Apa Saja Peran Suami Saat Istri Hamil? Minimal Lakukan 10 Hal ini Wahai Para Suami!

0 225

Sebagai seorang suami yang bertanggungjawab, tentu saja harus selalu SIAP mendampingi istri terutama saat masa kehamilan. Dan banyak peran suami saat istri hamil yang harus dilakukan.

Jangan pernah meremehkan kondisi istri saat mengandung bayi, wahai para suami. Banyaknya tekanan yang mungkin muncul pada saat istri hamil, akan semakin membuat istri stres, dan secara tidak langsung akan berakibat pada kondisi janin di kandungan.

So, suami haruslah SIAGA dengan berbagai kondisi yang mungkin muncul tiba-tiba pada istri Anda. Minimal, sebagai suami harus tahu apa yang dilakukan saat istri hamil.

Masa-masa kehamilan ini, merupakan momentum tepat untuk menunjukkan bahwa Anda memang seorang suami idaman.

Kesiapan Anda sebagai suami, sangatlah membantu istri melewati masa-masa kehamilannya, dan mengurangi tingkat stres pada istri, plus kedekatan batin antara istri dan calon bayi.

Apa saja peran suami saat istri hamil? Bantuan seperti apa yang bisa dilakukan oleh suami ketika istri sedang menghadapi masa kehamilannya?

Beberapa poin berikut ini merupakan peran suami saat istri hamil yang bisa dan sebaiknya HARUS dilakukan, yaitu:

1. Pertimbangkan untuk tidak membiarkan istri bekerja terlalu berat

Pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan mayoritas oleh seorang istri, tentu berbeda kondisinya ketika istri sedang hamil.

Jangan biarkan istri Anda bekerja terlalu berat mengurusi pekerjaan rumah. Saatnya sebagai suami, Anda mengambil alih peran tersebut. Tunjukkan kasih sayang Anda sebagai suami, dengan menggantikan pekerjaan tersebut.

Ataupun, jika Anda tidak ada waktu untuk mengerjakannya, tidak ada salahnya jika menyewa asisten rumah tangga untuk melakukannya. (apabila belum memiliki ART).

2. Sediakan makanan yang sehat untuk istri

Jika Anda sebagai suami menginginkan istri dan calon bayi sehat, maka mulailah menyediakan makanan yang sehat untuk mereka.

Makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-mayur, ikan, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh istri yang sedang hamil.

Dengan menyiapkan makanan yang sehat untuk istri, istri akan merasakan kebahagiaan lahir dan batin, sehingga akan mengurangi tekanan stres.

3. Turuti keinginan istri yang sedang ngidam

Seringkali, istri yang sedang hamil menginginkan banyak hal yang “gak wajar”, minta rujak tengah malam, minta cokelat tiba-tiba, dan lain sebagainya.

Jika Anda sebagai suami sanggup untuk memenuhi keinginan ngidam istri, maka penuhilah permintaan mereka. Kan demi istri dan calon bayi di kandungan…

4. Berikan kesempatan istri untuk istirahat yang cukup

Waktu istirahat ini sangatlah penting bagi kesehatan ibu hamil. Pastikan bahwa istri Anda istirahat yang cukup, dan tidak tidur terlalu larut, karena akan semakin membuat istri penat dan stres.

Kalau istri Anda tidak cukup istirahat, akan juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan bayi Anda.

5. Mengajak istri jalan santai

Peran suami saat istri hamil yang sangat mudah dilakukan, tetapi memiliki dampak yang sangat baik adalah membawa istri jalan-jalan santai.

Pastikan untuk rutin membawa istri jalan santai pada pagi atau sore hari untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot kaki, terutama pada trimester yang ketiga.

Mengajak istri untuk jalan santai akan semakin memudahkan proses persalinan nanti.

10 Peran suami saat istri hamil
10 Peran suami saat istri hamil

6. Jauhkan dari asap rokok!

Buat Anda suami perokok, untuk sementara waktu HARUS STOP rokok terlebih dahulu saat istri hamil. Asap rokok sangat memiliki dampak negatif pada kandungan.

Jika tidak mampu berhenti merokok, sebaiknya menghindar jauh saat Anda sedang ingin merokok.

7. Jangan picu pertengkaran

Emosi pada ibu hamil, memang seringkali tidak stabil dan terkadang selalu meledak tiba-tiba. Ini juga dipengaruhi oleh hormon yang meningkat drastis, sehingga terkadang tiba-tiba marah atau sedih.

Ini peran suami saat istri hamil untuk menenangkan hati dan membuat gembira. Jangan terpancing emosi saat istri sedang tidak stabil. Tetaplah tenang.

8. Menyiapkan sarapan pagi bagi istri

Saat hari-hari biasa, biasanya seorang istri menyiapkan sarapan pagi bagi suami. Maka, tak ada salahnya, jika saat istri sedang hamil, Anda sebagai suami menyiapkan sarapan pagi untuk istri Anda.

Tentu, pasangan Anda akan semakin gembira dan sayang kepada Anda, karena ada Anda yang sangat memperhatikannya.

9. Menyiapkan keperluan istri dan calon bayi

Saat menjelang persalinan, alangkah baiknya jika seorang suami telah menyiapkan semua keperluan istri, baik saat persalinan, maupun pasca persalinan.

Begitu juga dengan segala keperluan calon bayi Anda, seperti baju, popok, sarung tangan dan kaki, dan banyak lagi lainnya.

Siapkan jauh-jauh hari sebelum persalinan, agar Anda tak pusing dan repot ketika baru disiapkan saat persalinan.

10. Selalu amalkan doa untuk istri dan calon bayi

Ini adalah salah satu peran suami saat istri hamil yang terpenting. Sebagai seorang suami dan pemimpin rumah tangga, jangan pernah tinggalkan sholat wajib, dan selalu sholat dhuha dan hajat, minta kepada Allah untuk keselamatan istri dan bayi Anda.

Amalkan juga membaca Al Qur’an di dekat istri, karena sangat berpengaruh bagi perkembangan calon bayi Anda di kandungan.

Kesepuluh peran suami saat istri hamil di atas masih secuil dari banyaknya peran yang harus dijalankan lainnya. Setidaknya, Anda sebagai suami, telah melakukan minimal kesepuluh peran tersebut demi keselamatan dan kesehatan istri dan calon bayi Anda.

Referensi Tambahan:

www.keluarga.com

Loading...