Jatik.com
to Inspire. be Social.

Sakit Gak Harus ke Dokter, Ini Aneka Resep Herbal Untuk Kesehatan

0 980

Ada banyak ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi beragam penyakit ringan hingga berat. Di Indonesia sendiri ada beberapa ramuan / minuman herbal yang berasal turun-temurun dari nenek moyang. Aneka resep herbal untuk kesehatan ini bisa Anda gunakan jika sedang sakit.

Di masyarakat kita dikenal berbagai macam tanaman obat yang memiliki khasiat untuk mengatasi beragam penyakit. Resep herbal bisa menjadi alternatif untuk pengobatan selain obat-obatan kimia. Bahkan, ada banyak penyakit kronis yang ternyata bisa sembuh menggunakan ramuan herbal.

Setidaknya, berikut ini aneka resep herbal untuk kesehatan Anda yang bisa dicoba sebagai alternatif.

1 Tenggorokan Sakit untuk Menelan

Salah satu penyakit yang sering kali muncul, terutama saat tubuh sedang tidak fit, yaitu sakit tenggorokan. Biasanya, saat menelan akan terasa sakit di tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan resep herbal kesehatan ini.

Yaitu, gunakan air jeruk nipis atau lemon kaih, dicampurkan bersama air panas dan garam. Mimumlah ketika masih hangat secara rutin hingga penyakit tenggorokan perlahan sembuh.

2 Sakit Pinggang

Aneka resep herbal untuk kesehatan berikutnya bagi Anda yang menderita sakit pinggang. Anda bisa mengonsumsi minuman herbal yaitu dengan merebus bawang bombay dan daun salam. Minuman ini dikonsumsi secara rutin tiga kali sehari selagi hangat.

3 Penyakit DBD

Untuk Anda atau anggota keluarga yang terkena DBD (demam berdarah), sebagai alternatif pengobatan penyakit tersebut bisa menggunakan ramuan herbal yang satu ini, yaitu merebus daun ubi jalar.

Rebus kurang lebih setengah kilogram daun ubi jalar ke dalam 8 gelas. Masaklah hingga tersisa setengahnya. Rebusan daun ubi jalar tersebut dikonsumsi selama 3 kali sehari.

4 Mengatasi Jerawat

Salah satu penyakit kulit yang dialami oleh banyak orang adalah jerawat. Ada beragam jenis jerawat dan cara membersihkan jerawat tersebut dari wajah. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat tersebut, bisa menggunakan ramuan ini.

Putih telur dan air jeruk nipis dikocok bersamaan sampai berbuih. Lalu, ambil buihnya dan letakkan di kapas pembersih wajah. Tempelkan kapas tersebut di wajah yang berjerawat. Diamkan sampai mengering. Jika sudah kering, bilas handuk yang sudah direndam air hangat. Lalu, bilas lagi menggunakan air dingin.

Sebaiknya tidak menggunakan sabun cuci muka untuk membersihkan. Jika sudah bersih, gunakan minyak Argan atau rendaman air bunga mawar.

Agar jerawat mudah hilang, hindari juga mengonsumsi udang, telur, ayam.

5 Penyempitan Syaraf

Apabila Anda mengalami penyempitan syaraf, sebagai alternatif pengobatan dapat menggunakan resep herbal ini. Yaitu dengan mengonsumsi rebusan jahe merah yang dicampur dengan gula kelapa / gula aren. Sebaiknya, tidak sering minum air dingin / es batu agar pembuluh darah tidak tersumbat.

Terapi pemijatan juga dapat membantu mengatasi penyakit penyempitan syaraf.

6 Sebagai obat gatal (alergi)

Anda yang sering mengalami gatal-gatal karena alergi atau faktor penyebab lain, bisa mencoba membuat ramuan herbal untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Ada dua cara / resepnya, yaitu:

  • Cara 1: Rebus daun sirih dan gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Hindari mengonsumsi udang, ikan laut, ayam, telur, labu siam, dan pepaya. Lanjutkan dengan mengonsumsi temu hitam satu kali (3 sendok makan) sebelum tidur, diminum bersama air hangat.
  • Cara 2: Siapkan 30 gram sambiloto, 71 lembar daun sambung nyawa, dan 500 cc air. Cuci bersih bahan tersebut dan rebuslah dengan air yang sudah disiapkan. Masak hingga tersisa 1 gelas. Konsumsi rebusan tersebut saat hangat. Bisa juga dengan membalurkan bersama air jeruk lemon dan minyak kelapa murni. Sebagai catatan, untuk bagian yang alergi agar tidak terkena sabun saat mandi.

7 Menyuburkan kandungan

Anda dapat mengonsumsi tauge, kacang hijau, buah-buahan, dan daging segar. Sebaiknya hindari mengonsumsi buan nangka, nanas, durian, dan manggis. Minumlah kunyit asam lebih sering.

8 Mengatasi Batuk Berdahak

Jika Anda memiliki riwayat penyakit batuk berdahak, dapat dicoba menggunakan minuman herbal ini. Yaitu dengan merebus blimbing wuluh dan bunganya bersama dengan gula batu. Lalu, konsumsi saat masih hangat secara rutin 3 kali sehari.

Dapat juga dengan meminum air lemon dan garam bersama air hangat. Masukkan sedikit perasan air jahe. Atau, membuat perasan daun mint dan air jeruk nipis bersama air hangat, tambahkan garam sedikit.

9 Mengobati Kanker Pay*dar*

Dengan cara membuat resep herbal dari daun sirih merah sebanjak 7 lembar dan dijus. Lalu, saring menggunakan kain bersih dan minum saat masih hangat tiga kali sehari. Ampas dari jus tersebut dibalurkan ke benjolan kanker.

10 Mengobati Penyakit Sinusitis

Jika Anda memiliki penyakit sinus, siapkan beberapa bahan untuk membuat ramuan herbal. Sediakan jeruk nipis 3 buah yang sudah dikupas kulitnya, kemudian belah menjadi empat bagian. Siapkan juga 5 batang serai yang sudah dimemarkan dan juga 7 lembar daun sirih tua. Bahan lain yaitu 8 biji kapulaga, 20 biji cengkeh, dan 2 ruas jahe yang sudah dimemarkan.

Rebus bahan-bahan tersebut bersama dengan 6 gelas air. Masak hingga tersisa setengah bagian air. Minum saat sudah hangat secara rutin 3 kali sehari.

==============

Itulah aneka resep herbal untuk kesehatan yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di sekitar kita. Jika penyakit masih belum reda, sebaiknya periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Referensi tambahan: www.imedis.net

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.