Jatik.com
to Inspire. be Social.

10 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

0 44

Bagi seorang muslim, wudhu merupakan salah satu tuntunan yang perlu dilakukan sebelum menjalankan ibadah sholat. Berwudhu merupakan cara untuk mensucikan diri dari hadas kecil. Ternyata, wudhu selain mampu mensucikan diri, juga memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Setidaknya, ini 10 manfaat wudhu bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

Berwudhu sebenarnya dapat dilakukan kapan pun, tidak hanya saat akan melakukan ibadah sholat saja. Anda dapat mengambil wudhu sesaat sebelum tidur, ketika akan melakukan perjalanan, atau pun dalam kondisi sedang emosi.

Dilihat dari segi kesehatan, tak banyak yang tahu bahwa berwudhu sungguh memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh dan di berbagai aspek kehidupan lainnya.

Berikut ini 10 manfaat wudhu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui sehingga makin rajin untuk melakukannya.

1. Wudhu bermanfaat untuk menyembuhkan insomnia

Apakah Anda mengalami gejala susah tidur? Ini yang biasanya disebut sebagai insomnia. Insomnia dapat menyerang siapa pun, tak kenal usia baik remaja hingga usia senja. Ada banyak faktor penyebab insomnia dan juga metode untuk menyembuhkannya.

Tidur terlalu malam atau hingga pagi, perlahan akan merusak organ tubuh Anda. Kebiasaan ini sebaiknya perlahan dihilangkan. Salah satu metode untuk mengatasi insomnia adalah dengan berwudhu.

Bagaimana caranya? Mudah saja. Sesaat sebelum tidur, Anda bisa mengambil wudhu kemudian perlahan rebahan di tempat tidur. Perlahan mata akan terasa ngantuk dan Anda pun akan terlelap tidur.

2. Menormalkan detak jantung

Salah satu aktivitas berwudhu yang memiliki khasiat mumpuni adalah saat Anda membasahi anggota tubuh dengan menggunakan air. Air wudhu yang membasahi anggota tubuh tersebut mampu membuat jantung berdetak lebih normal.

Salah satu peneliti di bidang penyakit dalam dan jantung di London, dokter Ahmad Syauqi telah melakukan penelitian tentang hal ini. Bahwa air wudhu memang berkhasiat untuk menormalkan detak jantung sehingga lebih stabil.

3. Terhindar dari penyakit kulit

Manfaat wudhu bagi kesehatan berikutnya adalah menghindarkan tubuh dari penyakit kulit. Muka, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang paling banyak menyalurkan kotoran dan kuman. Ketiga bagian tubuh tersebut paling sering bersentuhan dengan kotoran atau patogen.

Oleh karena itu, ketiga bagian tubuh tersebut perlu dibersihkan secara rutin. Hal ini bermanfaat agar terhindar dari penyakit kulit.

4. Menstimulus syarat pusat

Ada beberapa syaraf pusat yang memiliki kepekaan cukup tinggi, yaitu bagian tangan, kaki dan juga sebelah dahi. Ketiga bagian syaraf pusat tersebut sangat sensitif dengan kehadiran air segar.

Ketika Anda membasuh ketiga bagian tubuh tersebut, maka Anda secara tidak langsung menstimulus syaraf pusat untuk bekerja lebih baik lagi.

5. Membuat otot-otot lebih rileks

Jika Anda beraktivitas seharian penuh, otot-otot akan terasa kaku. Sangat penting membuat otot lebih rileks agar tubuh lebih fit untuk keesokan harinya. Salah satu manfaat wudhu bagi kesehatan adalah membuat otot-otot yang kaku lebih rileks. Terlebih, Anda berwudhu sesaat sebelum tidur, otot akan terasa lebih rileks.

Secara psikologis, seseorang yang sudah berwudhu akan terlihat lebih rileks dan badan akan terlihat lebih segar.

6. Terbebas dari kuman

Setiap saat tubuh akan mudah terserang kuman-kuman penyakit dari manapun dan kapan pun. Kuman akan berkembang dimana saja yang dia inginkan. Kuman-kuman ini merupakan cikal bakal hinggapnya beragam penyakit pada tubuh kita. Solusi untuk menghilangkan kuman-kuman tersebut dengan rutin adalah berwudhu.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa berwudhu dapat mengurangi kuman-kuman penyakit yang hidup di tubuh kita.

7. Mencerahkan kulit

Bagi Anda muslimah yang ingin kulit wajah tampak lebih cerah, ada cara alami untuk membuat kulit wajah lebih cerah. Yaitu dengan berwudhu, khususnya sesaat sebelum tidur malam. Setelah aktivitas seharian, kulit wajah akan tampak kusam dan kotor. Basuhan air wudhu dapat merontokkan kotoran-kotoran yang menempel di wajah.

Banyak pakar kecantikan juga menyebutkan bahwa dengan berwudhu dipercaya mampu mengatasi noda-noda membandel. Sehingga kulit wajah akan terlihat lebih segar dan cerah.

8. Kesehatan mulut lebih terjaga

Salah satu bagian tubuh yang juga ikut dibersihkan adalah bagian mulut, melalui berkumur. Kumur-kumur di saat berwudhu dengan menggunakan air segar dapat membantu menjaga kesehatan mulut Anda.

Setidaknya, dengan berkumur saat berwudhu ada beberapa manfaat yang didapatkan, sebagai berikut:

  • Nafas akan terasa lebih fresh
  • Mengurangi dan terhindar dari bau mulut
  • Membantu mempercepat sembuhnya sariawan
  • Mengurangi perkembangbiakan kuman yang ada di mulut

9. Membuat telinga lebih bersih dan sehat

Hanya dengan berwudhu Anda berkesempatan untuk dapat membersihkan telinga. Bagian tubuh ini sangat jarang untuk dibersihkan. Tetapi, dengan berwudhu telinga akan dibersihkan secara rutin. Hal ini untuk mencegah terjadinya radang telinga yang disebabkan oleh kotoran.

10. Tangan akan terjaga kesehatannya

Aktivitas wudhu juga pastinya tak luput membersihkan tangan. Bagian tangan yang dibersihkan meliputi telapak tangan, jari-jari, kuku, pergelangan tangan, bagian punggung tangan, lengan atas dan bawah.

Dengan membersihkan tangan melalui berwudhu, maka kesehatan tubuh akan lebih terjaga karena kuman penyakit yang menempel di tangan akan ikut hilang. Anda akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kuman seperti sakit perut, dll.

==========

Itulah beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda ketahui. Jadikan wudhu sebagai aktivitas rutin sehari-hari kita karena selain mensucikan diri, juga akan menjaga kesehatan tubuh kita.

Referensi Tambahan: www.rislah.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.