Jatik.com
to Inspire. be Social.

Kenali Penyebab & Cara Menyembuhkan Insomnia Tanpa Obat

0 104

Terkadang, ada beberapa orang yang merasa kesulitan tidur di malam hari dan harus beraktivitas kembali di pagi hari. Ini salah satu gejala insomnia. Bagaimana cara menyembuhkan insomnia tanpa obat? Adakah cara yang alami?

Untuk Anda yang selalu beraktivitas di malam hari, mungkin akan merasa kesulitan untuk memejamkan mata. Atau pekerja yang sering lembur, mengkorbankan waktu istirahatnya di malam hari dan keesokan harinya harus beraktivitas normal.

Ini jika terus dibiasakan, maka bisa berakibat buruk bagi kesehatan fisik maupun mental. Dan, jika berlangsung cukup lama, akan terkena insomnia.

Secara sederhana, insomnia ini merupakan suatu gejala tubuh yang merasa sulit untuk tidur di malam hari. Bahkan, dalam keadaan mengantuk pun, penderita insomnia masih merasa sulit untuk tidur.

Walaupun bisa tidur, biasanya hanya sebentar dan kesulitan lagi untuk tidur. Untuk mengetahui cara menyembuhkan insomnia tanpa obat, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab insomnia yang dialami.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab insomnia yang umumnya terjadi pada penderita, diantaranya:

1. Mengalami stres akut / berat

Kegelisahan karena banyaknya masalah yang menumpuk, bisa jadi menyebabkan stres berat. Dan, ini bisa menjadi salah satu penyebab Anda mengalami insomnia.

2. Rasa depresi

Perasaan negatif yang terlalu berlebihan, misalkan rasa sedih atau bersalah, menjadikan pikiran kita terbebani dengan masalah-masalah tersebut. Inilah yang menyebabkan depresi.

Hal inilah yang menjadi pemicu Anda terkena insomnia.

3. Melakukan pola makan yang kurang tepat

Jika mengkonsumsi makanan berat dan berlebihan sebelum tidur, bisa jadi menjadi penyebab Anda akan kesulitan untuk tidur.

4. Efek samping dari obat yang dikonsumsi

Terkadang, ada beberapa obat yang memiliki efek samping bagi tubuh, seperti membuat jantung berdebar-debar, sehingga menjadi sulit untuk tidur.

5. Mengkonsumsi alkohol, kafein, atau nikotin

Salah satu dampak dari mengkonsumsi minuman beralkohol, kafein atau juga rokok yang mengandung nikotin, membuat jantung terpicu detaknya lebih kencang. Ini menjadi salah satu penyebab insomnia yang terkadang tak disadari.

6. Olahraga kurang

Salah satu penyebab dari insomnia juga terjadi karena kurangnya kita dalam berolahraga. Tubuh menjadi tidak fresh dan segar dan cepat lelah. Untuk mengatasi hal tersebut, terkadang kita mengkonsumsi minuman penambah energi.

Ini yang akan menjadi kendala bagi tubuh untuk beristirahat dan mata terus terjaga. Untuk penderita insomnia, biasanya mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi obat tidur agar bisa tertidur dengan pulas.

Walaupun bisa tidur, efek penggunaan obat tidur untuk jangka waktu lama, kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu, setelah mengetahui beberapa penyebab dari insomnia, bagaimana sih cara menyembuhkan insomnia tanpa obat tidur? Apakah harus terus-menerus minum obat tidur? Tentu, kita tidak mau bukan.

Yang diperlukan sebenarnya adalah perubahan yang signifikan dari pola hidup kita sehari-hari. Ini merupakan cara menyembuhkan insomnia tanpa obat yang terampuh.

Apa saja pola hidup yang sebaiknya kita mulai ubah? Ini beberapa diantaranya:

1. Menyelesaikan masalah dengan tuntas

Seringkali kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, masalah pekerjaan, rumah tangga, kampus, dan lain sebagainya.

Agar masalah ini tidak terus menambah beban pikiran sehingga menjadi penyebab stres dan depresi, maka sebaiknya selesaikan masalah tersebut saat hingga tuntas.

Sebaiknya tidak membawa semua permasalahan berat sebelum tidur. Ini justru akan membuat kita akan kesulitan untuk tertidur.

2. Menerapkan pola tidur yang teratur

Sudah saatnya Anda mengubah pola tidur yang kurang tepat. Tidur malam yang baik itu biasanya berkisar antara 7-8 jam setiap hari. Buatlah pola tidur yang terjadwal dan konsisten dalam menerapkannya.

Dan yang terpenting, usahakan agar tidur Anda benar-benar berkualitas sehingga insomnia perlahan-lahan akan menghilang.

3. Melakukan olahraga teratur

Dengan berolahraga teratur, organ-organ tubuh kita akan menjadi sehat sehingga mampu berfungsi secara maksimal. Ini yang akan membuat tidur kita lebih berkualitas dan terhindar dari insomnia.

4. Menghindari makanan berat

Jika Anda terbiasa untuk makan berat di malam hari sebelum tidur, mulai kurangi kebiasaan ini. Dengan mengkonsumsi makanan berat, akan membuat organ-organ pencernaan bekerja lebih ekstra yang seharusnya dibuat untuk beristirahat.

Hal ini akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, bahkan menyulitkan untuk bisa tidur. Dari sekarang, ubahlah kebiasaan ini.

5. Mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin rokok

Kebiasaan Anda dalam mengkonsumsi alkohol, kafein, dan rokok, sebaiknya segera dikurangi perlahan-lahan. Ini merupakan cara menyembuhkan insomnia tanpa obat yang memiliki dampak besar.

Selain itu, hindarkan juga mengkonsumsi minuman berenergi di malam hari, agar tubuh tidak “dipaksa” untuk terus beraktivitas.

6. Konsumsi makanan tinggi protein

Cara menyembuhkan insomnia tanpa obat lainnya yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan atau minuman yang berprotein tinggi, contohnya susu hangat dan keju.

Protein yang mengandung triptofan, yaitu salah satu unsur senyawa asam amino, sangat berperan dalam membantu tubuh lebih mudah untuk tidur.

7. Mengurangi tidur siang

Jika kita terbiasa untuk tidur siang dalam jangka waktu cukup lama, itu bisa menyebabkan insomnia di malam hari. Kebiasaan tidur siang itu bagus, tetapi idealnya cukup membutuhkan waktu setengah hingga satu jam.

Itulah beberapa cara menyembuhkan insomnia tanpa obat yang bisa langsung kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Memang, mengubah kebiasaan dan pola hidup itu tidak mudah.

Tetapi, untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya mulai kita sadari dan menerapkan dalam kehidupan sehingga menjadi pola dan kebiasaan baru yang lebih baik. Semangat melakukan perubahan untuk kehidupan Anda yang lebih baik!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.