Cara Menghilangkan Goresan pada Kacamata dengan 6 Bahan ini

0 2.468

Kacamata digunakan pada awalnya sebagai alat bantu untuk orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan. Tetapi, saat ini kacamata telah digunakan sebagai lifestyle bagi banyak kalangan. Jika kacamatamu baret atau tergores, berikut cara menghilangkan goresan pada kacamata.

Menggunakan kacamata untuk berbagai keperluan, baik itu untuk aksesoris penampilan, membaca, berenang, dan aktivitas lainnya, tentu membutuhkan kacamata yang bening dan terbebas dari goresan.

Pemakaian yang terlalu sering untuk kegiatan sehari-hari, terkadang membuat kacamata tersebut mengalami baret atau goresan di lensanya. Terlebih bagi pengguna yang jarang merawat kacamatanya.

Jika sudah terdapat baret atau goresan di lensa kacamata, baik kacamata minus atau yang lain, maka penglihatan akan sedikit terganggu. Selain itu, keindahan dan kenyamanan memakainya pun sirna.

Solusi yang dilakukan sebagian besar orang jika lensa kacamata sudah tergores, maka akan menggantinya dengan lensa atau kacamata yang baru. Ini merupakan solusi paling cepat karena dianggap sudah tidak layak pakai.

Namun, jika kita tidak terburu-buru untuk menggantinya, sebenarnya ada cara menghilangkan goresan pada kacamata yang bisa dilakukan. Ada beberapa bahan yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan goresan tersebut.

Berikut ini beberapa bahan dan cara menghilangkan goresan pada kacamata yang terbukti ampuh. Apa saja?

#1 Menggunakan pembersih resin

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk menghilamkan baret dan goresan pada lensa kacamata adalah dengan menggunakan pembersih resin.

Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal semprotkan saja bahan pembersih resin ini ke lensa kacamata yang mengalami goresan. Kemudian, gunakan lap untuk membersihkan bahan tersebut hingga bersih. Niscaya goresan dan baret akan hilang perlahan.

#2 Menggunakan bahan pelembab kulit

Cara menghilangkan goresan pada kacamata selain cara di atas, adalah dengan menggunakan bahan pelembab (lotion), seperti merek Vaseline. Ada beberapa orang yang menggunakan bahan ini untuk menghilangkan baret dan goresan di lensa kacamata mereka.

Bahan ini membantu memudarkan goresan dan baret. Caranya adalah dengan mengoleskan bahan pelembab tersebut di lensa kacamata. Lalu, gunakan lap untuk membersihkannya.

Lakukan cara ini secara rutin jika goresan atau baret belum hilang sempurna.

#3 Bahan pembersih keping DVD

Selain kedua bahan di atas, ada juga yang menggunakan bahan pembersih keping DVD. Bahan semprot ini dipercaya dapat membantu menghilangkan goresan dan baret pada lensa kacamata.

Caranya pun sangat mudah. Cukup semprotkan bahan pembersih keping DVD di kacamata dan gunakan lap untuk membersihkannya.

#4 Menggunakan pasta gigi

Mungkin kamu bakal tak percaya jika odol atau pasta gigi, bisa membantu untuk menghilangkan goresan dan baret pada kacamata milikmu. Kamu bisa mencobanya langsung.

Caranya hampir sama dengan sebelumnya. Kamu cukup mengoleskan bahan odol ke lensa kacamata yang tergores atau baret. Lalu, sedikit ditekan dengan lembut dan membentuk lingkaran. Kemudian bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.

Jika goresan belum hilang sempurna, kamu bisa mencobanya berulang-ulang.

#5 Menggunakan bahan baking soda

Cara menghilangkan goresan pada kacamata selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan baking soda. Caranya cukup mudah juga.

Kamu campur terlebih dahulu baking soda dengan air di dalam wadah hingga mengental seperti pasta gigi. Lalu, gunakan cara yang sama seperti poin no.4 di atas.

#6 Hilangkan menggunakan wax mobil

Bahan lain yang juga dipercaya mampu untuk memudarkan dan menghilangkan goresan pada lensa kacamata adalah menggunakan wax mobil.

Cara menghilangkan goresan di kacamata menggunakan wax mobil pun mudah. Oleskan wax di kacamata yang tergores dan diamkan selama beberapa menit. Lalu, lap hingga bersih kacamata tersebut.

Itulah beberapa bahan sederhana dan cara menghilangkan goresan pada kacamata yang bisa kamu lakukan, sebelum benar-benar mengganti kacamata baru.

Memang, untuk tingkat keberhasilan hilangkan goresan sangat bergantung seberapa dalam goresan / baret pada lensa kacamata tersebut. Jika belum hilang dalam sekali, maka bisa menggunakan cara tersebut berulang kali hingga hilang. Selamat mencoba!

Kamu punya tips / cara menghilangkan goresan di kacamata? Berbagi yuk disini!

Referensi Tambahan: www.wikihow.com

Loading...