kita. Tubuh akan semakin rentan terkena serangan penyakit. Ini karena tubuh kekurangan beberapa vitamin seperti E, C, B, zat besi, seng, protein, dan magnesium.

Dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan peningkatan daya tahan tubuh, kita sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan seperti leci, apel, jeruk, kiwi, dan masih banyak lagi buah lainnya.

2. Menjadi mudah depresi dan stress

Depresi dan stress bisa jadi datang bukan hanya karena faktor mental / psikis saja. Ini bisa juga terjadi karena kita kekurangan beberapa vitamin seperti vit.C, vit.B kompleks, magnesium, dan besi yang banyak terkandung di dalam buah-buahan.

Jika kita kekurangan beberapa vitamin dan nutrisi tersebut, maka jika terdapat masalah, berpotensi mengalami stress dan depresi yang lebih besar. Alangkah baiknya jika kita rutin mengkonsumsi buah anggur dan melon agar mengurangi depresi dan stress.

3. Flu akan mudah menyerang

Penyakit yang rentan menyerang kesehatan tubuh kita jika kekurangan mengkonsumsi buah-buahan adalah penyakit flu. Ini karena disebabkan kurangnya betakaroten, vitamin C, dan seng.

Untuk solusi mencegah penyakit flu yang datang, sebaiknya rutin mengkonsumsi jeruk, pepaya, jambu air, dan jambu biji.

4. Mudah terkena tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi hadir karena tubuh kekurangan kalsium, potasium, dan magnesium. Agar tercegah dari kerentanan terkena penyakit darah tinggi, alangkah baiknya jika kita rajin mengkonsumsi buah pir, anggur, dan ceri.

5. Terkena gangguan pencernaan

Salah satu akibat tidak suka makan buah selanjutnya adalah mudahnya kita terkena gangguan pencernaan. Ini disebabkan tubuh kekurangan betakaroten dan asam folat.

Cara mengatasi gangguan pencernaan tersebut bisa dengan mengkonsumsi secara rutin apel, pepaya, pir, dll.

6. Gusi mudah berdarah

Orang yang gusinya mudah berdarah, di dalam tubuhnya kekurangan mungkin sedang kekurangan vitamin C, magnesium, dan kalsium.

Cara mencegah gusi berdarah ini pun sebenarnya cukup mudah yaitu rajin mengkonsumsi buah pir dan apel.

7. Mata mengalami gangguan

Akibat tidak suka makan buah lainnya adalah mata kita berpotensi mudah mengalami gangguan. Ini disebabkan kekurangan vitamin A dan betakaroten. Kamu bisa menghindari terkena gangguan mata dengan mengkonsumsi apel, anggur, raspberry, dan melon.

Beberapa akibat tidak suka makan buah bagi kesehatan tubuh
Beberapa akibat tidak suka makan buah bagi kesehatan tubuh

8. Kulit menjadi mudah keriput

Akibat lain dari kurangnya konsumsi buah-buahan di dalam tubuh adalah mudahnya kulit menjadi keriput. Ini disebabkan kurangnya vitamin E, C, B2, potasium, silikon, dan silenium.

Bagi yang ingin menghindari kulit mudah keriput, bisa rutin mengkonsumsi buah jeruk, pir, dan semangka.

9. Mudah terkena sariawan

Datangnya sariawan sebagai pertanda bahwa tubuh kita kekurangan vitamin C. Ini bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi buah jeruk, jeruk nipis, dan melon.

10. Rentan terkena sembelit

Sembelit datang sebagai salah satu akibat tidak suka makan buah buahan yang mengandung serat. Ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pepaya, sirsak, dan nanas.

Itulah beberapa akibat tidak suka makan buah bagi kesehatan tubuh kita. Dan, masih banyak dampak lainnya jika kamu tak suka mengkonsumsi buah-buahan. Yuk, mulai hari ini kita rutin mengkonsumsi buah agar tubuh kita mendapatkan nutrisi, vitamin, dan gizi yang cukup.

Loading...