Jatik.com
to Inspire. be Social.

Punya Mata Minus? Ini Tips Menyembuhkan Mata Minus dengan Aman dan Sehat

1 196

Buat kamu yang saat ini memiliki keluhan mata minus, mungkin tips ini sangat berguna. Mata minus memang bisa terjadi pada siapapun, tidak mengenal usia, profesi, dan jenis kelamin. Mata minus dapat menghambat aktivitas kita di kantor, sekolah, atau kuliah. Seringkali, untuk mengatasi mata minus hanya dengan memakai kacamata atau softlens. Mungkin itu solusi sementara, tetapi kamu sebaiknya mencoba cara lain, agar mata minus tidak terus bertambah, tetapi berkurang dan semakin lama matamu menjadi sehat. Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna untuk mengurangi mata minus dan mata kembali normal.

cara_menyembuhkan_mata_minus

Kacamata untuk mata minus dalam meyeyesshop.blogspot.com

Biasakan diri Untuk:

  • Jika kamu sering menatap layar monitor, kamu harus mengatur kecerahan monitor agar tidak terlalu terang. Sempatkan waktu 5 – 10 menit untuk melihat objek/benda lain selain monitor.
  • Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata dengan cara menutup kelopak mata selama 30 detik.
  • Biasakan untuk berkedip sesering mungkin agar terhindar dari masalah mata kering
  • Basuh muka dengan air dingin, fungsinya untuk menyegarkan mata
  • Jangan lupakan waktu tidur yang baik adalah 8 jam. Ini juga berguna untuk mengistirahatkan mata

Hindari Hal ini:

Jangan memakai bahan-bahan obat-obatan yang justru bisa mengganggu kesehatan mata secara keseluruhan. Cara sederhana seperti senam khusus, konsumsi buah dan sayur serta melatih kepekaan bola mata lebih di anjurkan.

Cara Mengobati Mata Minus Yang Aman Dan Tidak Berbahaya dengan Mengembalikan Kemampuan Fokus Mata

  1. Mulai dari bangun tidur, buka jendela kamar dan lihat hijaunya pepohonan di sekitar kamu. Pilih pohon dengan jarak paling jauh, perhatikan selama 5 – 10 menit. Lakukan teratur setiap hari dan kamu akan merasakan peningkatan penglihatan mata dalam beberapa minggu.
  2. Gosok telapak tangan bersama-sama untuk menciptakan panas, kemudian letakkan pada mata selama lima detik. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali.
  3. Gerakkan mata ke atas kemudian lakukan gerakkan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam ( 5 kali sehari ).
  4. Pegang sebuah pensil dan posisikan 20 – 30 cm di depan mata kamu. Fokuskan kedua bola mata pada pensil tersebut lalu dekatkan secara perlahan sampai 10 cm. Perlahan-lahan jauhkan ke posisi semula dan ulangi 10 kali. Memang sedikit melelahkan, tapi cara ini ampuh untuk mengobati mata minus.
  5. Lakukan pijatan mata. Mulailah memijat pelipis dengan membuat lingkaran kecil. Lakukan 20 kali searah jarum jam, kemudian 20 kali berlawanan arah jarum jam. Setelah selesai, pindah ke tengah alis dan ulangi gerakan memijat. Berikutnya tempatkan jari-jari di bawah mata, pijat dengan lembut daerah ini untuk menyelesaikan latihan.
  6. Jika sudah terasa lelah, letakkan irisan mentimun di atas kelopak mata kemudian berbaring di tempat nyaman.
  7. Kamu juga bisa menempelkan daun sirih saat akan tidur. Namun cara alami dengan daun sirih ini tidak akan banyak membantu tanpa melatih kemampuan fokus mata serta memperhatikan asupan vitamin yang dibutuhkan.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Konsumsi beberapa makanan di bawah ini untuk membantu menyembuhkan mata minus kamu.

1. Wortel

wortel

Saat kamu memakan wortel, beta-karoten di dalamnya akan diproses menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk menyembuhkan mata minus. Bisa dibuat jus wortel, dimakan langsung atau disertakan dalam menu makan.

2. Brokoli

brokoli

Kandungan vitamin C berlimpah tidak hanya baik untuk menjaga kondisi tubuh namun juga bermanfaat untuk penglihatan. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan melindungi sel-sel mata dari kerusakan.

3. Bayam

bayam

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan lutein, beta-karoten, vitamin C, dan anti-oksidan. Lutein pada sayur bayam membantu menjaga mata aman dari stres oksidatif, yang artinya bertindak seperti tabir surya untuk mata dengan menyerap intensitas cahaya.

4. Suplemen vitamin mata

suplemen_mata

Konsumsi suplemen tertentu bisa menjadi cara menyembuhkan mata minus selanjutnya. Vitamin A, C,E, dan mineral seperti tembaga dan seng sangat penting untuk penglihatan. Konsumsi suplemen harus sesuai ketentuan, artinya tidak berlebih dan memilih produk yang terpercaya. Jangan ragu untuk memeriksakan masalah miopia kamu ke dokter mata. Selain berguna untuk mengetahui tingkat minus, kamu juga bisa berkonsultasi lebih lanjut tentang pengobatan mata yang dianjurkan.

Lakukan latihan-latihan mata di atas serta imbangi dengan konsumsi sayur, buah maupun suplemen kesehatan agar mata minus cepat sembuh. Ingat, mata minus tidak akan bisa sembuh secara langsung dan instan, butuh proses. Kamu harus lakukan anjuran dan tips di atas dengan rutin. Memang butuh waktu dan kesabaran.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.