5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mudah

0 222

Sistem imun atau sering dikenal dengan sistem kekebalan tubuh merupakan hal terpenting dari tubuh seorang manusia karena sistem daya tahan tubuh memiliki tugas yang luar biasa untuk menjaga kondisi tubuh. Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh kita? Berikut ini beberapa tips mudahnya.

Daya tahan tubuh adalah sebuah sistem yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor internal maupun eksternal agar dapat berfungsi dengan baik dan normal. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang menyepelekan faktor-faktor tersebut.

Seperti contohnya lebih banyak mengkonsumsi lemak jahat dibanding mengkonsumsi buah dan sayur, tidak berolahraga, stres, dan memaksa tubuh untuk terus bekerja tanpa beristirahat.

Hal-hal itulah yang mampu membuat sistem kekebalan menjadi lemah dan mampu ditembus oleh microba atau virus dan akhirnya membuat kita menjadi sakit. Agar tubuh fit dan sehat maka Anda harus menjaga sistem kekebalan dengan sangat baik.

Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh? Mari simak uraian berikut ini:

#1 Tidur Cukup

Istirahatkan tubuh Anda dengan cukup, jangan memaksakan tubuh Anda untuk terus bekerja dan berfikir. Tidurlah yang cukup agar tubuh mampu istirahat dan kembali ‘bekerja’ dengan baik dan normal kembali.

Kurang tidur yang berkepanjangan akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental serta menurunkan kualitas hidup Anda sendiri.

Jika Anda merasa sulit tidur, mungkin saja mengalami insomnia. Bagaimana mengatasi insomnia? Baca disini tipsnya.

#2 Olahraga Secara Rutin

Gerakkan tubuh Anda dengan rutin setiap hari atau setidaknya tiga kali dalam satu minggu. Yang perlu diingat adalah ketika bergerak untuk bekerja tidak sama dengan olahraga ya karena ketika bergerak untuk bekerja.

Anda sedang membawa beban pikiran sedangkan saat olahraga pikiran Anda harus tenang dan rileks.

Berolahraga juga akan membantu sistem kekebalan tubuh meningkat sertan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

#3 Mengkonsumsi Ramuan Lemon

Potong-potong lemon, daun mint dan mentimun lalu masukkan dalam satu wadah yang telah berisi air putih.

Aduk-aduk secukupnya dan minum secara rutin, nutrisi pada lemon yang dikombinasikan dengan mentimun dan mint akan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#4 Mengkonsumsi Vitamin

Cara menjaga daya tahan tubuh lainnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin yang cukup. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin dari buah-buahan seperti semangka, jeruk, blewah, buah naga, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika ingin lebih praktis, bisa langsung mengkonsumsi produk vitamin yang banyak tersedia di toko. Tetapi, mengkonsumsi produk vitamin ini tetap harus sesuai dengan dosis yang disarankan ya.

#5 Mengkonsumsi air putih

Yang tak kalah penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi air putih setiap hari. Disarankan minimal 8 gelas setiap hari atau setara sekitar 1,5 liter.

Rekomendasi dari Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyebutkan bahwa pria memerlukan setidaknya 3,7 liter setiap hari sedangkan wanita membutuhkan 2,6 liter air putih setiap harinya.

Itulah lima cara menjaga daya tahan tubuh dengan mudah. Cukup melakukannya secara rutin setiap hari, niscaya tingkat imunitas tubuh kita akan terus terjaga.

Loading...