Jatik.com
to Inspire. be Social.

7 Daftar Makanan Pantangan Asam Urat dan Diabetes

0 37

Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat dan diabetes, tentunya tidak bebas mengkonsumsi makanan. Ada beberapa makanan pantangan asam urat dan diabetes yang perlu diketahui sehingga dapat dihindari demi kesehatan Anda. Apa saja pantangannya?

Tujuan utama dari menghindari mengonsumsi makanan yang pantang adalah untuk mencegah penyakit asam urat dan diabetes datang kembali. Untuk penderita penyakit komplikasi diabetes melitus dan asam urat, direkomendasikan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang di dalamnya terkandung glukosa tinggi dan zat purin tinggi.

Lalu apa saja yang perlu dihindari?

Berikut daftar makanan pantangan asam urat dan diabetes melitus yang perlu Anda ketahui:

  • Makanan daging-dagingan

Salah satu makanan yang dipantang untuk penderita asam urat adalah daging. Jenis daging yang sebaiknya tidak dikonsumsi adalah daging unggas, daging merah, dan juga jeroan (hati, ampela, dll).

Ini karena di dalam daging terkandung protein padat yang tinggi dan memiliki banyak kolesterol serta glukosa tinggi. Makanan olahan daging seperti soto dan bakso juga sebaiknya tidak dikonsumsi.

  • Makanan Seafood

Makanan laut (seafood) yang perlu dihindari oleh penderita asam urat dan diabetes adalah cumi-cumi, ikan asin, dan kepiting.

Di dalam seafood terkandung zat purin, kolesterol, serta lemak tinggi yang akan semakin memperparah penyakit asam urat dan diabetes yang Anda derita.

  • Makanan olahan susu

Makanan pantangan asam urat dan diabetes selanjutnya adalah beragam produk olahan susu seperti keju, yogurt, susu full cream, margarin, dan es krim. Dalam produk olahan susu tersebut terkandung gula tinggi dan zat purin.

  • Gorengan dan makanan bersantan

Goreng-gorengan dan makanan yang mengandung santan sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat dan diabetes karena terkandung lemak jahat yang tinggi, zat purin, dan juga kolesterol. Dengan mengonsumsi makanan bersantan dan gorengan selain menyebabkan kambuhnya diabetes dan asam urat, juga berpotensi menyebabkan obesitas.

Akan jauh lebih baik untuk menghindari makanan yang digoreng, dipanggang, atau dibakar. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang direbus. Junk food atau makanan cepat saji juga masuk dalam daftar makanan pantangan asam urat dan diabetes sehingga perlu dihindari juga.

  • Makanan berkarbohidrat tinggi

Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat dan diabetes, juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengganti nasi putih dengan roti yang terbuat dari gandum, jagung ataupun beras merah. Makanan tersebut rendah karbohidrat sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  • Buah-buahan

Ternyata, ada jenis buah yang termasuk yang perlu dihindari untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dan asam urat. Jenis buah-buahan tersebut antara lain mangga, durian, semangka, anggur, kismis, rambutan, dan buah-buahan kering.

Ini karena buah-buahann tersebut mengandung glukosa tinggi, berlemak dan terdapat zat purin yang tinggi.

  • Minuman Bersoda

Tak hanya makanan, minuman tertentu juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat dan diabetes. Jenis minuman yang perlu dihindari yaitu soda, alkohol, sirup, dan minuman lainnya yang di dalamnya terkandung gula dan zat purin.

Itulah beberapa daftar makanan pantangan asam urat dan diabetes yang perlu Anda ketahui sehingga terhindar dari kambuhnya penyakit diabetes melitus dan asam urat. Anda punya informasi daftar makanan dan minuman lain yang juga perlu dihindari? Mari berbagi disini.

Referensi Tambahan: www.halosehat.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.
Komentar