6 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak. Jangan Sepelekan ya…

0 177

Mungkin banyak orangtua yang menganggap tidur siang itu sepele. Ternyata, manfaat tidur siang bagi anak itu sungguh besar bagi tumbuh kembang mereka. Apa saja manfaatnya?

Sebagian orangtua sangat peduli dengan kebiasaan rutin anak-anak mereka. Bagaimana anak istirahat, makan, tidur, selalu diperhatikan dengan baik.

Tetapi, tak sedikit juga orangtua yang terkesan cuek dengan rutinitas yang perlu dan harus dilakukan terhadap anak-anaknya.

Mungkin saja, banyak orangtua yang belum memahami dengan baik kenapa rutinitas tersebut dilakukan. Termasuk salah satunya istirahat / tidur siang.

Pada artikel sebelumnya, telah disebutkan tentang manfaat tidur siang bagi orang dewasa. Ternyata eh ternyata, manfaat ini juga bisa dirasakan bagi anak-anak yang rutin melakukannya.

Apa saja manfaat tidur siang bagi anak anak? Setidaknya ada tujuh hal yang bisa didapatkan dari istirahat siang ini.

1. Pola tidur terkait dengan kecerdasan anak

Membuat anak cerdas ternyata terkait langsung juga dengan pola tidur yang dilakukan anak-anak. Dengan pola tidur yang teratur, termasuk di dalamnya tidur siang, akan sangat membantu merilekskan syaraf otak anak kita.

Jika syaraf otak rileks maka akan lebih mudah menyerap informasi sehingga sangat membantu mencerdaskan anak.

2. Pertumbuhan anak lebih optimal

Menurut penelitian, disebutkan bahwa anak-anak yang rutin melakukan tidur siang, tumbuh kembangnya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan yang tidak melakukan.

Dengan istirahat di waktu siang, banyak sel-sel tubuh yang bekerja lebih optimal dari sebelumnya.

3. Terhindar dari stres

Stres pada anak bisa saja terjadi karena mereka terlalu banyak melakukan aktivitas fisik dari pagi hingga sore. Dengan mengistirahatkan badan di siang hari, anak-anak kita akan terhindar dari kelelahan fisik yang bisa berakibat pada stres.

4. Membantu mengistirahatkan tubuh luar-dalam

Anak-anak yang terbiasa untuk tidur di siang hari, organ-organ tubuhnya akan jauh lebih sehat dibandingkan yang tidak melakukannya secara rutin.

Organ-organ tubuh ini juga membutuhkan waktu untuk istirahat dari berbagai aktivitas. Terlebih lagi, jika anak kita termasuk tipe hiperaktif, maka sangat disarankan untuk mengajaknya tidur siang.

6 manfaat tidur siang bagi anak

5. Memperkuat daya ingat anak

Anak-anak yang membiasakan diri untuk tidur siang, daya ingatnya jauh lebih kuat dibandingkan dengan anak yang tidak melakukannya.

Tidur siang sangat membantu menurunkan kelelahan pada aktivitas otak, sehingga membuat otak menjadi lebih segar.

6. Memperkuat daya kreatif

Bagi anak yang terbiasa untuk tidur siang, biasanya daya imajinasi dan kreativitasnya akan jauh lebih baik dibandingkan anak yang tidak melakukannya.

Itulah keenam manfaat tidur siang bagi anak yang perlu dipertimbangkan bagi para orangtua. Apakah Anda merasakan manfaat lainnya? Mari berbagi disini.

Loading...